Wisata Jogja Terbaru 2018 – Perkembangan wisata di Jogja memang seperti jamur di musim hujan. Dalam waktu singkat setahun terakhir ini ada puluhan objek wisata baru yang bermunculan.

Tak heran jika Jogja menjadi kota dengan pertumbuhan wsiatawan tertinggi di Indonesia. tercatat di tahun 2016, ada sekitar 20 juta wisatawan lokal yang berkunjung di Jogja, atau meningkat hampir 4 juta dari tahun sebelumnya. DUA PULUH JUTA! Bayangin!


Hal itu disebabkan jogja selalu memunculkan spot spot wisata baru setiap bulannya. Begitu juga di tahun 2018 ini ada banyak wisata baru di Jogja yang sangat menarik dan wajib dikunjungi.

Sebagian memang merupakan tempat wisata baru, sebagian lagi objek wisata lama namun memilki spot baru. Dengan era promosi melalui media sosial yang begitu cepat menjadi viral, memang memberikan efek domino yang positif.

Objek wisata lain menjadi terpacu untuk terus kreatif bersolek diri membuat spot spot wisata baru di Jogja terutama untuk spot selfie yang menjadi favorit para traveler lokal.

Rekomendasi untuk dibaca juga. Masih Seputaran Jogja (Open a new tab):

Di tahun 2018 ini, ada sedikitnya 193 Wisata Terbaru di Jogja yang lagi ngehits banget. Objek wisata tersebut tersebar di Kabupaten Bantul, Gunungkidul, dan Kulon Progo.

Sebagian besar memang merupakan wisata alam dan memiliki spot selfie yang unik. Mana saja 193 wisata baru di Jogja tersebut? Yuk kita mulai dari tempat wisata pertama! ūüôā

Lompat ke Sub Topik:

Wisata Jogja Part 1

1. Bukit Mojo Gumelem

Lokasi Bukit Mojo Gumelem dengan Sarang Burung
Lokasi Bukit Mojo Gumelem dengan Sarang Burung sebagai spot selfie

Bukit Mojo Gumelem

Bukit Mojo Gumelem

Bukit Mojo Gumelem ini merupakan salah satu spot wisata yang sebenarnya sudah cukup lama dikembangkan. Bukit Mojo memiliki konsep seperti Bukit Panguk Kediwung dan Jurang Tembelan.

Namun objek wisata baru di Bantul ini baru mulai dilirik awal tahun 2018 ini karena menyuguhkan spot foto yang sangat unik berupa sarang burung dan bunga matahari. Uniknya, dalam kurun waktu 4 bulan, sudah berganti ganti ikon spot selfienya, sehingga tidak membuat bosan pengunjungnya.

Untuk info lebih lengkap mengenai tempat wisata Bukit Mojo Gumelem, kebetulan sudah pernah kami publikasikan sebelumnya. Ini linknya: Bukit Mojo – Sarang Burung Spot Selfie yang Uniknya Kebangetan!

2. Watu Goyang Mangunan

Spot Selfie berbentuk Helikopter di Watu Goyang
Spot Selfie berbentuk Helikopter di Watu Goyang

Watu Goyang Mangunan

watu goyang mangunan

Satu lagi spot selfie baru yang ada di kawasan Mangunan Dlingo selain Bukit Mojo. Adalah objek wisata Watu Goyang yang mulai muncul di tahun 2017 ini tepatnya di awal bulan Maret. Masih menyuguhkan pemandangan yang sama seperti “saudara tuanya” Watu Goyang ini menjual spot selfie yang cukup unik karena berbentuk helicopter.

Selain itu ada juga batu batu besar yang berada di tepi jurang sebagai tempat untuk menikmati panorama pegunungan. Batu batu besar inilah yang disebut sebagai watu goyang.

3. Seribu Batu Songgo Langit

Spot Rumah Indian di Seribu batu Songgo Langit
Spot Rumah Indian di Seribu batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit

Nah kalau yang satu ini memang benar benar wisata terbaru di Jogja yang lagi ngehits. Seribu Batu Songgo langit ini juga sering disebut sebagai spot Rumah The Hobbit Dlingo karena menyajikan spot spot selfie berupa rumah unik seperti yang ada di Film The Hobbit.

FYI, sebenarnya wisata di Seribu batu Songgo Langit ini sudah lama dirintis, hanya saja baru bulan Maret ini booming dan viral semenjak ada spot rumah unik ala Indian dan rumah The Hobbit.

Untuk info lebih lengkap mengenai tempat wisata Batu Songgo Langit, kebetulan kami sudah publikasikan sebelumnya. Ini linknya: Seribu Batu Songgo Langit Dlingo – Tempat Wisata Nuansa Suku Indian yang Epic!

Wisata Jogja Part 2

4. Air Terjun Gedad

wisata terbaru di jogja
Keindahan Air Terjun Gedad Banyusoco

Air Terjun Ngedad

Air Terjun Ngedad

Dari Bantul kita pindah ke sebelah Timur sedikit, tepatnya di kecamatan Playen. Di sana ada air terjun baru yang letaknya tak jauh dari Air Terjun Sri Gethuk. Air terjun baru di Banyusoco itu bernama Air Terjun Gedad.

Tempatnya cukup indah, meskipun ketinggiannya hanya sekitar 10 meter, namun sangat apik untuk fotografi karena memiliki dinding air terjun yang cukup lebar dengan kontur yang berpunuk punuk.

Untuk info lebih lengkap mengenai tempat wisata Air Terjun Gedad Banyusoco, kebetulan sudah pernah kami publikasikan sebelumnya. Ini linknya: Keindahan Air Terjun Gedad Banyusoco yang Mungkin Bikin Kamu ingin Mampir!

5. Jembatan Gantung Pantai Timang

Harga Tiket Naik jembatan gantung Pantai Timang
Harga Tiket Naik jembatan gantung Pantai Timang

Jembata Gantung Pantai Timang

Jembatan Gantung Pantai Timang

Bergeser ke ke timur lagi, ada wisata baru Jogja yang sangat menantang. Tepatnya di objek wisata Pantai Timang tepus Gunungkidul. Seperti kita tahu, Pantai timang selama ini sangat terkenal dan ikonik dengan gondola atau kereta gantungnya.

Namun di Bulan Maret ada spot baru yang cukup menantang yaitu Jembatan Gantung pantai Timang. Jembatan ini merupakan akses lain yang bisa digunakan untuk menuju ke bukit karang Pantai Timang. Untuk melewati jembatan gantung ini pengunjung harus membayar Rp. 100.000 dan memiliki nyali yang sangat besar karena di bawahnya ada deburan ombak yang besar dan tiupan angin yang kencang.

Untuk info lebih lengkap mengenai tempat wisata Jembatan Gantung Pantai Timang, kebetulan sudah pernah kami publikasikan sebelumnya. Ini linknya: Pantai Timang Tepus Gunung Kidul yang Ada Jembatan Bikin Jantung Dag Dig Dug Serrrrrr!

Wisata Jogja Part 3

6. Pantai Pulau Kalong

Pantai Pulau Kalong
Pantai Pulau Kalong yang mirip Pantai Timang

Pantai Pulau Kalong

Pantai Pulau Kalong

Selain Pantai Timang, ada lagi satu pantai yang mirip dengan karakteristik Pantai Timang. Pantai tersebut bernama Pantai Sinden atau pantai Pulau Kalong. Disebut sebagai pantai Pulau Kalong karena di pulau karang terdapat banyak kalong atau kelelawar.

Sama seperti Pantai Timang, Pantai Pulau Kalong ini memiliki gantole atau kereta gantung dan jembatan gantung sebagai salah satu akses jalan menuju ke pulau karang yang menjadi spot mancing yang bagus. Bedanya, untuk melewati jembatan gantung pantai Pulau Kalong ini lebih murah karena hanya Rp. 25 ribu saja.

Untuk info lebih lengkap mengenai tempat wisata Pantai Pulau Kalong, kebetulan sudah pernah kami publikasikan sebelumnya. Ini linknya: Pantai Pulau Kalong yang Sangat Amat Erotis!

7. Hutan Mangrove Pasir Kadilangu

Spot baru di Hutan Mangrove Pasir Kadilangu
Spot baru di Hutan Mangrove Pasir Kadilangu

Hutan Mangrove Pasir Kadilangu

Hutan Mangrove Pasir Kadilangu

Spot wisata baru di Jogja yang ngehits minggu ini adalah Hutan Mangrove Pasir Kadilangu Kulon Progo. Meskipun bukan tempat wisata baru, namun Objek Wisata ini memiliki spot baru yaitu berupa menara dari bambu yang berbentuk menara Eifel, pura, dan juga lorong hexagonal.

Banyaknya spot selfie baru di Hutan Mangrove Pasir Mendit Kadilangu ini tentu menjadi opsi menarik karena di tempat ini ada tiga pengelola wisata Hutan Mangrove yang masing masing berlomba-lomba menawarkan keunikan dan spot selfie terbaik.

Wisata Jogja Part 4

8. Ayunan Langit Watujaran

Lokasi ayunan langit Purwosari Girimulyo
Lokasi ayunan langit Purwosari Girimulyo

Ayunan Langit Watujaran

Ayunan Langit Watujaran

Satu lagi Wisata baru di Jogja Kulonprogo di bulan Juni 2017 yaitu Ayunan Langit Watujaran. Lokasi ini masih berada di wilayah Desa Wisata Purwosari Girimulyo.

Ayunan Langit sebagai spot terbaru dengan sensasi tantangan adrenalin karena kita akan diajak berayun di atas ketinggian sekitar 600 mdpl. Spot ini juga mirip seperti yang ada di The Lodge Maribaya atau di Bukit Bulu Batu Malang.

9. Bukit Klangon Merapi

Rute menuju Bukit Klangon Merapi
Rute menuju Bukit Klangon Merapi

Bukit Kelagon Merapi

Bukit Kelagon Merapi

Bergeser ke arah Utara, ternyata ada juga spot baru di Sleman. Namanya adalah Bukit Klangon. Berbeda dengan yang ada di daerah Mangunan dan sekitarnya, di Bukit Klangon Selman ini spot yang tersai memang merupakan gardu pandang. Meski demikian, panorama yang disuguhkan jauh berbeda karena menampakkan background berupa Gunung Merapi dengan jalur lavanya. Tempat ini menjadi alternatif bagi yang ingin menuju ke Kaliurang atau Petilasan Mbah Maridjan.

Untuk info lebih lengkap mengenai tempat wisata Bukit Klangon Merapi, kebetulan sudah pernah kami publikasikan sebelumnya. Ini linknya: Lokasi & Rute Menuju Bukit Klangon Merapi.

