Air Terjun Benang Kelambu Lombok – Pulau Lombok yang ada di Nusa Tenggara Barat ini mempunyai beberapa spot wisata alam air terjun yang begitu eksotis dan menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah dan memanajakan mata.

Mungkin hampir di setiap pulau mempunyai spot menarik yang layak untuk anda kunjungi, dari mulai Pantai Senggigi, Gunung Rinjani, Taman Narmada dan beberapa spot air terjun yang berasal dari sumber mata air Danau Segara Anak.

Ada salah satu wisata alam air terjun yang menarik sekali untuk anda kunjungi ialah air terjun benang kelambu. Mengapa dinamakan demikian, karena airnya yang jatuh menyerupai kelambu tipis dan lembut, sehingga suara air yang jatuh tidak terlalu berisik.

Air terjun benang kelambu sendiri letaknya tidak terlalu jauh dari Air Terjun Benang Stokel.

Air terjun ini sendiri letaknya tepat di kaki Gunung Rinjani, atau lebih tepatnya di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Lombok Tengah. Untuk bisa menjangkau tempat wisata air terjun benang kelambu ini tidak terlalu sulit dan bisa ditempuh dengan jarak 30KM dari pusat kota Mataram, Ibu Kota Provinsi NTB. Air terjun Benang Kelambu sendiri begitu terkenal di Pulau Lombok dan banyak dikunjungi para wisatawan.

Untuk sampai diobjek wisata air terjun ini anda bisa melalui jalur Mataram – Narmada – Sedau – Pancor Dau – Teratak – Desa Aik Berik.

Kami sarankan anda selalu bertanya pada warga sekitar tentang lokasi air terjun tersebut agar tidak tersasar karena hanya ada satu penunjuk arah ke air terjun benang kelambu ini.

Setelah sesampainya di lokasi wisata tersebut, anda hanya cukup membeli tiket seharga Rp 5000 per orang. Saat melewati gerbang masuk, anda akan disuguhi pepohonan rindang dan juga suasana sejuk. Akses jalan menuju air terjun benang kelambu tersebut pun cukup nyaman.

Di sepanjang perjalanan, anda akan menjumpai warung-warung dipinggir jalan. Anda bisa mencicipi nasi kaput, yakni menu nasi campur khas Lombok yang enak dan nikmat.

Disarankan untuk membawa bekal minuman, karena akan menempuh jarak sejauh 1 km untuk bisa sampai ke lokasi air terjun benang kelambu tersebut. Selain itu, anda akan melewati jalanan menanjak dengan anak tangga jadi anda tidak akan terjatuh.

Sesampainya di air tejun benang kelambu, anda akan terpana dengan panorama air terjun yang begitu memanjakan mata. Air seolah-olah keluar dari rimbunnya tumbuhan. Sebenarnya air terjun asalnya dari banyak mata air lalu keluar melewati celah yang ada di sepanjang tebing. Karena banyaknya tumbuhan hijau yang subur, maka seolah olah air keluar dari tumbuhan tersebut.

Dinamakan air terjun benang kelambu sendiri karena air yang keluar membentuk kelambu. Terdapat 3 tingkay air terjun, dimana tingkat pertama muncul langsung dari mata air dengan ketinggian sekitar 30m. Tingkat kedua adalah lanjutan dari yang pertama, dengan ketinggian 10m dan yang terakhir mempunyai ketinggian 5m.

Jangan lupa membawa baju ganti, karena anda akan tergoda untuk bermain air di air terjun benang kelambu tersebut. Menariknya lagi, anda bisa langsung meminum airnya karena berasal dari mata air, jadi airnya aman dan sangat jernih.