Air Terjun Curug Cikaso Sukabumi – Entah ada berapa objek wisata air terjun di negeri ini, khususnya daerah Jawa Barat, dari air terjun kecil sampai air terjun besar. Masing-masing menawarkan keunikan dan keunggulan nya tersendiri. Banyak dari objek wisata air terjun tersebut sudah terkenal dan dikelola dengan baik, baik oleh pemerintah maupun swasta oleh masyarakat sekitar. Namun tidak sedikit yang belum populer dan banyak terjamah oleh pihak pengelola. Walau demikian, para penggila traveling selalu rela menempuh jarak jauh dan menaklukan medan sulit agar bisa menyaksikan alam ciptaan Tuhan yang begitu menakjubkan.

Salah satu spot wisata curug atau air terjun yang pas untuk anda kunjungi adalah Curug Cikaso yang lokasinya berada di kampung Ciniti, Ds Cibitung, Kec Surade, Kab Sukabumi Jawa Barat. Curug yang juga dikenal sebagai curug luhur ini mempunyai tiga titik aliran air terjun, diantaranya Curug Meong, Curug Aseupan dan Curug Aki.

Memiliki ketinggian sektar 80 meter dan lebar 100 meter, Curug Cikaso yang airnya langsung bermuara ke Muara Tegalbuleud, Kab Sukabumi ini menyuguhkan keindahan alam lewat limpahan tiga air terjun di tengah rimbungan pepohonan hijau dan asri sehingga anda akan betah berlama-lama di spot wisata air terjun ini. Air curug yang melimpah ini ditampung ke dalam sebuah kolam dengan warna air turqoise (biru kehijauan) tepat dibawahnya, sehingga menghasilkan tempias serta kabut air yang sejuk dan menyegarkan tubuh. Bagaimana, jalan-jalan tidak perlu jauh ke luar negeri, cukup browsing saja tempat wisata dalam negeri salah satunya adalah objek wisata curug cikaso Sukabumi ini.

Curug Cikaso sendiri akan lebih indah kalau dinikmati saat debit airnya besar karena air yang terpancur lebih detas dan suara gemuruh yang dahsyat. Tapi, untuk anda yang tidak bisa berenang jangan tergoda untuk bermain di kolamnya karena cukup dalam, kurang lebih sekitar 15 meter dan terdapat pusaran bawah air yang cukup kencang.

Air terjun Curug Cikaso sendiri berada sekitar 8km dari Surade, 15km dari kec Jampang Kulon, 32km dari kec Ujung Genteng, 110 km dari pusat kota Sukabumi dan sekitar 70 km jika anda dari Pelabuhan Ratu. Kalau kebetulan anda mampir ke Sukabumi, maka untuk sampai ke Curug Cikaso ini searah dengan jalur ke Pantai Ujunggenteng. Dari kota Sukabumi ke arah Jampang Kulon lalu dilanjut menuju Surade.

Sebelum sampai di Surade, anda berbelok tepat dipertigaan ke arah jalan Cikaso. Kondisi jalannya terilang menantang, sehingga anda perlu memastikan jika kondisi kendaraan anda layak pakai karena terdapat badan jalan rusak dan medan yang cukup berat dilalui, misalnya tanjakan, turunan curam hingga tikungan tajam.

Sesampainya anda di tempat parkir kendaraan, ada dua pilihan yang bisa anda pilih, yakni melanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 1 km menuju curug cikaso atau dengan menyewa perahu lewat jalur sungai sekitar Rp 60.000 per perahu dengan maksimal 10 orang penumpang. Jika ditambah menyewa pemandu, maka anda akan dikenakan tarif sekitar Rp 50.000 – Rp 70.000.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Curug Cikaso, Sukabumi :

– Mobil Rp 27.000 per mobil ditambah parkir Rp 6.000.
– Pejalan kaki Rp 3000/orang
– Biaya kebersihan objek wisata Rp 2.000/orang
– Sewa perahu Rp 60.000/perahu, maksimal 10 orang
– Toilet Rp. 2000