Wisata Jogja Part 5

10. The Lost World Castle Cangkringan

Rute Menuju The Lost World Castle Sleman
Rute Menuju The Lost World Castle Sleman

The Lost World Castle Cangkringan

The Lost World Castle Cangkringan

Masih di sekitar area lereng Gunung Merapi, ada wisata baru di jogja yang sangat ngehits. Namanya adalah The Lost World Castle. Tempat ini sempat menjadi viral dan kontroversi karena berada di wilayah KRB 3 Merapi. Meski demikian tidak menyurutkan animo wisatawan untuk berkunjung ke tempat yang disebut juga sebagai Benteng Takhesi di Jogja, atau tembok besar di Cangkringan ini.

Selain memiliki bangunan dengan bentuk mirip benteng Takeshi, tempat ini juga memiliki Stone Henge ala ala di Inggris sana. Penasaran? simak ulasan kami sebelumnya di : The Lost World Castle Cangkringan Sleman – Tempat Wisata ala ala Benteng Takeshi!

Wisata Jogja Part 6

11. Rumah Hobbit Cangkringan

Rute Rumah Hobbit Kepuharjo Cangkringan Sleman
Rute Rumah Hobbit Kepuharjo Cangkringan Sleman

Rumah Hobbit Cangkringan

Rumah Hobbit Cangkringan

Tak jauh dari Lokasi The Lost World Castle, ada juga Rumah Hobbit Cangkringana yang cukup apik dijadikan background foto selfie. Berbeda dengan yang ada di Seribu batu Songgo Langit, Rumah Hobbit Cangkringan ini terlihat lebih rapi dan lebih besar, cocok bagi kamu yang doyan foto selfie. Baca Selengkapnya di Rumah Hobbit Kepuharjo Cangkringan.

12. Hutan Pinus Pengger

lokasi hutan pinus pengger
Spot Tangan Raksasa Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger

Eits, ternyata ada satu lokasi wisata terbaru di Jogja yang ngehits dan wajib untuk dikunjungi terlewat kita rekomendasikan.

Adalah Hutan Pinus Pengger yang ada di Terong Dlingo. Hutan Pinus ini menawarkan spot selfie yang sangat ciamik. Selain gardu pandang berbentuk tangan Manusia raksasa, saat malam tiba, pengunjung juga bisa melihat kerlap kerlip lampu kota yang menghiasi lanskap kota Jogja. Sangat romantis dan artistik.

Baca lebih lanjut mengenai Hutan pinus pengger di sini :Lokasi & Rute Menuju Hutan Pinus Pengger – Tempat Wisata dengan Spot Tangan Raksasa.

13. Wisata Jogja Part 7

Spot Foto di The World Landmarks Merapi Park
Spot Foto di The World Landmarks Merapi Park

 The World Landmarks Merapi Park

The World Landmarks Merapi Park

satu lagi wisata baru di Jogja yang sangat hits minggu ini. Lokasinya berada di kawasan wisata Kaliurang, tepatnya di depan Musem Gunung Merapi. Spot wisata baru itu bernama The World Landmarks. Sesuai namanya, tempat ini menyajikan spot selfie berupa miniatur bangunan terkenal dunia seperti Menara Eifel, Menara Pizza, dll.

Untuk info lebih lanjut silakan baca postingan The World Landmarks – Tempat Wisata ala ala Nuansa Luar Negeri Belanda!

14. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kadiwung
Bukit Panguk Kadiwung

panguk Kediwung

panguk Kediwung

Bagi Anda yang ingin merasakan kesejukan alam di pagi hari, maka Bukit Panguk Bantul merupakan destinasi wisata yang tepat untuk Anda kunjungi.

Di lokasi ini Anda juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbit (sunrise) dari gardu pandang yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika Anda melewatkan kunjungan ke sana ketika Anda sedang berwisata ke Kota Jogja.

15. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan
Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

Negeri diatas awan jogja, begitulah kira-kira julukan yang tepat bagi Kebun Buah Mangunan yang berlokasi di Mangunan, Kabupaten Bantul ini. Daya tarik utama tempat wisata ini adalah gardu pandang mangunan yang berada pada ketinggian 200 meter di atas permukaan laut.

Posisinya yang cukup tinggi memungkinkan para pengunjung menikmati keindahan gumpalan awan yang membalut pegunungan sewu. Berikut info lengkap mengenai kebun buah mangunan jogja yang bisa anda lihat selengkapnya di link ini. Kebun buah mangunan jogja, sensasi nyata ‘negeri di atas awan’ nan eksotis.

16. Bukit Pengilon

Bukit Pengilon
Bukit Pengilon

Bukit Pengilon

Bukit Pengilon

Di daerah Purwodadi, Kabupaten Gunungkidul, terdapat Bukit Pengilon yang menawarkan panorama alam yang sangat indah berupa hamparan padang rumput hijau membentang dengan pemandangan laut yang menakjubkan.

Saat ini lokasi wisata ini sedang hits di media social, terbukti dengan banyaknya orang yang mengupload foto-foto selfie mereka di bukit tersebut. Karena panorama alam di sekitarnya yang sangat indah memukau, tidak heran jika Bukit Pengilon Gunungkidul ini disebut-sebut sebagai destinasi wisata selfie.

17. Kampung Teletubbies

Kampung Teletubbies
Kampung Teletubbies

Kampung Teletubies

Kampung Teletubies

Ya, Anda tidak salah baca, demikian kira-kira julukan yang tepat untuk kampung yang terletak di Dusun Nglepen, Kabupaten Sleman, Jogja ini. Di sebut dengan Kampung Teletubbies karena rumah-rumah yang ada di sana merupakan ‚Äúreplika‚ÄĚ rumah-rumah pada karakter serial televisi anak-anak berjudul “Teletubbies”. Lokasi wisata ini sebenarnya merupakan sebuah perkampungan yang dibangun oleh lembaga sosial dari luar negeri untuk menampung penduduk Nglepen yang sebagian besarnya tidak memiliki rumah pasca gempa hebat yang melanda Jogja pada tahun 2006 silam.

Wisata Jogja Part 8

18. Bukit Kali kuning

Bukit Kalikuning
Bukit Kalikuning

Bukit Kalikuning

Bukit Kali Kuning yang berlokasi di daerah Cangkringan, Sleman, Jogja, merupakan salah satu lokasi wisata yang terletak di area lereng gunung Merapi. Pemandangan alam di sekitar lokasi ini sangat indah dan menarik.

Lokasinya sangat cocok digunakan untuk kegiatan camping dan outbond training. Keindahan pemandangan tebing-tebing bebatuan andesit yang sangat menawan dengan latar belakang Gunung Merapi terlihat jelas dari lokasi ini.

19. Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur
Rute Dan Lokasi Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur merupakan salah satu lokasi wisata yang juga menawarkan keindahan panorama alam di sekitarnya. Keunggulan obyek wisata yang berlokasi di Dlingo, Kabupaten Bantul ini adalah pengunjung bisa menyaksikan indahnya matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) dari gardu pandang yang disediakan oleh pihak pengelola.

Di lokasi ini juga cocok digunakan untuk kegiatan camping menghabiskan masa-masa liburan Anda bersama teman-teman atau masa-masa bulan madu berdua bersama pasangan.

20. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem
Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem awalnya merupakan benteng pertahanan dari awan panas merapi.

Tapi saat ini bunker yang berlokasi di berlokasi di daerah Cangkringan, Sleman, Yogyakarta ini sudah menjadi obyek wisata yang digunakan oleh para pengunjung untuk melihat keindahan Gunung Merapi dan jejak ganasnya letusan dahsyat gunung tersebut pada tahun 2006 silam.

21. Bukit Cendana

Bukit Cendana
Indahnya Sunrise Bukit Cendana

Bukit Cendana

Bukit Cendana

Bukit Cendana merupakan salah satu obyek wsiata yang menawarkan panorama alam yang indah dengan perpaduan latar belakang Waduk Sermo.

Dari atas bukit yang berlokasi di daerah Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo ini para pengunjung bisa merasakan udara yang sangat sejuk dan melegakan pernafasan. Apalagi pemandangan alam disekitarnya yang sangat indah dan terlihat hijau membentang, dapat disaksikan sepuasnya oleh para pengunjung dari gardu pandang yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

22. Jurang Tembelan

Jurang Tembelan

Jurang Tembelan

Jurang Tembelan

Jurang Tembelan yang berlokasi di Desa Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul ini merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang sedang hits saat ini. Lokasinya berdekatan dengan gardu pandang Mangunan.

Meskipun lokasi wisata ini tergolong baru, namun dikarenakan lokasinya yang memiliki banyak spot pengambilan foto menarik dan kemudahan melihat matahari terbit, menjadikan lokasi wisata ini cepat terkenal.

Wisata Jogja Part 9

23. Watu Ngadek

Watu Ngadek
Watu Ngadek

Watu Ngadek

Watu Ngadek

Watu Ngadek merupakan salah satu obyek wisata dan spot berfoto alami dan unik dengan latar belakang pemandangan alam yang eksotis. Watu Ngadek berlokasi di hutan pinus Pengger, tepatnya di Desa Terong, Dlingo, Kabupaten Bantul.

Para pengunjung bisa menikmati keindahan alam di lokasi wisata ini mulai dari pagi hari hingga malam hari. Indahnya gemerlap kota yang berada di bawah bukit ini terlihat jelas di malam hari dari atas bukit ini.

24. Rumah Hobbit Mangunan

Rumah Hobbit Mangunan
Seribu Batu

Rumah Hobbit Mangunan

Rumah Hobbit Mangunan

Rumah Hobbit Mangunan merupakan salah satu obyek wisata unik yang berlokasi di Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, tepatnya di kawasan wisata Seribu Batu Songgo Langit.

Obyek wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama buah hati Anda. Selain rumah hobbit, di lokasi ini juga banyak spot foto menarik.

25. Gardu Pandang Pinus Asri

Pinus Asri

Gardu Pandang Pinus Asri

Gardu Pandang Pinus Asri

Gardu Pandang Pinus Asri ini merupakan salah satu obyek wisata alam yang berlokasi di Dlingo, Kabupaten Bantul, tepatnya di kawasan Hutan Pinus Asri Karangasem.

Di lokasi ini disediakan gardu pandang, sehingga para pengunjung bisa leluasa memandang keindahan alam yang membentang di sepanjang kawasan hutan pinus ini.

26. Watu Amben

watu amben

watu amben

Watu Amben

Watu Amben merupakan salah satu obyek wisata alam yang berlokasi di Srimulyo, Piyungan, Kabupaten Bantul. Di lokasi ini para pengunjung bisa menikmati suasana perbukitan alami sembari merasakan hembusan semilir angin yang terasa sejuk di kulit.

Dari atas bukit ini, para pengunjung bisa menkmati pemandangan Kota Jogja sepuasnya. Tidak heran jika kawasan wisata ini selalu dipadati pengunjung yang berdatangan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

27. Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu

Satu lagi obyek wisata yang memungkinkan para pengunjung untuk menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam, yaitu Bukit Lintang Sewu.

