Air Terjun Curug Dago Bandung – Curug dago sendiri merupakan salah satu wisata air terjun di daerah Bandung dengan nilai sejarah tinggi. Dalam bahasa sunda sendiri curug berarti air terjun. Seperti yang kita ketahui sendiri jika di Bandung ada banyak tempat wisata air terjun yang secara geografis letaknya dikelilingi oleh perbukitan.


Air terjun curug dago sendiri terletak diketinggian 800 mdpl dan memiliki ketinggian air terjun kira-kira 12 meter. Sumber air dari curug dago sendiri berasal dari sumber mata ari sungai Cikapundung yang mengalir di Maribaya ke kota Bandung.

sumber : http://wisatabaru.com/air-terjun-curug-dago-bandung/

Sisi menarik dari curug dago sendiri adalah dari segi sejarah yang begitu kental terasa. Bagi anda yang ingin menikmati keindahan alam, lebih baik anda memilih Tebing Keraton yang letaknya tak terlalu jauh dari tempat wisata air terjun ini.

Kondisi alam disekitar Curug Dago sendiri memang tak sindah dulu lagi. Aliran air dari sungai yang semakn keruh dan ditambah banyak sampah yang disebabkan para penggunjung yang tak bertanggung jawab membuat tempat wisata air terjun ini semakin berkurang keasirannya.

Selain itu, padatnya pemukiman warga di bagian ata curug menjadi penyumbang utama sampah yang membuat aliran sungai Cikapundung ke Curug Dago jadi semakin kotor. Mungkin berbeda pada zaman dulu, dimana hutan masih asri dan air sungai Cikapundung masih begitu jernih dan tidak ada sampah.

Ditambah lagi kesan angker yang melekat pada Curug Dago di Bandung ini membuat orang kurang berminat untuk datang karena takut. Curug Dago sendiri memang populer sebagai salah satu tempat wisata terangker, tak kalah angker dengan Kampung Vietnam di Batam.

Akan tetapi bagi kamu yang suka akan hal-hal mistis dan pecinta wisata sejarah, mungkin tempat wisata air terjun ini bisa anda kunjungi. Dimana, di curug dago ini anda bisa melihat langsung peninggalan sejarah kerajaan Thailand di Bandung.

Jejak Peninggalan Sejarah Kerajaan Thailand di Curug Dago

Jejakn peninggalan bekas kerajaan Thailand di tempat wisata ini bisa anda lihat dari pasati batu Kerajaan Thailand yang sudah ada sejak abad ke 18. Pada prasasti batu tersebut terdapat tulisan nama raja Thailand yang diketahui memiliki nama Chulalongkom II (Rama V).

Diperkirakan Raja Rama V berkunjung ke Curug Dago pada tahun 1896 lalu. Lalu sang raja kembali mengunjunginya di tahun 1901. Dikunjungan keduanya tersebut, beliau menulis diatas batu prasasti tersebut. Raja Rama V tersebut menuliskan paraf serta tahun Rattanakosin, Era 120 (Bangkok).

Lokasi atau tempat Curug Dagi Bandung

Air terjun Curug Dago sendiri terletak di area perbukitan Dago yang masuk kedalam golongan kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Letaknya terbilang sedikit tersembunyi dan jauh, sehingga butuh perjuangan agar bisa sampai ke lokasi.

Alamat

Desa Dago, Kecamatan Coblong Kota Bandung Jawa Barat. Jaraknya sekitar 8km dari pusat kota Bandung.

Untuk bisa sampai di Curug Dago sendiri bisa ditempuh dengan memakai kendaraan pribadi, rutenya setelah anda melewati jalan disebrang Terminal Dago anda akan menemui jalang simpang dua, ambil jalur atau jalan sebelah kiri yang menurun ke arah tempat wisata air terjun tersebut.

Namun jika anda memakai kendaraan atau angkutan umum, cara termudah adalah naik angkot lalu turun di Terminal Dago. Lalu pergi ke sebrang terminal, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek atau bisa berjalan kaki hingga ke Curug Dago berada.