Air Terjun Curug 7 Bidadari Sumowono Semarang – Air terjun curug tujuh bidadari adalah salah satu tempat rekreasi atau wisata ai terjun yang ada di kabupaten Semarang yang bisa menjadi destinasi wisata anda untuk melepas penat saat hari libur. Terlebih lagi jika anda berencana untuk berkunjung ke tempat wisata didaerah Bandungan, pas sekali jika curug tujuh bidadari ini masuk dalam list wisata anda karena letaknya yang tidak jauh dari Bandungan dan juga Candi Gedong Songo.

Curug tujuh bidadari sendiri memiliki tiga susun air terjun dengan mempunyai kolam dibawahya. Nah, dari ketiga susun air terjun tersebut terbentuklah tujuh buah air terjun, hal ini yang membuat dinamakannya air terjun tujuh bidadari. Jika dihitung, kira-kira ketinggian dari curug tujuh bidadari ini ada sekitar 10 meter.

Mengingat kawasan wisata curug tujuh bidadari ini letaknya pas di lereng gunung Ungaran yang tepatnya ada di daerah Sumowono, menjadikannya sebagai tempat wisata yang tidak berbeda jauh dari curug lawe, curug semirang, curug bebowo, grojogan klenting kuning dan masih banyak lagi. Airnya yang jernih, segar serta menawarkan hawa sejuk khas pegungunan, membuat anda akan betah berada di curug tujuh bidadari tersebut. Objek wisata curug tujuh bidadari sendiri terletak tidak jauh atau tepatnya disebelah barat objek wisata lain yakni New Bandungan Indah dan masih tergolong alami dan baru, disekilingnya ada pohon-pohon dan menawarkan pemandangan pesawahan milik warga setempat.

Untuk bisa menjangkau lokasi curug tujuh bidadari tersebut cukup mudah, hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam dari pusat kota Semarang jika ditempuh dengan mobil tanpa kemacetan. Bahkan jika dengan sepeda motor bisa dijangkau kurang dari 30 menit.

Bagi yang ingin berkunjung ke lokasi curug tujuh dari kota Semarang, maka anda dapat mengikuti jalur Semarang – Solo (tanpa masuk Tol) sampai ada POM bensin Lemah Abang, setelah itu anda bisa mengambil jalur kanan untuk dapat menuju ke objek wisaa Bandungan.

Jika sudah sampai di objek wisata Bandungan, anda bisa mengambil jalur ke arah Sumowono dan setelah sampai di terminal Sumowono terdapat pertigaan dan ambil jalan lurus hingga anda menjumpai petunjuk arah ke curug tujuh Bidadari yang ada posisinya di kiri jalan.

Jalur menuju Curug Tujuh Bidadari dari Kendal lewat Boja

Jika ingin berkunjung ke curug tujuh bidadari dari arah Kendal, anda bisa melalui jalur Kaliwungu lewat depan Masjid Al Muttaqin Kaliwungu atau lewat pertigaan Sikopek. Setelah anda sampai di pertigaan lampu bangjo Boja, anda ambil jalur ke kiri, sekitar kurang lebih 300 meter terdapat pertigaan lagib dan bisa ambil jalur ke kanan untuk ke arah Sumowono hingga menjumpai petunjuk arah ke objek wisata Curug Tujuh Bidadari di sebelah kanan jalan.

Rute menuju Curug Tujuh Bidadari dari arah Solo

Untuk yang ingin berkunjung ke air terjun curug tujuh bidadari dari Solo, anda bisa mengikuti jalur atau jalan Solo – Semarang. Jika sudah sampai di terminal Bawen, maka anda bisa mengambil jalur ke kiri dan akan diaragkan ke Ambarawa sesamapinya di pertigaan Paonline belok ke kiri untuk menuju daerah Bandungan lalu lurus terus hingga ke Sumowono sampai anda menjumpai petunjuk arah ke Curug tujuh Bidadari di sebelah kiri.

Sementara, alamat lengkap dari Curug Tujuh Bidadari sendiri ada di Dusun Keseneng, Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang – Jawa Tengah. Biaya tiket nya sendiri terbilang murah meriah, yakni hanya Rp 3000/orang untuk hari biasa dan untuk hari minggu atau libur, biasanya dikenakan tarif Rp 4000. Untuk parkir motor sendiri dikenakan tarif Rp 1000.