Obyek wisata yang berlokasi di Desa Muntuk, Dlingo, Kabupaten Bantul ini setiap harinya dipadati oleh para pengunjung yang berdatangan di sore hari untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam.

Wisata Jogja Part 10

28. Jembatan Soka

Jembatan Soka

Jembatan Soka

Jembatan Soka

Jembatan Soka yang berlokasi di Desa Seloharjo, Pundong, Kabupaten Bantul, awalnyamerupakan jembatan alternatif yang menghubungkan antara Srihardono dengan Seloharjo yang dipisahkan oleh Sungai Opak.

Setelah jembatan utama selesai dibangun, masyarakat pun menjadikan jembatan ini sebagai salah satu obyek wisata yang sering dikunjungi untuk menyaksikan dan merasakan nuansa pedesaan.

29. Bukit Isis Kulon Progo

Bukit Isis Kulon Progo
Bukit Isis Kulon Progo

Bukit Isis Kulon Progo

Bukit Isis yang berlokasi di Desa Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo ini menjadi salah satu obyek wisata yang lagi ngehits saat ini.

Selain karena udaranya yang sejuk dan segar khas pegunungan, pemandangan alamnya yang sangat indah berupa hamparan perkebunan teh dan hijaunya pepohonan di sepanjang pegunungan menorah menjadi alasan utama mengapa lokasi ini mulai ramai dikunjungi para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Apalagi tiket masuk kawasan ini cukup murah, hanya berkisar 3000 rupiah saja.

30. Bukit Kosakora

Bukit Kosakara

Bukit Kosakara

Bukit Kosakara

Bukit Kosakora atau Puncak Kosakora merupakan sebuah bukit yang berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di Banjarejo, tidak jauh lokasi Pantai Drini. Ketinggian bukit ini hanya berkisar 50 meter dari permukaan air laut. Ukuran ini cukup rendah, sehingga para pengunjung bisa naik ke atas bukit tersebut tanpa harus menguras banyak energi.

Keunggulan lokasi wisata ini adalah pemandangan alam di sekitarnya yang sangat indah, termasuk bentangan laut yang terlihat indah mempesona dari atas bukit ini. Tidak heran jika Bukit Kosakora atau Puncak Kosakora merupakan salah satu tempat selfie paling ngehits di kalangan anak muda saat ini.

31. Green Village Gedangsari

 Green Village Gedangsari

 Green Village Gedangsari

 Green Village Gedangsari

Green Village Gedangsari juga merupakan salah satu obyek wisata yang lagi hits saat ini. Lokasi wisata yang berlokasi di Desan Mertelu, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul ini memiliki panorama alam perbukitan Gunungkidul yang sangat indah.

Di lokasi ini para pengunjung bisa menyaksikan indahnya perbukitan hijau yang eksotis dan mirip dengan pemandangan perbukitan di New Zealand.

32. Spot Riyadi

Spot Riyadi

Spot Riyadi

Spot Riyadi

Spot Riyadi merupakan salah satu spot fotografi berlatar pemandangan alam berupa hamparan sawah yang luas di sekitarnya. Spot yang berlokasi di Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman ini awalnya berupa pekarangan rumah penduduk setempat yang bernama Riyadi. Setelah ramai dikunjungi wisatawan pada tahun 2010, Riyadi pun mendirikan tempat nongkrong yang dibandung dari bekas kandang sapi.

Keunggulan dari Spot Ryadi ini tidak saja terletak dari keindahan pemandangan alam disekitarnya yang sangat indah, tetapi juga lokasinya sangat cocok digunakan untuk menyaksikan indahnya matahari terbit dan terbenam. Ketika cuaca sedang cerah, penampakan Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Lawu terlihat jelas dari sini.

Wisata Jogja Part 11

33. Bukit Klangon

Bukit Klagon

Bukit Klagon

Bukit Klagon

Bukit Klangon merupakan salah satu obyek wisata yang berlokasi di Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Di lokasi ini disediakan gardu pandang yang bisa digunakan pengunjung untuk menikmati gagahnya penampilan Gunung Merapi.

Panorama hutan belantara hijau yang dapat menyejukan mata terlihat jelas dari lokasi ini. Banyak pengunjung yang mengabadikan pemandangan dengan berselfie di gardu pandang tersebut.

34. Batu Alien Cangkringan

Batu Alien Cangkringan

Batu Alien Cangkringan

Batu Alien Cangkringan

Disebut dengan Batu Alien karena batu besar ini yang mirip dengan kepala Alien. Lokasinya berada di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, terletak persis di tepi bantaran Sungai Gendoldengan tebing yang curam.

Di lokasi ini disediakan gardu pandang oleh pihak pengelola, sehingga para pengunjung bisa menyaksikan pemadangan alam yang indah dan menakjubkan di sekitar lokasi wisata tersebut.

35. Puncak Becici

Puncak Becici
Taman Love bukit Becici

Puncak Becici

Puncak Becici

Puncak Becici yang berlokasi di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo ini masih termasuk area resort pengelolaan hutan.

Di lokasi ini terdapat pepohonan pinus yang terlihat indah, disamping suguhan pemandangan indah Kota Jogja di bagian bawahnya. Hembusan semilir angin yang terasa sejuk di kulit bakalan membuat pengunjung betah berlama-lama di lokasi wisata ini.

36. Bukit Jangkang

Bukit Jangkang

Bukit Jangkang

Bukit Jangkang

Bukit Jangkang merupakan salah satu obyek wisata yang juga cukup menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Kulon Progo.

Di lokasi ini telah disediakan gardu pandang yang memungkinkan pengunjung yang berada di atasnya untuk menyaksikan pemandangan lanscap waduk sermu yang berbentang luas. Hal inilah yang menjadi daya tarik dari gardu pandang ini, kebanyakan pengunjung bersefie di tempat ini.

37. Puncak Dipowono

Puncak Dipowono
Area Camp Puncak Dipowono

Puncak Dipowono

Puncak Dipowono

Puncak Dipowono yang diresmikan sebagai obyek wisata pada tanggal 27 Juli tahun 2015 oleh Bupati Kulonprogo ini terletak di Desa Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Kawasan wisata ini terjaga kelestarian alamnya demi kelangsungan lingkungan asri bagi warga lokal dan para wisatawan yang berkunjung.

Wisata Jogja Part 12

38. Puncak Kuda Sembrani

Puncak Kuda Sembrani
Air Terjun Kuda Sembrani

Puncak Kuda Sembrani

Puncak Kuda Sembrani

Puncak Kuda Sembrani merupakan salah satu obyek wisata yang menawarkan petualangan bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana. Pasalnya, untuk mendatangi obyek wisata yang berlokasi di Banjarasri, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo ini membutuhkan perjuangan karena harus berjalan kaki melewati medan yang terjal dan melelahkan.

Tapi kepenatan yang dirasakan akibat perjalanan akan segera terbayar begitu menyaksikan panorama alam yang sangat indah berlatar belakang pemandangan sawah di sekitarnya.

39. Curug Pulosari

Curug Pulosari
Air Terjun Curug Pulosari

Curug Pulosari

Curug Pulosari

Curug Pulosari, sejatinya merupakan sebuah air terjun yang airnya bersumber dari aliran air sungai alami di kawasan perbukitan di sekitar lokasi. Pancuran di Curug Pulosari terbilang kecil.

namun karena lokasi ini berada di tengah kawasan perbukitan yang selama ini dikenal kering membuat pemandangan yang Anda bisa lihat di sekitaran curug sungguh eksotis dan menarik untuk Anda Abadikan.

40. Stonehenge Cangkringan

Stonehenge Cangkringan

Stonehenge Cangkringan

Stonehenge Cangkringan

Stonehenge merupakan obyek wisata berupa situs prasejarah peninggalan manusia purba pada zaman dahulu. Obyek wisata yang berlokasi di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman ini berbentuk monumen yang terdiri dari batu-batuan besar yang ditata dan ditumpuk di tengah lapangan dan disusun secara melingkar.

Bentuknya menyerupai Stonehenge di luar negeri sana. Karena kemiripan inilah sehingga Spot Stonehenge ini menjadi menjadi incaran para pengunjung yang datang berwisata ke Jogja.

41. Gunung Gentong Gedangsari

 Gunung Gentong Gedangsari

 Gunung Gentong Gedangsari

 Gunung Gentong Gedangsari

Gunung Gentong Gedangsari yang berlokasi di Gunungkidul merupakan salah satu obyek wisata yang keindahan alamnya bakal membius orang-orang yang melihatnya.

Puncak gunung ini menawarkan keindahan alam yang begitu mempesona. Ketenangan alamnya sangat membius dan membuat larut dalam suasana yang hening dan damai, membuat kita melupakan sejenak berbagai problem yang kita hadapi dalam aktifitas sehari-hari.

42. Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari yang berlokasi di Desa Rejosari ini merupakan salah satu obyek wisata yang lagi ngehits di Kabupaten Bantul, Jogja. Ketinggian air terjunnya berkisar 12-15 meter dengan kedalamanberkisar 1-3 meter.

Suasana alam di sekitar kawasan air terjun ini masih sangat asri dan alami, tidak heran jika para pengunjung yang datang ke sana betah untuk tinggal berlama-lama menikmati suasana alam di sekitar kawasan Air Terjun Randusari ini.

Wisata Jogja Part 13

43. Curug Siluwok

Curug Siluwok
Air Terjun Siluwok

Curug Siluwok

Curug Siluwok

Curug Siluwokadalah spot air terjun yang berlokasi di Desa Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Sebagaimana layaknya keumuman curug dan spot air terjun, jika musim kemarau debit air di curug ini berkurang namun terlihat jernih dan segar. Sebaliknya ketika musim penghujan debit airnya bertambah namun terlihat keruh. Keindahan panorama alam di sekitar lo

kasi air terjun ini terlihat begitu indah dan mampu menghipnotis para pengunjung yang datang ke sana.

44. Kedung Bendo

Kedung Bendo

Kedung Bendo

Kedung Bendo

Air terjun Kedung Bendo merupakan salah satu obyek wisata yang berlokasi di Desa Prangkokan, Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Di lokasi air terjun ini para pengunjung bebas bermain air dan berenang sepuasnya.

Tapi ingat, kedalaman Air Tejun Kedung Bendo ini berkisar 3 meter, sehingga para pengunjung yang hendak berenang haruslah betul-betul mahir berenang agar tidak tenggelam.

45. Grojogan Lepo Dlingo

Grojogan Lepo Dlingo

Grojogan Lepo Dlingo

Grojogan Lepo Dlingo

Grojogan Lepo Dlingomerupakan salah satu obyek wisata berupa kedung atau kolam yang berlokasi di daerah Dlingo, Kabupaten Bantul.

Kondisi airnya yang sangat jernih dan pemandangan alam di sekitarnya yang sangat indah merupakan daya tarik utama dari obyek wisata ini. Para pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini bisa bermain air atau berenang sepuasnya.

