Air Terjun Curug Malela Bandung – Masih sedikit orang yang tahu jika Curug Malela merupakan salah satu objek wisata air terjun terindah dikawasan Bandung, terutama di Kabupaten Bandung Barat. Ini adalah salah satu wisata alam paling indah dan terbaik yang pernah ada. Tak Cuma menawarkan udara sejuk khas pegunungan, namun tempat wisata ini menyuguhkan panorama alam yang begitu indah dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Selama menempuh perjalanan pun anda akan disuguhkan oleh pemandangan yang begitu asri dan berbeda dari kawasan wisata lain yang terdapat di Bandung.

Setidaknya ada beberapa rute yang bisa anda tempuh untuk sampai di Curug Malela Bandung ini, yakni lewat kota Cimahi atau Cianjur. Para wisatawan bisa memilih rute terdekat dari rmah untuk bisa menghemat perjalanan dan mempersingkat waktu. Untuk kondisi jalan ke lokasi, beberapa sumber mangatakan jika kontur jalannya berbatu dan rusak sehingga anda perlu hati-hati saat melaluinya. Tapi kondisi tersebut tak ada apa-apanya dibanding pemandangan yang ditawarkan air terjun ini.

Saat perjalanan, anda akan disuguhkan panorama alam yang begitu indah. Banyak orang kagum dengan keindahan alam yang sangat asri dan sejuk. Semua rasa lelah selama perjalanan seketika hilang setelah sampai dan menikmati sejknya udara di sekitar Curug malela.

Lokasi Curug Malela

Alamat dari Curug Malela ini berada di Dusun Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Lokasinya yang memang cukup jauh dair kota Bandung, menjadikan banyak wisatawan belum mentetahui keindahan dari curug ini.

Rute

Untuk anda yang ingin mencoba mengunjungi Curug Malela ini, anda bisa melalui rute sebagai berikut. Rute dengan kendaraan pribadi.
Cimahi – Batu Jajar – Kecamatan Cihampelas – Cililin – Sindang Kerta – Gunung Halu – Buni Jaya – Lokasi Curug Malela.
Pertama anda harus memulai perjalanan dari Cimahi supaya lebih mudah untuk ke Gerbang Tol Baros. Lalu menuju ke arah Batu Jajar. Setelah itu anda masuk ke arah Cihampelas dan menersukan perjalanan ke Cililin. Kemudian masuk ke kawasan Sindang Kerta dan diteruskan menuju arah Gunung Halu lalu ke Buni Jaya dan anda bisa langsung menuju Lokasi Curug Malela berada.

Menggunakan kendaraan umum

Sebenarnya anda bisa melalui jalur Cianjur, namun dengan melalu jalur Bandung akan lebih mudah untuk menuju lokasi Curug malela berada.

Pertama anda tentunya harus ke kota Bandung dan menuju terminal yang dijadikan rute awal menuju lokasi. Jika berasal dari daerah Jabodetabek dan sekitarnya, anda bisa singgah diterminal Leuwi Panjang. Namun untuk anda yang berasal dari Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Cirebon dan lainnya, selain ke terminal Leuwi Panjang, bisa di Terminal Cileunyi.
Setelah anda singgah di salah satu terminal yang telah disebutkan, anda harus naik angkot jurusan Cililin dan Cimahi -> lalu naik bus dengan jurusan Gununghalu/Bunijaya -> setelah di terminal Bunijaya, anda melanjutkan perjalanan ke desa Cicadas dengan ojek, setelah disana anda tinggal melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati bukit-bukit dan areal pesawahan untuk sampai ke curug malela.