Air Terjun Curug Luhur Bogor – Air terjun curug luhur merupakan salah satu nama air terjun yang letaknya persis di kaki Gunung Salak. Curug sendiri berarti air terjun dan luhur berarti tinggi. Penamaan tersebut karena letak dari curug ini yang berada di ketinggian dan merupakan curug tertinggi. Pergi ke tempat wisata air terjun curug luhur yang ada di Bogor ini bisa menjadi pilihan tepat untuk anda yang ingin melepas kepenatan atau kebisingan daerah perkotaan.

Tempat wisata air terjun di Bogor ini secara administratif letaknya ada di Ciomas Bogor dan termasuk ke provinsi Jawa Barat. Curug Luhur sendiri letaknya berada di ketinggian sekitar 62,4 meter dpl karena memang letak persisnya yang berada di kaki Gunung Salak. Curug ini menawarkan daya tarik tersendiri, yakni terdapat dua buah air terjun sejajar atau curug kembar serta pemandangan alam yang asri dan hijau, ditambah udara yang sejuk akan membuat para pengunjung rileks dan tenang. Jauh dari kebisingan hiruk pikuk perkotaan.

Lokasi Dan Rute Menuju Curug Luhur Bogor

Lokasi persis dari obyek wisata air terjun ini berada di Desa Ciapus, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor Jawa Barat. Jika anda dari kota Bogor, maka anda akan menempuh jarak sekitar 24 km dengan waktu perjalanan 1 setengah jam memakai sepeda motor, mungkin jika anda menggunakan mobil waktu tempuhnya bisa lebih lama. Untuk sampai ke lokasi, ada 2 rute yang bisa anda lalui. Dari Bogor anda menuju Leuwiliang lalu melanjutkan perjalanan menuju Ciampea, setelah itu anda lanjut ke arah Gunung Salah Endah dan meneruskan perjalanan ke daerah Tenjolaya untuk akhirnya sampai ke lokasi Curug Luhur berada. Jika dari pusat kota Bogor sendiri, anda hanya perlu melanjutkan perjalanan ke BTM (Bogor Trade Mall), kemudian dilanjut ke arah daerah Ciapus dan melanjutkan ke lokasi Curug Luhur berada.

Untuk mencari di GPS, Curug Luhur sendiri berada di koordinat 6 39’ 38.59 s 106 42’21.71” e. Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti, karena anda akan tergoda untuk bermain saat setibanya di lokasi Curug Luhur tersebut. Ada baiknya juga anda membawa bekal sendiri, seperti makanan berat, karena disana masih belum ada warung makan, hanya ada warung yang menjual makanan ringan dan juga minuman.

Setelah sampai di lokasi, anda perlu membayar biaya masuk sekitar Rp 8.000/orang. Dan untuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 8.000/motor dan Rp 20.000/mobil.

Fasilitas- Fasilitas Di Curug Luhur

Dahulu, Curug Luhur di Bogor ini hanya menawarkan 1 air terjun saja, tapi kini masyarakat sekitar berinisiatif untuk menambahkan air terjun kedua di lokasi. Di dasar air terjun anda akan melihat aliran air yang cukup deras, sehingga pihak pengelola tidak menyarankan wisatawan untuk berenang karena takut terbawa pusaran air.

Di Curug Luhur sendiri ada fasilitas kolam renang luas yang dilengkapi beberapa wahana yang menarik sehingga banyak pengunjung yang tertarik untuk berenang. Ada juga fasilitas pendukung lain seperti ruang ganti, toilet dan lainnya. Jika anda merasa lapar, di lokasi juga ada warung makanan ringan dan toko oleh-oleh.