46. Kedung Pengilon

Kedung Pengilon

Kedung Pengilon

Kedung Pengilon

Menghabiskan waktu dengan berenang di sebuah genangan air yang jernih tentu merupakan yang menyenangkan bukan? Nah, apabila Anda ingin menikmati nuansa yang seperti ini, maka , lokasi wisata Kedung Pengilon di Kabupaten Bantul merupakan tempat yang harus Anda kunjungi.

Kedung Pengilon sendiri adalah air terjun ymg emiliki genangan air di bawahnya. Kondisi airnya yang sangat jernih dan segar bakal membuat Anda seakan-akan tidak mau berhenti bermain air di sana.

47. Air Terjun Seribu Batu

Air Terjun Seribu Batu

Air Terjun Seribu Batu

Air Terjun Seribu Batu

Air Terjun Seribu Batu yang terletak di Dusun Cengkehan, Wukisari, Imogiri, Kabupaten Bantul, ini tadinya tidak terlalu dikenal orang. Namun karena keindahan alamnya yang masih sangat alami mulai terdengar keluar belakangan ini, maka perlahan-lahan mulai banyak wisatawan yang berdatangan ke sana.

Kondisi air terjunnya masih sangat asri dan alami, dengan air yang masih sangat segar. Dinamakan dengan seribu batu karena di sekitar lokasi jatuhnya air terjun tersebut terdapat banyak bongkahan batu-batu besar alami.

Wisata Jogja Part 14

48. Air terjun Tuwondo

 

Air terjun Tuwondo

Air terjun Tuwondo

 

Air terjun yang berlokasi di Sitimulyo, Piyungan, Bantul ini memungkinkan para pengunjung untuk bermain air dan berenang sepuasnya.

Hanya saja, dikarenakan kedalaman Air Terjun Tuwondo ini berkisar 3 meter, maka sebaiknya pengunjung yang belum mahir berenang tidak berenang di sini karena di khawatirkan bisa tenggelam. Di sekitar air terjun ini banyak terdapat spot foto menarik.

49. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang berlokasi di Desa Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini merupakan salah satu obyek wisata yang sangat indah namun tersembuyi di Gunungkidul.

Air terjun ini memiliki 6 tingkat dengan kondisi airnya yang sangat jernih dan segar. Letaknya di daerah persawahan menjadikan pemandangan alam sekitarnya begitu indah dan terlihat sangat alami.

50. Curug Banyunibo

Curug Banyunibo

Curug Banyunibo

Curug Banyunibo

Curug Banyunibo berlokasi di Kabrokan Kulon, Sendangsari, Pajangan, Bantul. Obyek wisata ini mulai hits sejak tahun 2013.

Keunggulan dari air terjun yang berukuran tinggi sekitar 10 meter ini adalah lokasinya yang terletak di tengah-tengah lebatnya pepohonan, sehingga udara di sekitarnya terasa sangat sejuk dan pemandangan alam masih sangat alami.

51. Curug Bayat

 Curug Bayat

 Curug Bayat

 Curug Bayat

Curug Bayat merupakan obyek wisata yang berlokasi di Tegalrejo, Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul. Obyek wisata ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan alami, apalagi jika para pengunjung dating ke sana di waktu siang hari.

Kondisi airnya yang sangat jernih dan segar menggelitik rasa ingin bermain air sepuasnya di kadungnya.

52. Grojogan Pucung

Grojogan Pucung

Grojogan Pucung

Grojogan Pucung

Grojogan pucung merupakan salah satu obyek wisata yang berlokasi di Pundong, Kabupaten Bantul. Kondisi airnya yang sangat segar menyebabkan para pengunjung tidak sabaran untuk segera memasukkan kakinya ke dalam keduang air terjun ini.

Pemandangan alam di sekitarnya juga sangat indah dan masih sangat alami, sehingga rugi rasanya jika tidak diabadikan dalam bentuk foto atau video.

Wisata Jogja Part 15

53. Pantai Baru

 Pantai Baru

 Pantai Baru

 Pantai Baru

Pantai Baru yang berlokasi di Poncosari, Srandakan, Bantul, merupakan salah satu obyek wisata pantai yang masih perawan karena belum banyak dikunjungi para wisatawan.

Lokasinya sangat bersih, nyaman, dan bebas dari polusi udara, sehingga udara di sekitarnya terasa sangat segar. Kerindangan pohon cemara udang di pantai ini membuat pantai ini cocok sebagai tempat piknik keluarga. Pemandangannya pun jadi makin unik dengan adanya tugu selamat datang ini.

54. Pantai Pasir Kadilangu

Pantai Pasir Kadilangu

Pantai Pasir Kadilangu

Pantai Pasir Kadilangu

Pantai Pasir Kadilangu yang berlokasi di Kulon Progo merupakan sebuah tempat wisata romatis dan salah satu spot foto terbaik saat ini.

Sejak dibuka pada pada bulan mei tahun 2016 lalu, Pantai Pasir Kadilangu ini langsung populer khususnya dikalangan anak-anak muda. Akses menuju Pantai Pasir Kadilangu tergolong cukup mudah karena kondisi jalannya bagus dan mudah dijangkau.

55. Pantai Baros

Pantai Baros

Pantai Baros

Pantai Baros

Nama Pantai baros mungkin masih terdengar baru untuk obyek wisata jogja. Tapi jangan salah, karena obyek wisata yang terletak di Tirtohargo, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul ini memiliki sebuah keunggulan tersendiri, yaitu para pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbenam dengan sempurna.

Apalagi lokasi pantai ini terletak di kawasan hutan mangrove, sehingga pemandangan alam di sekitarnya sangat eksotis.

56. Pantai Parangendog

 Pantai Parangendog

 Pantai Parangendog

 Pantai Parangendog

Pantai Parangendog berlokasi diDesa Girijati, Purwosari, Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Parangtritis.

Disebut dengan Parangendog karena menurut cerita beberapa waktu yang lalu ditempat ini banyak ditemukan batu dengan bentuk menyerupai telur atau endog dalam bahasa jawa, serta di sekitarnya banyak terdapat batu-batu karang yang menjorok kelaut yang oleh penduduk setempat diistilahkan dengan parang, maka jadilah nama pantai ini menjadi Pantai Parangendog.

57. Gumuk Pasir

Pasir Gemuk

Pasir Gemuk

Pasir Gemuk

Pernahkah Anda berfikir untuk berselancar di atas pasir? Ya, Anda tidak salah dengar. Kalau selama ini orang berselancar di atas air, maka di Parangkusumo ada sebuah lokasi wisata yang bernama Gumuk Pasir.

Di lokasi ini para pengunjung bias berselancar di atas pasir atau sandboarding.

Wisata Jogja Part 16

58. Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta

Tugu jogja juga dikenal dalam sejarah dengan nama Tugu Golong Gilig atau Tugu Pal Putih. Tugu Jogja bukanlah tugu biasa, melainkan tugu yang penuh dengan kisah dan sejarah yang panjang.

Tidak heran jika tugu ini kemudian menjadi ikon istimewa yang dimiliki oleh Kota Yogyakarta. Tugu Jogja dibangun pada tahun 1755 oleh pangeran Raden Mas Sujana atau Sri Sultan Hamengkubuwono pertama sebgai peringatan persatuan raja dan rakyat dalam melawan Belanda pada saat itu.

59. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro

Jalan Malioboro

Jalan Malioboro

 

 

Setiap orang yang berkunjung ke Jogja rasanya tidak akan lengkap kalau tidak berkunjung ke Jalan Malioboro.

Jalan yang kemudian menjadi salah satu ikon Kota Jogja ini membentang dari Stasiun Tugu hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta atau yang dikenal dengan Titik Nol Km Jogja. Setiap hari di jalan ini dipadati oleh para wisatawan maupun warga yang menetap di Jogja.

60. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Parangtritis, salah satu obyek wisata pantai yang paling digemari oleh para wisatawan.

Pantai yang berlokasi di Kabupaten Bantul ini bahkan sudah dianggap sebagai menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

61. Pantai Depok

Pantai Depok

Pantai Depok

Pantai Depok

 

Pantai Depok merupakan salah satu obyek wisata pantai yang berlokasi di Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Obyek wisata ini menjadi hits dikarenakan keberadaannya sebagai pusat kuliner laut di Kabupaten Bantul.

Tidak heran jika di musim liburan kawasan Pantai Depok sangat ramai dikunjungi wisatawan yang sengaja datang untuk mencicipi hidangan laut.

62. Kraton Jogja

Kraton Jogja

Kraton Jogja

Kraton Jogja

Keraton Jogja yang asalnya merupakan kediaman Sultan Jogja beserta keluarganya ini menjadi salah satu obyek wisata yang paling digemari di Kota Jogja. Uniknya, roda pemerintahan di Kota Jogja tidak dipegang oleh gubernur, tetapi Sultan.

Hingga saat ini kota kaya seni budaya dengan kejayaan masalalunya ini seakan menjadi magnet yang menarik bagi wisatawan untuk datang dan datang lagi.

Wisata Jogja Part 17

63. Air Terjun Sri Gethuk

.Air Terjun Sri Gethuk

. Air Terjun Sri Gethuk

. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk ini mulai dikenal di kalangan para wisatawan sejak tahun 2010 silam. Fasilitas pendukung wisata yang disediakan di kawasan objek wisata ini cukup lengkap.

Jika Anda ingin merasakan segarnya air disana namun tak bisa berenang, pihak pengelola sudah menyiapkan alat pelampung. Namun Anda harus menyewa pelampung ataupun ban dengan kisaran harga 10.000 rupiah.

64. Goa Pindul

Goa Pindul

Goa Pindul

Goa Pindul

Goa Pindul merupakan salah satu obyek wisata susur goa alam menggunakan ban atau cave tubing. Obyek wisata ini berlokasi di Desa Bejiharjo, Kabupaten Gunungkidul.

Keberadaan obyek wisata ini tidak hanya terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan sudah mendunia. Di dalam Goa Pindul terdapat sebuah stalagtit yang sudah menyatu dengan stalagmit sehingga tampak seperti sebuah pilar dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa.

65. Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru

Kalibiru merupakan destinasi wisata yang paling populer di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta, terletak di Hargowilis Kokap Kulon Progo,

akhir-akhir ini wisata Kalibiru menjadi sangat terkenal dan menjadi buah bibir dikalangan para pemburu destinasi pariwisata di Yogyakarta.

66. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg yang berlokasi dekat dari Kraton Yogyakarta ini merupakan salah satu bangunan peninggalan kolonial Belanda di Kota Pelajar tersebut. Sejarah keberadaan benteng ini merupakan daya tarik utama para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Sejak dijadikan sebagai museum yang berisi beragam karya seni, patung, bangunan, serta berbagai macam senjata peninggalan jaman Belanda, menjadikan Benteng Vredeburg selalu dipadati pengunjung. Bahkan sekolah-sekolah dari dalam Jogja maupun luar Jogja seringkali menjadikan kunjungan ke Benteng Vredeburg sebagai wisata pendidikan.

67. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti Gunungkidul adalah salah satu obyek wisata pantai yang paling hits dan di Kota Jogja. Tidak hanya terkenal dikalangan wisatawan domestik, bahkan hingga mancanegara.

Lokasi pantainya sangat indah dan sering dikunjungi oleh pasangan muda-mudi, sehingga sering disebut-sebut sebagai pantai romantis. Berikut kami sertakan artikel lebih lengkapnya mengenai pantai indrayanti di sini : Pantai Indrayanti : Lokasi, Tiket Masuk, Peta & Harga Penginapannya Lengkap.

Wisata Jogja Part 18

68. Pantai Siung

Pantai Siung

Pantai Siung

Pantai Siung

Satu lagi obyek wisata pantai di kawasan Gunungkidul yang lagi hits saat ini adalah Pantai Siung. Obyek wisata ini sering dipadati oleh para wisatawan yang berkunjung ke sana khususnya di hari-hari libur.

Keunggulan dari Pantai Siung adalah hamparan pasir putihnya yang membentang di sepanjang pantai, sehingga terlihat sangat indah dan mempesona. Ditambah lagi akses menuju lokasi pantai ini cukup mudah dan kondisi kawasan pantainya masih cukup terjaga kebersihanya.

69. Pantai Timang

Pantai Timang

Pantai Timang

Pantai Timang

Pantai Timang merupakan salah satu obyek wisata pantai yang berada di kawasan pantai indah Gunungkidul.

Perjalanan yang harus dilalui untuk sampai ke kawasan pantai ini cukup menantang, karena kondisi jalanan yang akan dilewati sangat terjal dan dipenuhi dengan bebatuan tajam seperti pecahan karang. Belum lagi medan jalannya bergelombang naik turun, cukup menguji adrenalin Anda. Jadi, bagi Anda yang senang dengan tantangan, saatnya menguji nyali Anda.

70 . Pantai Nglambor

 Pantai Nglambor

 Pantai Nglambor

 Pantai Nglambor

Satu lagi obyek wisata pantai yang juga masuk dalam kawasan Gunungkidul, yaitu Pantai Nglambor. Pantai ini terlihat sangat cantik karena dikelilingi kelilingi oleh dua bukit kapur yang terlihat mempesona dan sangat indah.

Para pengunjung bisa naik ke bukit tersebut untuk menikmati pemandangan di sekitar pantai sepuasnya, atau sekedar mencari titik fokus pengambilan foto dan video yang menarik dari sana.

Berikut anda dapat melihat ulasan selengkapnya di sini, ini linknya : Wisata Pantai Nglambor Jogja Liburan Asyik Ditemani Kura-Kura Raksasa

71. Upside Down World Jogja

Upside Down World Jogja

Upside Down World Jogja

Upside Down World Jogja

Konsep obyek wisata Upside Down World Jogja berupa tempat tinggal atau rumah yang dilengkapi dengan berbagai ruangan seperti ruang tamu, dapur, ruang makan.

Tentunya semua dalam keadaan terbalik. Tercatat ada delapan spot foto yang tersedia di Upside Down World Jogja ini, mulai dari ruang 3D, master bed room, kids room, dinning room, living room, kitchen, laundry room, serta bathroom.

72. Sindu Kusuma Edupark

 

 Sindu Kusuma Edupark

 Sindu Kusuma Edupark

 Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark merupakan obyek wisata yang berlokasi di Kabupaten Sleman, tepatnya di Jalan Magelang Km.2. Meskipun obyek wisata ini baru diresmikan dan dibuka pertama kali pada tanggal 20 Desember 2014 lalu, tapi obywk wisata ini langsung ngehits.

Soalnya, di Sindu Kusuma Edupark terdapat beragam wahana yang disediakan untuk orang dewasa dan anak-anak, termasuk termasuk bianglala raksasa, zipline, & Segway.

Wisata Jogja Part 19

73. Jogja Bay Water Park

 Jogja Bay Water Park

 Jogja Bay Water Park

 Jogja Bay Water Park

Jika Anda berkunjung ke Kota Jogja, pastikan Anda tidak melewatkan kunjungan ke Jogja Bay. Sebab, obyek wisata ini merupakan waterpark terbesar di Indonesia dengan luas 7,7 hektar.

5 hektar diantaranya digunakan sebagai area utama dan 2,7 hektar untuk area hijau dan lahan parkir. Di kawasan wisata ini terdapat 19 wahana permainan yang bakalan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun dijamin akan betah bermain di wahana-wahana yang disediakan khusus untuk mereka.

74. Pasar Bringharjo

Pasar Bringharjo

Pasar Bringharjo

Pasar Bringharjo

 

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa seseorang belumlah dianggap berwisata ke Jogja jika tidak berkunjung ke kawasan Malioboro. Setibanya Anda di Malioboro, jangan lewatkan kunjungan ke pasar tradisional di sana yang bernama Pasar Beringharjo.

Keberadaan pasar ini sudah menjadi pusat kegiatan perekonomian di Kota Jogja selama ratusan tahun. Terdapat beragam jualan menarik khas Jogja yang bisa Anda beli di sana, mulai dari makanan seperti geplak, dodol, hingga barang-barang khas seperti batik.

75. Wisata Malam Alun-Alun Selatan

 Wisata Malam Alun-Alun Selatan

 Wisata Malam Alun-Alun Selatan

 Wisata Malam Alun-Alun Selatan

Alun-alun Selatan Kota Jogja merupakan salah satu primadona wisata malam bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Pelajar ini.

Di tempat ini Anda bisa berwisata kuliner sepuasnya atau menikmati sensasi sepeda gembira yang mengantarkan Anda bersama keluarga untuk mengelilingi Alun-alun Selatan Yogyakarta.

76. Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung merupakan salah satu obyek wisata pantai lainnyayang juga berada di kawasan pantai Gunungkidul. Jika kawasan pantai lainnya umumnya memiliki pasir putih di bibir pantai, maka di kawasan Pantai Watu Lumbung ini yang terlihat adalah batuan karang yang tersebar di sekitar pantai.

Sesekali ombak akan menerjang batu karang dan kemudian terhempas ke lautan. Lokasi pantai ini sangat cocok digunakan untuk memancing. Karenanya, jangan heran jika setibanya Anda di lokasi pantai tersebut, mungkin saja Anda akan menjumpai orang-orang yang lagi asik memancing.

77. Pantai Sundak

Pantai Sundak

Pantai Sundak

Pantai Sundak

Satu lagi obyek wisata pantai yang berada di kawasan Gunugkidul, yaitu Pantai Sundak. Pantai ini sangat cantik dan eksotis dikarenakan keindahan hamparan pasir putihnya yang membentang di sepanjang pantai.

Kondisi airnya sangat bersih dan jernih, sehingga terasa segar dan menyejukkan pandangan mata.

Wisata Jogja Part 20

78. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan merupakan salah satu obyek wisata yang berlokasi di Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini tidak saja memiliki hamparan pasir putih yang terlihat indah, tetapi juga pemandangan alam bawah lautnya bakalan membuat siapapun yang melihatnya akan terpesona.

Kawasan pantai ini belum begitu terjamah orang, sehingga sangat cocok digunakan bagi Anda untuk menyegarkan pikiran dan meringankan beban akibat padatnya rutinitas harian. Selain enak sebagai tempat untuk refresing, di pantai ini juga Anda bisa mencoba aktivitas snorkeling di sekitas pesisir pantai ini.

79. Museum De Mata

Museum De Mata

Museum De Mata

Museum De Mata

Museum De Mataatau yang juga disebut dengan De Mata Trick Eye Museum berlokasi di Jl. Veteran, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta City. Obyek wisata ini menawarkan keunikan berupa gambar tiga dimensi yang berjumlah sekitar 120 gambar.

Di museum ini, salah satu kegiatan yang wajib dilakukan pengunjung adalah berpose dan berfoto. Dengan berpose dan mengabadikannya dalam foto, maka kesan tiga dimensi pada gambar-gambar tersebut tampak begitu jelas.

80. Museum De Arca

Museum De Arca

Museum De Arca

Museum De Arca

Museum Patung De Arca atau sering juga disebut dengan De ARCA Statue Art Museum merupakan obyek wisata yang berlokasi di Jalan Veteran, Pandeyan, Umbulharjo, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Di lokasi ini terdapat beragam patung lilin hasil karya seniman Jogja.

Museum ini dibagi menjadi beberapa area, salah satunya adalah area tokoh dan selebriti Internasional. Di area ini Anda bisa melihat berbagai jenis patung lilin superhero seperti Hulk, Captain Amerika, Spiderman, serta Iron man versi jawa, serta patung lilin tokoh-tokoh dunia berupa presiden dan menteri dari berbagai negara.

81. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta merupakan salah satu obyek wisata edukasi atau pendidikan yang berlokasi di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Gondomanan, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Lokasi wisata ini merupakan tempat wisata edukasi yang paling sering dikunjungi di Kota Pelajar ini.

Jika belum mengunjungi tempat wisata yang satu ini rasanya Anda belum dikatakan mengunjungi Kota Yogyakarta dikarenakan begitu populer obyek wisata ini. Berkunjung ke Taman Pintar Yogyakartalebih cocok jika bersama keluarga, karena memang obyek wisata ini memang diperuntukkan memberikan pendidikan sambil bermain bersama keluarga dan anak-anak.

82. Taman Sari Jogja

Taman Sari yang berlokasi di Jalan Taman, Kota Yogyakarta ini merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata bersejarah yang ada di sana. tempat ini berlokasi tepat di Jalan Taman, Yogyakarta.

Taman Sari ini sebenarnya merupakan bekas taman Keraton Yogyakarta yang dibangun pada masa kerajaan Sri Sultan Hamengku Buwono I (1758-1765). Tidak heran jika aksesnya saat ini sangat dekat dari Keraton Yogyakarta, hanya membutuhkan waktu berkisar 15 menit saja dari alun-alun utara keraton.

Wisata Jogja Part 21

83. Taman Tino Sidin

Bagi Anda yang sering menonton acara televisi ‚ÄúGemar Menggambar‚ÄĚ yang popular di era 80-an tentu tidak asing dengan sosok seniman yang bernama Tino Sidin.

Ya, beliau merupakan pemateri utama acara tersebut. Nah, Taman Tino Sidin ini diambil dari nama seniman tersebut.

84. Titik Nol KM Jogja

Sebenarnya istilah Titik Nol KM Jogja adalah sebutan untuk kawasan perempatan yang berada di Kantor Pos Besar Yogyakarta. Di kawasan ini juga terdapat Gedung BNI, Gedung Agung, Benteng Vredeburg, Monumen Batik, serta Monumen Serangan Oemoem 1 Maret.

