Air Terjun Curug Cigentis Karawang – Bagi yang bingung untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga ataupun teman, mungkin tidak ada salahnya untuk anda mengunjungi objek wisata Air Terjun Curug Cigentis ini. Curug tersebut merupakan kawasan wisata yang terletak di Gunung Sanggabuana yang memiliki jarak tempuh 44 km dari pusat kota Karawang, Jawa Barat. Air terjun Cigentis ini memiliki ketinggian kurang lebih sekita 1000m di atas permukaan laut, sementara untuk ketinggian terjunan airnya sendiri adalah 25 meter.

Objek wisata alam di Karawang tersebut biasa dijadikan destinasi para traveler atau goweser serta para fotograper yang ingin mengabadikan keindahan curug tersebut. Selain menawarkan keindahan air terjun, rimbunan pepohonan juga semakin menambah keesksotisan objek wisata alam di Karawang tersebut. Beberapa waktu lalu seorang penjelahan dari tim Wisata Jabar berkunjung ke objek wisata di Karawang tersebut, dan sesampainya disana ternyata banyak juga para kaula muda yang asik berselfie ria di Curug Cigentis ini untuk kemudian mereka unggah di akun media sosial pribadinya.

Selain ada Curug Cigentis, ternyata masih ada curug lain yang masih satu sumber air ini merupakan salah satu dari ke tujuh tingkatan curug yang terdapat di gunung loji, diantaranya Curug Bandung, Curug Cipanundaan, Curug Cikoleangkak, Curug Sikarapyak dan lainnya, namun yang lebih populer dari ke tujuh curug tersebut adalah Curug Cigentis. Hal ini tidak lepas dari adanya syarat tertentu untuk bisa menuju curug lain selain curug Cigentis, ditambah lagi akses menuju ke curug-curug tersebut cukup berbahaya karena masuk ke hutan rimba. Katanya, curug tersebut dikelola oleh RPH Cigunungsari BKPH Purwakarta.

Harga tiket masuk ke objek wisata air terjun Curug Cigentis ini terbilang cukup murah, yakni Rp 15000 dan parkir motor Rp 5000, sementara parkir mobil adalah sekitar Rp 7000 (harga tiket masuk dan biaya parkir kendaraan dapat berubah). Untuk anda yang menggunakan kendaraan bermotor khususnya roda dua, dapat memarkir kendaraan didekat loket tiket masuk.

Setelah dair tempat parkir kendaraan, pengunjung harus menempuh jarak 250 meter dengan berjalan kaki dan melewati rute menanjak yang lumayan menantang dan memguras energi. Sementara fasilitas yang ditawarkan, ada MCK, kolam renang alam, shelter, rambu-rambu objek wisata hingga warung makan. namun bukan cuma itu saja, sebelum anda menuju ke curug cigentis, ada sebuah kampung wisata yang menawarkan fasilitas restoran, villa, outbond, waterpark mini dan ATV. Anda dapat menikmati wisata kolam renang yang langsung bersumber dari mata air asli pegunungan.

Untuk mencapai curug cigentis anda perlu melewati berbagai rute.
Jika anda dari kota Karawang maka perlu masuk tol Cikampek -> Pintu Tol Asper -> Paranakan Badak -> Desa Jayanti -> Curug Cigentis.
Jika berangkat dari Cikarang Baru, ambil jalur Delta Mas -> Bendungan Cibeet -> Pangkalan Loji -> Desa Jayanti -> Curug Cigentis.
Untuk penguna motor dari Jakarta, bisa lewat Cibubur -> Cariu -> Pasar Loji -> Curug Cigentis (Perjalanan ditempuh selama 2 jam).

Alamat lengkap Curug Cigentis
Desa Mekar Buana, Kecamatan TegalWaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.