Air Terjun Curug Nangka Bogor – Jika kebingunan untuk menentukan obyek wisata mana yang ingin anda kunjungi di Bogor, mungkin anda bisa mencoba mengunjungi Curug Nangka. Curug yang satu ini tidak Cuma menjadi obyek wisata favorit warga sekitar, namun juga banyak dikunjungi wisatawan dari luar Bogor, seperti dari Jakarta dan kota besar lainnya. Hal ini karena akses menuju kawasan curug tersebut cukup mudah dijangkau, karena memang tak jauh dari kota Bogor.

Curug Nangka ini memiliki jarak kurang lebih sekitar 500 meter dari tempat parkir kendaraan. Tempat parkir di tempat wisata ini masih belum terlalu luas, jadi disarankan bagi anda yang ingin berkunjung mesti datang lebih awal agar kebagian tenpat parkir.

Curug nangka sendiri merupakan kawasan wisata air terjun yang masih tergolong kedalam RPH Gunung Bunder, BKPH Bogor KPH Kabupaten Bogor.
Air terjun Curug Nangka ini memiliki 3 air terjun dengan memiliki ketinggian masing-masing 10-20m. Dikawasan yang sama, kita bisa menjumpai dua curug lain, yakni Curug Daun dan Curug Kawung.

Setibanya anda dilokasi atau tempat parkir, anda akan menjumpaibanyak warung yang menyediakan kopi, gorengan dan makanan ringan lainnya. Jadi saat anda merasa lapar bisa pergi ke warung untuk menyantap gorengan sambil ditemani pemandangan alam yang begitu indah dan akan menyejukan mata. Untuk bisa sampai ke lokasi Curug Nangka, pengunjung akan diajak berjalan kaki selama 40 menit dengan kontur jalan berbukit dan berkelok. Disepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan alam yang sayang jika tidak diabadikan lewat kamera ponsel.

Jalan yang dilalui tidak terlalu luas, namun menawarkan pemandangan alam yang begitu asri dan hijau, bahkan pengunjung tak jarang akan menjumpai kera-kera yang berkeliaran disekitar hutan.

Lokasi
Curug Nangka ini terletak di Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Bogor Jawa Barat. Anda bisa mencarinya di GPS dengan titik koordinat 6° 40′ 4.12″ S 106° 43′ 37.09″ E.
Untuk harga tiket masuk ke Curug Nangka sendiri cukup terjangkau, yakni Rp 10.000/orang,-. (Tarif sewaktu-waktu bisa berubah).

Rute ke Curug Nangka Bogor

Akses untuk menuju Curug Nangka ini bisa dibilang sangat mudah, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, akan tetapi perjalanan akan terasa lebih seru jika menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor. Untuk lebih jelasnya, berikut petunju menuju lokasi wisata Curug Nangka Bogor Jawa Barat.

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Jika dari Bogor anda melanjutkan perjalanan menuju Jalan Raya Ciapus, lalu cari Hotel The Highland Park Resort karena hotel tersebut begitu terkenal dan bisa jadi patokan anda. Setelah tiba di Hotel tersebut akan ada pertigaan menuju Wana Wisata Curug nangka, lihat pada plang petunjuk jalan disana yang berukuran besar.

Menggunakan Kendaraan Umum

Jika anda memilih menggunakan kendaraan umum, anda bisa memakai Angkot 03 jurusan Bogor – Ciapus yang keberangkatannya dari Terminal Ramayana Bogor. Lalu anda berhenti di pertigaan sebelum pintu gerbang. Kemudian anda belok kiri ke arah Curug Nangka, sementara jalur sebelah kanan merupakan jalur menuju Curug Luhur. Kemudian anda bisa melanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 700 meter untuk sampai ke lokasi.