Kawasan ini sangat terkenal di Kota Jogja, tidak heran jika selalu dipadati masyarakat baik untuk tempat nongkrong, kumpul bareng komunitas ataupun mengadakan pertunjukan seni untuk memperlihatkan aksi kebolehan masing-masing.

85. Pantai Sedahan

Satu lagi obyek wisata pantai yang tersembunyi di kawasan Gunungkidul, yaitu Pantai Sedahan. Lokasi pantai ini bersebelahan dengan pantai Greweng dan berada sekitar 3 km di sisi timur tenggara Pantai Wediombo.

Keunggulan dari obyek wisata ini adalah hamparan pasir putihnya yang sangat lembut dan membentang di sekeliling pantai. Pantai ini bisa menjadi alternatif lokasi berkemah dan spot memancing. Kondisi pantai ini masih cukup alami dan belum ada pembangunan kawasan wisata di sana.

86. Bukit Bintang Jogja

Nama Bukit Bintang Jogja sangat tenar di kalangan anak-anak muda. Betapa tidak, obyek wisata ini merupakan salah salah satu tempat nongkrong favorit di Kota Jogja.

Jika Anda berkunjung ke Kota Jogja akan terasa rugi jika Anda melewatkan kunjungan ke sana. Jika malam hari tiba, dari atas bukit ini Anda bisa menikmati indahnya gemerlap lampu-lampu rumah warga sekitar yang terlihat seperti taburan bintang-bintang gemerlap.

Untuk info lebih lengkapnya, Anda bisa mengunjungi link menuju artikel bukit bintang jogja berikut ini. Ini link nya: Bukit Bintang Jogja Spot Terbaik Menikmati Panorama Malam Dari Ketinggian!

87. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi (MGM) yang terletak di kawasan lereng selatan Gunung Merapi merupakan salah satu kawasan wisata yang hits di Kota Jogja.

Sejak diresmikan pada tanggal 1 Desember 2009 oleh Bapak Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Purnomo Yusgiantoro, obyek wisata ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan yagn berdatangan untuk menyaksikan display tipe letusan gunung api, bebatuan dari Gunung Merapi sejak tahun 1930, koleksi benda-benda sisa letusan tahun 2006, hingga koleksi foto-foto Gunung Merapi dari zaman ke zaman. Semua obyek tersebut dipajang sedemikian rupa sehingga mudah diamati.

Wisata Jogja Part 22

88. Blue Lagoon Jogja

Pemandian Tirta Budi atau yang lebih dikenal dengan Blue Lagoon merupakan salah satu tempat wisata pemandia yang terletak di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.

Apabila Anda tertarik untuk mengunjunginya lokasinya tiddak begitu sulit untuk dicari, jika Anda berangkat dari arah Jogja Kota Anda cukup mengarahkan kendaraan Anda ke jalan kaliurang yang berada di sebelah Utara Kota Jogja.

89.Desa Wisata Alam Candi Abang

Desa Wisata Alam Candi Abang merupakan obyek wisata yang tepat untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin menikmati nuansa alam pedesaan.

Keindahan pemandangan alam desa di atas bukit merupakan daya tarik utama yang menyebabkan banyak orang berdatangan ke lokasi wisata ini.

89.Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali (MONJALI) merupakan salah satu obyek wisata bersejarah yang ada di Jogja.

Keberadaan monumen ini merupakan lambang kembalinya Pemerintahan Republik Indonesia yang ditandai dengan ditarik mundurnya pasukan Belanda dari Kota Jogja pada tanggal 29 Juni 1949. Pada saat itu juga Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta dan pejabat lainnya kembali ke Jogja pada tanggal 06 Juli 1949 dari pengungsian.

90. Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang merupakan salah satu obyek wisata yang unik dan menarik karena merupakan perpaduan antara wisata air dan wisata alam. Obyek wisata ini langsung dikelola dan dikembangkan oleh Dinas Pariwisata Sleman, Yogyakarta. Tlogo Putri Kaliurang merupakan sebuah embung yang dilengkapi dengan persewaan kano dan bebek air.

Selain itu, ada beberapa wahana permainan unik lainnya seperti jungkat jungkit, flying fox, bianglala, ayunan dan beberapa permainan lainnya.

91. Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Air Terjun Tlogo Muncar merupakan salah satu obyek wisata yang berlokasi di bawah kaki gunung Merapi, tepatnya di Jalan Seturan Raya, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman. Ketinggian air terjun ini berkisar 30-45 meter yang sumber airnya dari lereng Bukit Plawangan.

Namun dikarenakan Gunung Merapi merupakan gunung yang gersang dan jarang adanya vegetasi tumbuhan, sehingga debit Air Terjun ini sangat sedikit, bahkan terkadang tidak ada sama sekali pada saat kemarau panjang.

92. Taman Tebing Breksi

Taman Tebing Breksimerupakan salah satu obyek wisata unik yang berlokasi di Sambirejo, Prambanan, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman. Keunikan tempat wisata ini dikarenakan tebing sebagai obyek wisatanya.

Tebing yang tampak bagai mahakarya seni raksasa ini diresmikan oleh Gubernur D.I Yogyakarta pada 30 Mei 2015. Bagi para pengunjung yang senang dengan kegiatan panjat tebing dan sepeda gunung, obyek wisata ini merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Wisata Jogja Part 23

93. Museum Ullen Sentalu

Keunggulan obyek wisata Jogja tidak terbatas pada wisata pantai dan wisata alam saja. Wisata museum juga merupakan salah satu obyek wisata yang sangat menarik di Kota Jogja.

Salah satunya adalah Museum Ullen Sentalu. Di lokasi wisata ini Anda bisa menambah pengetahuan tentang seni dan budaya jawa khususnya sejak jaman Kerajaan Mataram, disamping keindahan alam sekitarnya yang sangat indah dipandang mata.

94. Wisata Edukasi Omah Salak

Tentu Anda sudah pernah melihat atau memakan Salak Pondoh bukan? Nah, Salak Pondoh ini merupakan buah andalan khas Kota Yogyakarta. Jika Anda ingin mengetahui proses panen hingga menikmati aneka olahan Salak Pondoh, maka wisata Edukasi Omak Salak merupakan pilihan yang tepat.

Sejak tahun 70-an wilayah Turi yang terletak di lereng Gunung Merapi Sleman telah terkenal sebagai penghasil salak. Tanahnya yang berpasir menyebabkan lokasi ini sangat cocok untuk menanam pohon salak. Selain menghasilkan salak, wisata edukasipun kini di kembangkan di Turi.

95. Cave Tubing Kalisuci

Goa Kalisuci merupakan salah satu obyek wisata Cave Tubing yang berlokasi di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul.

Obyek wisata ini berupa goa karst yang memiliki sungai bawah tanah Goa Kalisuci atau Cave Tubing Kalisuci terletak sekitar 10 kilomater dari kota Wonosari atau 60 kilometer dari Kota Yogyakarta. Perjalan ke sana membutuhkan waktu berkisar 1.5 ‚Äď 2 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta.

96. Pantai Ngetun

Satu lagi obyek wisata pantai yang terletak di Kabupatan Gunungkidul yang memiliki hamparan pasir putih halus, yaitu Pantai Ngetun. Saking halusnya hamparan pasirnya, para pengunjung bisa berjalan-jalan di sekitar pantai meskipun tidak memakai alas kaki tanpa harus khawatir kakinya terluka.

Di sekitar Pantai Ngetunterdapat tebing yang bebatuan terlihat sangat eksotis dan mempesona. Pantai ini tergolong dalam daftar pantai yang masih perawan di Gunungkidul.

Wisata Jogja Part 24

97. Pantai Kayu Arum

Meskipun Pantai Kayu Arum tidak setenar pantai-pantai lainnya di kawasan Gunungkidul, tapi bukan berarti pantai ini tidak pantas untuk dikunjungi. Bahkan, pengunjung yang menginginkan suasana yang tenang sangat cocok datang ke pantai ini.

Panorama alam di sekitar pantai ini sangat indah dan eksotis. Bentangan pasir pantainya cukup besar, sehingga cocok untuk camping dan bermain bola. Jika air laut sedang surut para pengunjung bisa melihat jelas ikan-ikan hias air laut di bibir pantai.

98. Goa Jomblang

Goa Jomblang berlokasi di kawasan pegunungan karts Gunungkidul. Obyek wisata ini berupa gua vertikal dengan hutan purba yang rapat di dasarnya.

Di dalamnya terdapat lorong sepanjang 300 m yang dihiasi dengan ornamen gua yang indah, yang dari bagian atasnya terpancar cahaya yang sangat indah.

99. Green Village Gedangsari

Green Village Gedangsari yang berlokasi di daerah perbukitan Gunungkidul merupakan salah satu obyek wisata yang menawarkan panorama alam yang indah dan mempesona di sekitarnya.

Di lokasi ini pengunjung bisa menyaksikan indahnya perbukitan hijau yang eksotis dan super indah, mirip dengan pemandangan perbukitan di New Zealand.

100. Gunung Api Purba

Gunung Api Purba adalah sebuah obyek wisata yang berlokasi di Pegunungan Nglanggeran. Gunung ini berbentuk bongkahan batu andesit raksasa dengan panjang bentangan berkisar 800 meter dan tinggi 300 meter.

Lokasi wisata ini mulai hits dikarenakan keindahan lokasinya mulai terekspos ke luar. Dari lokasi ini pengunjung bisa menyaksikan keindahan sunrise dan sunset dengan sangat jelas. Di lokasi ini juga disediakan pendopo yang berbentuk joglo sebagai tempat beristirahat bagi para pengunjung.

Wisata Jogja Part 25

101. Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok ini adalah sebuah obyek wisata pantai yang menyajikan pemandangan indah dengan nuansa yang masih sangat alami dan eksotis. Lokasinya yang belum begitu terjangkau oleh orang menjadikan kawasan pantai ini masih sangat bersih.

Dinamakan dengan Watu kodok disebabkan batu karang yang tajam dan indah yang ada di pantai ini menyerupai bentuk hewan kodok.

102. Pantai Jogan

Meskipun nama Pantai Jogan yang juga berada dalam kawasan Pantai Gunungkidul ini belum begitu terkenal orang, bukan berarti lokasinya tidak menarik untuk dikunjungi.

Bahkan, keindahan obyek wisata ini bakal membuat para pengunjung betah berlama-lama di sana. Keunikan dari Pantai Jogan adalah adanya air terjun yang langsung jatuh bebas dari atas tebing ke bibir pantai Jogan.

103. Telaga Biru Semin

Telaga Biru yang awalnya adalah sebuah genangan air yang mengisi kolam-kolam galian tambang batu ini kini berubah menjadi deretan embung yang indah. Saking indahnya, Telaga Biru yang berlokasi di puncak Bukit Ngentak, Kab.

