Air Terjun Curug Leuwi Hejo Bogor – Bogor adalah salah satu kota di provinsi Jawa Barat dengan kekayaan alam yang cukup tinggi. Kota Bogor sendiri adalah daerah denan pesona alam yang asri dan indah karena didalamnya menawarkan sejumlah destinasi wisata alam yang banyak dan tersebar luas di beberapa wailayah di kota hujan tersebut. Selain ada sentul dan puncak, di Bogor sendiri ada satu obyek wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan asal Bogor maupun dari daerah lain, ialah Air Terjun Curug Leuwi Hejo.

Lokasi dari Curug Hejo sendiri berada di dusun Wangun Cileungsi, Desa Karangtengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor Jawa Barat.

Curug Leuwi Hejo atau yang juga dikenal dengan nama Curug Bengkok merupakan air terjun mini yang air nya ditampung oleh kolam kecil berwarna hijau dan air yang begitu jernih dan sejuk, itulah kenapa air terjun ini dinamakan Curug Leuwi Hejo. sebanarnya, aliran sungai ke air terjun tersebut berasal dari sungai cileungsi. Akibatd ari pancaran air saat terkena paparan sinar matahari memiliki earna hijau, dari situlah timbul nama air terjun curug leuwi hejo dan letaknya berada jauh dibawah dari kaki bukit kecil. Dinamakan curug begkok sendiri karena air terjun yang melewati bebatuan tidak lurus sehingga warga sekitar menyebutnya bengkok “tidak lurus”. Kolam dibawah air terjun yang jernih memiliki daya tarik tersendiri di mata para wisatawan. Ketenaran dari air terjun ini baru muncul beberapa bulan setelah para traveler mengambil foto curug hejo ini lalu mengunggahnya ke media sosial seperti Twitter, Facebook dan lainnya. Lalu digantilah namanya menjadi Curug Leuwi Hejo dan nama tersebut terkenal dikalangan para pecinta wisata alam air terjun.

Akses ke Curug Leuwi Hejo Bogor

Untuk anda yang ingin menikmati keindahan dari tempat wisata Air Terjun Curug Leuwi Hejo ini bida menempuh beberapa jalur alternatif, bisa lewat Citeureup Bogor atau Sentul City.

Jika lewat Sentul City, anda bisa memulainya dari Jagorawi, Exit Tol Sentul City. Belok kiri menuju Sentul City, Giant, Jungle Land. Setelah anda melewati Giant, akan ada jalan turun menuju arah pertigaan Rainbow Hills Golf dan Sate PSK, SLDC dan Polsek Babakan. Anda ambil arah ke Polsek Babakan Madang. Jalan lurus hingga menemui pertigaan gunung pancar dan pasar babakan madang lalu anda ambil arah kanan ke Gunung pancar. Lurus terus hingga menjumpai pertigaan gunung pancar dan belok kiri yang mengarah ke Desa Karang Tengah. Ikuti terus jalan tersebut sampai ada papan penanda Selamat datang di Wisata Alam Curug Leuwi Hejo Barong Bogor. Posisinya pas di sebelah kanan jalan raya. Anda perlu berhati-hati karena kontur jalannya rusak parah dan terjal, sehingga akan sangat memicu adrenalin anda saat melewatinya.

Jika memilih lewat Citeureup Bogor, dari tol Jago Rawi, pintu Exit Tol Sirkuit Sentul, anda ambil arah ke kiri lalu putar arah menuju ke Desa Leuwi Nutug, Bukit Hambalang, Kecamatan Citeureup. Anda lurus terus hingga melewati SPBU Leuwi Nutug hingga menemui pertigaan Kecamatan Citeureup dan juga jalan Tengsaw. Anda ambil arah kanan menuju jalang Tengsaw, Indokodsa. Kemudian lurus teru hingga menjumpai pertigaan Desa Babakan dan juga Desa Pasir Mukti. Anda ambil arah kanan ke Kebin Wisata Pasir Mukti. Setelah sampai di Kawasan Kebun Wisata Pasirmukti anda lurus terus sampai kecamatan Sukamakmur dan bertemu Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur dan juga Pertigaan Jonggol, Cianjur serta Desa karang Tengah. Belok ke kanan Desa Karang Tengah hingga menemui papan Selamat datang. Posisi di sebelah kiri jalan raya. Sebaliknya, jalan dari kecamatan Citeureup dan Sukamakmur masih lebih baik ketimbang lewat gunung pancar babakan madang.

Melihat lonjakan pengunjung yang cukup signifikan ke lokasi Wisata Air Terjun Curug Hejo Barong ini, warga sekitar berinisiatif untuk memperbaiki akses jalan menuju wisata air terjun tersebut supaya para wisatawan nyaman saat berkunjung walau kontur jalannya masih dalam bentuk tanah merah.

Ada baiknya anda jangan berkunjung ke tempat wisata air terjun ini saat musim hujan, karena sangat rawan kecelakaan. Bukan cuma akses jalan yang labil dan masih belum layak pakai, banjir bandang pyn bisa datang kapan saja di lokasi wisata ini.

Untuk harga tiket masuknya, kawasan wisata Air Terjun Curug Leuwi Hejo ini murah meriah. Anda hanya akan di mintai uang sebesar Rp 5.000 per orang pada warga sekitar yang menjaga tempat wisata air terjun ini. Untuk anda yang membawa kendaraan pribadi, hanya dikenakan tarif Rp 5.000 untuk motor dan Rp 15.000 untuk mobil. Setelah di tempat parkir, anda harus berjalan kaki sekitar 1 km untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini.