Air Terjun Curug Cijalu Subang Jawa Barat – Apakah anda sudah pernah mendengar kalau Curug ternyata memiliki pasangan juga? Mungkin hal ini sedikit terdengar aneh dan tak masuk akal, tapi inilah yang ada pada Curug Cijalu Subang. Bagi orang Sunda pasti sudah dapat mengartikan nama curug tersebut, ya Jalu artinya jantan dan hal tersebut yang dijadikan alasan kenapa curug ini ada pasangan “betina”, yaitu Curug Putri. Dari namanya, kita sudah bisa menjabarkan jika kedua curug tersebut serasi bukan?.

Lokasi tepat dari Curug Cijalu, Subang tersebut berada persis di sekitar Gunung Burangrang, Bandung Utara. Melihat lokasinya yang cukup diatas, saat menuju curug cijalu kita dapat menikmati panorama kota Subang yang terlihat jelas. Pasangannya sendiri, yakni Curug Putri, berada tak jauh dari Curu Cijalu, yaitu sekitar 100 meteran. Para wisatawan sendiri bisa sekaligus menikmati keindahan Curug Putri ini dari Curug Cijalu, karena memang jaraknya yang cukup dekat.


sumber : https://www.sombes.com

Jika menyinggung soal ketinggia air terjunnya, Curug Cijalu memiliki ketinggia sekitar 70 meter sementara pasangnnya, Curug Putri memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Walau demikian, kedua Curug tersebut begitu serasi mengingat keduanya sama-sama menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, terlebih lagi kala memasuki sore hari, maka lampu disetiap bangunagn di kota Subang begitu terlihat jelas dan menawan. Pihak pengelola sendiri tahu betul akan potensi wisata alam Curug Cijalu tersebut, sehingga terdapat banyak fasilitas penunjang.

Alamat atau Lokasi Curug Cijalu
Curug Cijalu sendiri terletak di Desa Cipancar, Kec Sagala Herang, Kab Subang Jawa Barat. Anda bisa mencarinya di GPS dengan titik koordinat : -6° 42′ 43.00″, +107° 35′ 49.00″.

Akses atau rute menuju Curug Cijalu

Berjarak sekitar 37 km dari pusat kota Subang ke arah Selatan (waktu tempuh 1 jam perjalanan) atau 50 km dari pusat Kota Bandung ke Utara (waktu tempuh 1,5 jam perjalanan). Selain itu, anda juga bisa mencapai nya dari Purwakarta dengan jarak kurang lebih 25km ke arah Wanayasa. Umumnya, kondisi jalan sudah beraspal dan hanya sebagian kecil jalan yang berbatu, bisa dilalui oleh sepeda motor maupun mobil.

Rute paling dekat menuju Curug Cijalu ini adalah melalui Purwakarta ke arah Wanayasa dengan jarak sekitar 25km. Setelah 5 km dari pasar wanayasa ada pangkalan ojek kampung Legok Barong, Ds Pusakamulya, Kec Kiarapedes belok kanan masuk ke jalan Ds arah ke Desa Cipancar. Jarak dari pangkalan ojek kurang lebih sekitar 4km untuk sampai ke objek wisata Curug Cijalu, disini kita dapat mengikuti penunjuk arah yang bisa kita jumpai pada plang-plang yang berada tepat di pinggir jalan.

Untuk harga tiket masuk, bisa dibilang masih relatif terjangkau. Jadi jangan sampai anda melewatkan objek wisata alam Curug Cijalu di kala liburan akhir pekan nanti.