Gunungkidul ini mulai ramai didatangi para pengunjung yang ingin menyaksikan keindahannya sekaligus menjadikannya sebagai spot foto menarik.

104. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok merupakan obyek wisata pantai yang memiliki pemandangan alam di sekitarnya yang masih terlihat asri dan alami. Hamparan pasir putih di bibir pantai yang membentang sepanjang pantai merupakan daya tarik utama dari obyek wisata ini.

Sangat disayangkan jika Anda tidak berkunjung ke pantai ini saat ada di Gunungkidul. Butuh perjuangan untuk sampai ke lokasi Pantai Jungwok ini. Pasalnya, akses menuju lokasi pantai ini hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki karena kendaraan bermotor belum bisa masuk.

105. Hutan Wanagama

Awalnya Hutan Wanagama adalah sebuah lahan tandus, gersang, dan panas. Setelah direboisasi atau penanaman pohon kembali yang dilakukan oleh akademisi dari Fakultas Kehutanan

Universitas Gadjah Mada dibantu warga setempat sejak tahun 1964, kini terlihat hasilnya berupa hutan indah yang ditumbuhi beragam tanaman rindang dan lebat, layaknya sebuah hutan dengan beragam kekayaan hayati di dalamnya.

Wisata Jogja Part 26

106. Pantai Sarangan

Pantai Sarangan yang berlokasi di kawasan pantai Gunungkidul merupakan teluk kecil yang melengkung dengan garis tepi pantai yang relative pendek, hanya berkisar 200 meter saja.

Meskipun demikian, panorama alam di sekitar pantai ini sangat indah mempesona. Di kanan-kiri pantai berupa tebing sekaligus menjadi sebuah pembatas dengan Pantai Krakal yang berada di dekatnya.

107. Bukit Sarangan

Bukit Sarangan berlokasi di kawasan Pantai Krakal dan Pantai Sarangan. Dinamakan demikian karena di bukit ini terdapat sebuah goa yang menghadap ke laut lepas dan merupakan tempat bersarangnya burung-burung walet di kawasan ini.

Keunggulan obyek wisata ini dikarenakan dari atas bukit tersebut pengunjung dapat menyaksikan keindahan sunset dan sunrise. Posisi Bukit Sarangan agak menjorok ke laut, sedangkan di samping kanan dan kirinya dikelilingi oleh laut, sehingga pengunjung betul-betul bisa menikmati keindahan sunset dan sunrise sepuasnya.

108. Embung Batara Sriten Gunung Kidul

Embung Batara Sriten adalah salah satu obyek wisata yang berlokasi di Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul.

Obyek wisata yang diresmikan pada tanggal 17 Maret 2015 oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamenkubuwono X ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan eksotis. Posisinya berada di puncak gunung, tidak heran jika udara disekelilingnya terasa sangat segar.

109. Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang merupakan salah satu obyek wisata yang unik. Sebab, air terjun ini memiliki karakteristik batu-batuan yang sekilas terlihat mirip dengan Grand Canyon di Negara AS.

Batu batuan ini terbentuk oleh erosi air sungai menjadi sebuah lapisan batuan yang bergaris-garis dan sangat menarik.

110. Pantai Sadeng

Pantai Sadeng merupakan sebuah objek wisata pantai terletak di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Keunggulan pantai ini terletak pada airnya yang sangat jernih, sehingga mengundang siapapun yang melihatnya untuk menceburkan diri di dalamnya.

Di kawasan pantai ini para pengunjung bisa memancing, wisata kuliner, serta naik kapal ke tengah laut.

111. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan merupakan sebuah obyek wisata yang berlokasi di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, berjarak kurang lebih 30 km di sebelah selatan kota Wonosari. Obyek wisata ini menawarkan keindahan pemandangan laut dan beragam gugusan batu karang membentuk sebuah teluk yang di kelilingi oleh bukit karang tersebut.

Hamparan pasir putihnya yang membentang di sepanjang pantai terlihat sangat indah dan mempesona. Suasana deburan ombak yang menerpa dinding perbukitan batu karang dan semilir angin yang berhembus menjadikan siapapun yang berada di sana serasa enggan untuk pulang.

Wisata Jogja Part 27

112. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran merupakan salah satu obyek wisata yang berlokasi di Nglanggeran, Patuk, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi ini membutuhkan sedikit perjuangan karena harus mendaki puluhan anak tangga yang berkelok-kelok.

Rasa penat dan letih akibat perjalanan tadi akan segera terobati ketika pengunjung sudah berada di lokasi dan menyaksikan keindahan telaga buatan yang eksotis tersebut serta panorama alam di sekitarnya. Di lokasi ini pengunjung juga akan disuguhi keindahan pemandangan gugusan batu raksasa yang membentuk Gunung Api Purba Nglanggeran.

113. Pantai Slili

Pantai Slili merupakan salah satu obyek wisata pantai yang masuk dalam jajaran pantai-pantai di kawasan Gunungkidul. Keindahan pantai yang berdekatan dengan Pantai Sadranan ini memiliki pemandangan alam sekitarnya yang sangat eksotis.

Hamparan pasir putihnya terlihat indah membentang di sepanjang pantai. Bebatuan karang di sekitar pantai ini terlihat sangat indah dan merupakan spot foto menarik.

114. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal merupakan salah satu obyek wisata pantai yang terkenal dan masuk dalam jajaran pantai Gunungkidul. Pantai yang berlokasi dekat dari Pantai Indrayanti ini memiliki beragam keunggulan, diantaranya adalah hamparan pasir putihnya yang sangat bersih dan membentang di sepanjang garis pantai yang cukup panjang.

Di kawasan pantai ini juga terdapat sebuah bukit yang dapat dinaiki oleh wisatawan untuk pengambilan gambar yang indah. Lokasi pantai ini juga cocok digunakan camping.

115.  Gunung Ireng Yogyakarta

Gunung Ireng adalah sebuah obyek wisata yang berlokasi di Pengkok, Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Dinamakan Gunung Ireng yang dalam bahasa jawa bermakna Gunung Hitam disebabkan karena di gunung ini terdapat bebatuan berwarna hitam yang membentang dari Timur ke barat bukit ini.

Gunung Ireng ini juga dikenal dengan nama Gunung Botak karena pada puncaknya tidak adanya pohon yang tumbuh di sekitarnya. Dari atas gunung ini para pengunjung bisa menyaksikan dengan jelas indahnya hamparan pemandangan alam serta penampakan matahari terbit.

116. Pantai Watu Lawang

Satu lagi obyek wisata pantai yang masuk dalam jajaran pantai Gunungkidul yaitu Pantai Watu Lawang. Pantai yang posisinya berkisar 800 meter di sebelah timur dari Pantai Indrayanti ini menawarkan panorama alam yang indah bebatuan karang dengan kolaborasi pasir putihnya.

Keunggulan obyek wisata ini adalah adanya Goa yang berada di karang mulut pantai. Goa ini seperti memiliki sebuah pintu dan bisa dimasuki oleh pengunjung.

Wisata Jogja Part 28

117. Pantai Seruni

Pantai Seruni juga termasuk salah satu pantai dalam kawasan Gunungkidul. Keunggulan pantai ini terletak pada panorama alam sekitarnya yang sangat indah dan dilengkapi dengan deburan ombak

pantai yang memberikan kesan romantis dan suasana nyaman bagi setiap pengunjung yang datang.

118. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran merupakan obyek wisata yang berlokasi di Desa Kanigoro, Saptosari Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Posisinya berada diantara Pantai Nguyahan di sisi barat dan Pantai Ngrenehan di sisi timur.

Pantai ini berbeda dengan pantai di Gunungkidul lainnya karena di kawasannya bukan pasir putih yang ada, hanya tebing yang curam yang menjadikan pemandangannya sangat eksotis.

119. Baron Technopark

Baron Technopark merupakan salah satu obyek wisata edukasi yang berlokasi di Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Lokasinya berada di sebelah barat Pantai Baron.

Di lokasi ini sebuah jam matahari yang menjadi icon dari Baron Technopark dan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke sana.

120. Pantai Kukup

Pantai Kukup merupakan salah satu obyek wisata pantai yang memiliki hamparan pasir putih di pinggiran pantainya. Panorama alam di sekitarnya terlihat begitu indah disebabkan perpaduan bukit karang dan bukit kapur yang ada di sekitar pantai.

Satu hal yang membedakan Pantai Kukup dengan pantai-pantai lainnya di Gunung kidul adalah keberadaan sebuah batu karang raksasa yang lokasinya agak menjolok ke laut dan dihubungkan oleh sebuah jembatan.

121. Mercusuar Pantai Baron Gunung Kidul

Mercusuar Pantai Baron merupakan salah satu spot wisata menarik dan merupakan salah satu cara yang tepat untuk bisa menyaksikan keindahan Pantai Baron.

Obyek wisata ini paling banyak diminati pengunjung yang datang ke pantai Baron. Di tempat ini juga sangat cocok untuk menikmati keindahan sunset dengan sempurna karena tidak ada penghalang apapun di sekitar masrcusuar.

Wisata Jogja Part 29

122. Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu yang juga berlokasi di Gunungkidul adalah sebuah pantai yang masih sangat asri dan alami, serta belum terjamah banyak orang.

Panorama alam di sekitar pantai ini sangat indah. Suasananya yang tenang menjadikan pantai ini cocok dikunjungi para Anda yang ingin menghilangkan kepenatan akibat padatnya rutinitas harian.

123. Goa Rancang Kencono

Goa Rancang Kencono yang berlokasi di Gunungkidul merupakan sebuah goa yang unik dan terletak di kawasan pegunungan bebatuan karst Gunungkidul.

Obyek wisata ini menarik untuk dikunjungi karena banyak memiliki keistimewaan yang tidak terdapat di tempat lain.

124. Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput adalah salah satu obyek wisata pantai yang memiliki pemandangan alam yang eksotis. Sekilas dari namanya terkesan kalau banyak rumput yang tumbuh di kawasan pantai ini.

Padahal tidaklah demikian. Keunggulan pantai ini terletak pada hamparan pasir putihnya yang membentang di sepanjang pantai.

125. Gardu Pandang Mangol Kencana

Gardu Pandang Mangol Kencana tergolong obyek wisata baru yang berada di kawasan perbukitan Patuk, Gunungkidul. Dari gardu pandang ini para pengunjung dapat dengan leluasa menyaksikan panorama alam yang sangat indah membentang.

Pemandangan indah di tambah dengan semilirnya angin berhembus membuat nyaman pengunjung yang datang.

126. Pantai Sanglen

Pantai Sanglen merupakan salah satu obyek wisata pantai yang menawarkan panorama alam di sekitarnya. Pantai ini masih tergolong perawan karena belum banyak didatangi oleh para pengunjung.

Di bibir pantai para pengunjung bisa berteduh dan menikmati panorama alam yang sangat indah. Di sekitar pantai ini banyak tumbuh pohon-pohon Cemara yang cukup lebat dan juga pohon pandan yang berjajar rapi dan cukup berseni.

