Wisata Jogja Part 42

189.Masjid Syuhada Yogyakarta

Masjid Syuhada adalah nama sebuah masjid yang sengaja diberikan oleh Presiden Soekarno kepada para pejuang yang sudah bertempur di Jogja.


Masjid ini bernama Masjid Syuhada, yang berarti masjidnya orang-orang yang syahid. Masjid ini didirikan pada tanggal 20 September 1952 setelah tujuh tahun Indonesia merdeka. Awalnya masjid ini diberi nama dengan Masjis Peringatan Syuhada, namun karena terlalu panjang maka disingkat menjadi Masjid Syuhada saja.

190.Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta

Masjid Gedhe Kauman merupakan masjid raya tertua di Indonesia. Usia masjid ini sudah mencapai lebih dari 200 tahun dan menyimpan banyak sejarah di dalamnya.

Arsitektur bangunan masjid ini sangat kental dengan nuansa kraton. Mungkin inilah yang menjadikan para wisatawan tertarik untuk berkunjung ke masjid ini, tentunya selain dari sejarahnya yang menarik.

191.Masjid Besar Pakualaman Kota Yogyakarta

Masjid Pakualaman merupakan salah satu masjid yang dikategorikan sebagai benda cagar budaya yang ada di Jogja. Masjid ini dibangun oleh Paku Alam II pada abad XIX.

Lokasi masjid ini berada di Kecamatan Pakualam, Kota Joga, tepatnya di sebelah barat laut alun-alun Sewandanan yang berada di luar kompleks Puro.

192.Maskam Ugm

Masjid Kampus UGM merupakan masjid kampus terbesar di Asia Tenggara. Masjid besar ini berdiri atas lahan berukuran 2,5 hektar dengan luas bangunan 3.142 m2. Halaman masjid kampus yang begitu luas ini dipenuhi dengan pohon-pohon palem yang berjejer rapi, sehingga terlihat sangat indah.

Bangunan masjid ini terdiri dari dua lantai. Lantai pertama khusus untuk jamaah laki-laki dan lantai kedua khusus untuk jamaah wanita. Daya tampung kedua bangunan tersebut mampu menampung sekitar 5.000 orang jamaah.

Belum lagi sayap dan halaman majid yang juga bisa digunakan sebagai tambahan tempat sholat jika diperlukan. Suasana di lingkungan masjid terasa sangat sejuk dan nyaman. Di jamin para pengunjung bakalan betah berlama-lama di lingkungan masjid ini.