Potensi akan obyek wisata di kota Yogyakarta memang sudah tidak bisa dipungkiri keindahannya. Nama Kraton Yogyakarta, Pantai Parangtritis, serta kawasan Malioboro tentu sudah sering anda dengar bukan? Dengan potensi tempat wisata yang hampir setarsebanding indahnya di berbagai lini. Dimulai dari kawasan perbelanjaan, wisata budaya, sampai dengan keindahan pantainya. Bukan hal yang mengherankan jika Yogyakarta menjadi destinasi favorit dari banyaknya turis yang berdatangan setiap harinya. Namun, jika digali lebih lanjut, sesungguhnya masih banyak obyek wisata di Yogyakarta dan sekitarnya yang sangat menarik. Namun, belum banyak diketahui orang. Selain wisatanya yang banyak, Jogja juga terkenal dengan tempat wisata yang murah. Berikut ini 8 tempat wisata murah di Jogja yang wajib untuk anda kunjungi.

Wisata Kalibiru Kulon Progo

Di wilayah Kulon Progo ada satu tempat indah yang begitu cocok untuk menikmati tenggelamnya mentari senja. Karena kepedulian warga dalam mengolahnya, Kalibiru menjadi lokasi ekowisata yang menarik yang terpelihara dengan baik. Di tempat ini, anda dapat menikmati trekking dengan latar yang berupa pepohonan hijau. Untuk mengunjungi wisata Kalibiru, anda hanya dikenakan  biaya 3 ribu rupiah saja. Terdapat tempat yang asyik untuk berfoto di sini. Antara lain sebuah platform kecil dari kayu yang terdapat di atas pohon pinus. Agar sampai ke atasnya, terlebih dahulu anda harus mendaki tangga bambu. Waduk Sermo akan terlihat jelas di kejauhan.

Baca Juga :

20 Wisata Kuliner Yang Wajib Dicoba Saat Liburan di Jogja

7 Wisata Baru di Jogja Yang Hits 2017

Pantai Indrayanti Gunungkidul

Salah satu pantai yang sedang terkenal saat ini adalah pantai indrayanti. Pantai ini mempunyai keindahan yang eksotis melalui pasir putih dan tebing yang begitu indah. Pantai Indrayanti bisa ditempuh selama kurang lebih 2 Jam dari kota Yogyakarta. Dan untuk masuk ke pantai indrayanti ini, kita hanya membutuhkan biaya sebesar Rp. 10.000,- tiap orangnya. Sedangkan untuk tiket parkir motor Rp. 4.000,- lalu untuk tiket parkir mobil sebesar Rp. 15.000,- . Apabila  anda ingin lebih hemat, anda bisa membawa bekal sendiri dari rumah untuk makan di sana. Apabila anda tidak sempat membawa bekal makanan, di pantai ini juga banyak disediakan warung warung yang menjual berbagai macam makanan.

Baca Juga:

Pantai Bagus di Gunungkidul Yang Masih Sepi

Air Terjun Sri Gethuk

Wisata murah di Jogja selanjutnya adalah Sri Gethuk. Masuk ke wilayah Sri gethuk ini tidak kalah murah juga harga tiketnya, hanya sebesar Rp. 7.000,- . Dengan begitu anda sudah dapat menikmati dinginnya air terjun Sri Gethuk. Untuk sampai ke air terjun dari arah parkir, anda dapat menggunakan perahu sederhana dengan membayar sebesar Rp. 5.000,- tiap orang. Atau anda bisa juga menuju lokasi dengan berjalan kaki sambil menikmati sawah-sawah yang ada di sekitarnya.

Gunung Api Purba

Gunung Purba berada di daerah Pathuk, Wonosari. Waktu tempuhnya hanya sekitar satu jam saja dari kota Yogyakarta. Tiket masuk ke Gunung Purba hanya dengan membayar sebesar Rp.7.000,-. Sebaiknya kamu mendaki ketika cuaca cerah, karena Apabila anda naik sesudah hujan atau pada saat hujan jalan menuju puncak begitu licin. Sebab disana jalannya berupa tanah merah. Di Gunung Api Purba, anda juga dapat nge-camp bersama dengan teman-temanmu.

Wajib Baca :

Wisata Alam Jogja Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Hutan Pinus Mangunan

Salah satu wisata murah di Jogja yang wajib dikunjungi jika berlibur Lebaran 2017 atau liburan sekolah adalah Hutan Pinus Mangunan. Apabila anda suka foto mengenai alam, di Hutan Pinus Mangunan  juga dapat menjadi tempat indah untuk memperbanyak koleksi foto indahmu. Selain indah, wisata alam ini juga murah. Berwisata disini juga tidak di pungut biaya, hanya biaya parkir kendaraan saja untuk kendaraan bermotor dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000,-. Apabila anda berkunjung ke tempat ini, anda akan menemukan banyak pasangan yang sedang menjalani foto prewedding. Ada banyak sekali spot hutan Pinus di sekitar Mangunan yaitu :

Hutan Pinus Asri Dengan Spot Taman Bunga dan Gardu Pandang

Hutan Pinus Pengger Dengan Spot Tangan Raksasa

Ekowisata Jatisari Dengan Spot Gardu Pandang Unik

Kebun Buah Mangunan

Di kebun buah Mangunan, anda dapat menikmati pemandangan yang merupakan pegunungan yang dibawahnya tampak sebuah sungai dibawahnya. Yang lebih menariknya, untuk para Fotografer yang sedang mencari pemandangan alam yang menakjubkan. Untuk tiket masuk ke Kebun Buah Mangunan ini hanya sebesar Rp 5.000 saja. Anda akan melewati perjalanan kurang lebih 15 menit untuk sampai pada bukitnya. Sesudah itu anda harus turun kebawah untuk dapat menikmati pemandangan yang sangat menakjubkan.

Jurang Tembelan

Masih dari kawasan Kebun Buah Mangunan, ada spot yang sangat terkenal bernama Jurang Tembelan. Spot ini menjadi salah satu spot yang digemari oleh pemburu foto selfie karena memiliki gardu pandang berbentuk Kapal raksasa berada di ujung Jurang. Pemandangan berupa hamparan pegunungan dan ngarai sungai oya menjadi panorama yang sangat indah.

Taman Sari

Tak melulu soal wisata alam, Jogja juga juga punya tempat wisata budaya yang instagramable. Salah satunya adalah Tamansari.Taman sari merupakan salah satu wisata yang dekat dengan kota, disebabkan memang lokasinya di daerah alun-alun yogyakarta. Untuk biaya tiket masuknya hanya sebesar Rp. 3.000,- saja. Tak heran jika banyak yang merekomendasikan Taman Sari sebagai salah satu tempat wisata murah di Jogja yang harus dikunjungi.  Tidak harus mahal apabila ingin mencari wisata yang indah. Pilihan yang terbaik adalah Yogyakarta, apalagi anda bisa pergi bersama dengan pasangan pasti akan lebih asik dan tidak membuat kantong tipis.

Baca juga : Penginapan Murah Dekat Malioboro

Pantai Baron, Krakal dan Kukup

Pantai Baron mempunyai kontur lembah dan juga sungai air tawar yang menawan. Untuk Pantai Kukup lebih populer dengan pemandangan pegunungan serta alam pantai yang sangat elok. Sementara untuk Pantai Krakal telah lama populer sebagai pantai di ujung selatan Yogyakarta dengan keindahan yang luar biasa. Untuk tiket masuknya hanya sebesar Rp 5.000 saja.

Leave a Reply