Wisata Jogja Part 30

127. Pantai Ngandong

Meskipun Pantai Ngandong tidak terkenal seperti Pantai Sundak atau Pantai Indrayanti, namun pesona alam dari pantai ini tidak kalah indah dari Pantai Indrayanti.

Pantai Ngandong ini berlokasi di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, atau di sebelah barat laut dari Pantai Indrayanti. Perjalanan dari Kota Yogyakarta akan memakan waktu sekitar 3 jam untuk sampai di pantai ini.

128. Pantai Drini

Pantai Drini merupakan salah satu obyek wisata pantai yang berada di kawasan Gunungkidul. Pantai Drini mempunyai dua wajah yang berbeda. Jika kita sedang berada di sebelah barat, akan terlihat tempat berlabuhnya kapal-kapal nelayan.

Karakter ombaknya cukup besar dan kedalaman air lautnya memang pas sebagi tempat berlabuhnya kapal. Jejeran kapal nelayan yang bersandar di kawasan pantai tersebut memberikan pemandangan yang unik dan menarik.

129.Tegalarum Adventure Park

Bagi Anda yang menyukai petualangan, maka Tegalarum Adventure Park merupakan obyek wisata yang cocok untuk Anda kunjungi. Di lokasi wisata ini banyak sekali yang bisa Anda dapatkan.

Tidak hanya nuansa pertualangan, pemandangan alam di sekitarnya pun terlihat sangat indah sekali, sejuk, dan sangat cocok bagi Anda yang menginginkan nuansa segar dalam perjalanan wisata Anda.

130. Pantai Baron

Pantai Baron yang juga tergolong pantai di kawasan Gunungkidul ini dikenal dengan keindahan pantainya yang sejuk, bersih dan asri.

Di kanan dan kiri pantai ini terdapat dua bukit yang indah dan sangat eksotis. Pasirnya yang berwarna putih kecoklatan serta perahu nelayan yang berjejer di pinggir pantai menambah daya tarik pantai ini.

131. Curug Tegalrejo

Curug Indah Tegalrejo berlokasi Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Posisi curug ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Bayat yang masuk ke dalam wilayah Klaten.

Di sebut Curug Bayat karena akses menuju curug ini memang lebih mudah jika melalui Bayat Klaten. Panorama alam di sekitar Curug Tegalrejo ini sangat indah. Udaranya yang sejuk dan segar bakalan membuat siapapun yang datang ke sana merasa betah untuk berlama-lama di tempat tersebut.

Wisata Jogja Part 31

132. Pantai Gesing

Pantai Gesing juga termasuk salah satu pantai dalam jajaran pantai di Gunungkidul. Lokasi pantai ini terletak di sebelah timur Pantai Kesirat.

Pemandangan alam di sekitar pantai ini sangat indah dan mempesona. Suasananya yang tenang dan damai menjadikan pantai ini cocok untuk melepaskan rasa penat dan lelah akibat padatnya rutinits harian.

133. Pantai Greweng

Pantai Greweng merupakan salah satu obyek wisata pantai yang menawarkan keindahan pantai yang sangat memuau dan berkesan. Berkemah di kawasan pantai ini bakalan memberikan pengalaman yang indah dan menarik.

Bayangkan, di pagi hari Anda akan menemukan pancaran matahari pagi yang begitu cantik. Senja berganti dengan terik matahari menambah semakin eksotisnya Pantai Greweng ini.

134. Taman Hutan Raya

Taman Hutan Raya ( Tahura) berlokasi di kawasan konservasi Hutan Bunder, Pathuk, Gunungkidul. Posisinya bersebelahan dengan kawasan Rest Area Bunder yang sering di gunakan untuk camping mahasiswa dan pelajar di Yogyakarta.

Lokasi Tahura sangat strategis dan cocok untuk di kunjungi bagi pengunjung yang suka berwisata alam.

135. Pantai Ngedan

Pantai Ngeden juga termasuk salah satu obyek wisata pantai yang berada dalam kawasan Gunungkidul.

Lokasi pantai ini masih tergolong bersih, Asri, dan alami, karena belum banyak dikunjungi para wisatawan. Di sebelah timur pantai ini terdapat Pantai Ngobaran dan di sebelah baratnya adalah Pantai Butuh.

136. Pantai Wediombo

Mengunjungi Pantai Wediombo di kawasan Gunungkidul ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas sejenak beban kehidupan dan meninggalkan suasana kehidupan perkotaan yang seringkali membuat stress.

Sebaiknya Anda berkunjung bersama keluarga ke kawasan pantai ini, karena hamparan pasir putihnya sangat cocok digunakan bermain oleh anak-anak. Di pantai ini Anda bisa menkmati keindahan alam yang eksotis, serta pasir putih dan hembusan angin pantainya terasa sejuk.

Wisata Jogja Part 32

137. Watu Giring

Watu Giring merupakan salah satu obyek wisata alam yang memiliki panorama alam yang begitu indah dan memukau.

Bagi Anda yang suka traveling untuk mengunjungi tempat yang baru, Watu Giring merupakan tempat yang bisa dijadikan pilihan untuk mengisi liburan.

140. Pantai Mbirit

Pantai Mbirit merupakan salah satu obyek wisata yang memiliki panorama alam yang masih tergolong alami dan belum banyak dijamah oleh pengunjung.

Untuk menuju ke Pantai Mbirit ini aksesnya masih sangat sulit di perlukan melewati jalanan yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki dan sangat menguras tenaga.

141. Pantai Butuh

Pantai Butuh merupakan obyek wisata yang suasana sekitarnya sangat tenang, nyaman dan sejuk. Inilah ciri khas dari pantai ini. Indahnya alam yang bercampur dengan harmoni jiwa menciptakan sebuah ketenangan.

Karenanya, Pantai Butuh merupakan pantai yang cocok dikunjungi untuk melepas lelah karna aktivitas kehidupan.

142. Watu Payung

Watu Payung merupakan salah satu obyek wisata alam yang menawarkan panorama alam yang sangat indah di sekelilingnya. Jika Anda mengunjungi obyek wisata ini di pagi hari, Anda bisa menyaksikan kabut awan yang indah.

Ketika sore menjelang, pandangan mata Anda akan disuguhi indahnya sunset yang sempurna. DI lokasi ini juga cocok digunakan sebagai tempat camping atau kegiatan outdoor lainnya.

143. Pantai Sundak

Pantai Sundak merupakan pantai yang sangat menakjubkan. Hamparan pasir putihnya begitu indah dan mempesona. Air lautnya yang sangat jernih dan segar semakin keeksotisan obyek wisata ini.

Jika Anda berjalan sekitar 40 meter dari bibir pantai ke tengah yang relatif dangkal, Anda akan menjumpai batu-batu karang kecil berjajar dan menjadi persembunyian biota-biota laut yang mungil.

Wisata Jogja Part 33

144. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat tergolongunik dan berbeda dari pantai-pantai lainnya yang berada di kawasan Gunungkidul. Biasanya pantai pada umumnya yang berhiaskan pasir putih, namun di pantai ini yang ada hanya jajaran tebing indah nan eksotis yang biasa dijadikan lokasi rock fishing.

Tidak hanya sebagai tempat memancing, pengunjung juga bisa melaksanakan aktivitas camping di atas tebing dan menikmati keindahan sunset terbaik di jogja.

145.Pantai Nguyahan

Pantai nguyahan yang juga berlokasi di kawasan gunungkidul terkenal sebagai pantai yang asri dan alami. Di hari-hari biasa tidak begitu banyak orang yang berkunjung ke pantai ini.

Pengunjung bisa duduk-duduk bersantai di gubug-gubug yang terbuat dari bambu sederhana, sembari menikmati pemandangan alam, suara deburan ombak dan sejuknya semilir angin lautan.

146. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang merupakan obyek wisata pantai yang berada pada lokasi yang sama dengan Pantai Sundak, Kukup, Indrayanti, serta Baron yang menawarkan pemandangan eksotis dan sangat indah

dikarenakan di sepanjang pantai ini terhampar pasir putih yang semakin menambah keeksotisan dan keindahan pantai ini.

147. Pantai Samas Bantul

Kabupaten Bantul seakan-akan tidak berhenti mengeluarkan berbagai obyek wisata yang ‚Äúdisembunyikannya‚ÄĚ, salah satunya adalah Pantai Samas Bantul.

Pantai yang berlokasi di Desa Srigading, Kecamatan Sanden ini memiliki ombak yang besar dan berangin kencang.

148. Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru merupakan salah satu obyek wisata pantai yang memiliki pemandangan alam indah disekelilingnya berupa pepohonan cemar yang rindang.

Para pengunjung bisa beristirahat di bawah pohon tersebut sembari menikmati keindahan pantai yang sejuk oleh semilir angin berhembus. Di sela-sela pepohonan cemara ini menjadikan pemandangan cukup menarik sehingga cocok digunakan sebagai tempat berfoto- foto.

Wisata Jogja Part 35

149. Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo merupakan salah satu obyek wisata yang memiliki hamparan pasir putih yang sangat indah dan lembut. Di atas lokasi tersebut berdiri rumah-rumah nelayan dan tempat pelelangan ikan.

Atas inisiatif warga, mulailah dikembangkan lokasi ini menjadi obyek wisata dengan menanam sebuah pohon cemara udang di sekitarnya. Tidak heran jika saat ini Pantai Pandansimo telah berubah 180 derajat menjadi sebuah tempat wisata pilihan di kota Jogjakarta yang rindang, sejuk dan nyaman.

150. Pantai Pandansari

Diantara daya tarik utama Pantai Pandasari adalah adanya mercusuar yang berdiri gagah di pinggir pantai dan antara cemara laut yang rindang. Untuk masuk ke mercusuar ini, Anda harus menaiki ratusan anak tangga yang melingkar hingga sampai kepuncak mercusuar.

Meskipun Anda harus merasakan sedikit lelah, namun begitu tiba di puncak mercusuar dan melihat pemandangan alam yang sangat indah di sekitarnya, rasa lelah Anda akan terbayar.

151. Pemandian Air Panas Parang Wedang

Pemandian Parang Wedang yang berlokasi di Pantai Parangtritis,Kabupaten Bantul, Yogyakarta, merupakan salah satu tempat wisata alternatif yang banyak dikunjungi wisatawan.

Di kawasan ini terdapat kamar-kamar rendam yang bisa digunakan pengunjung untuk berendam di air panas. Puas berendam air hangat, pengunjung bisa memesan jajanan untuk pengisi perut di lokasi jualan yang terdapat di pendopo kawasan ini.

152. Kampung Edukasi Watu Lumbung

Watu Lumbung merupakan obyek wisata yang berlokasi di Jalan Panglima Sudirman, Parangtritis, Kretek, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul. Di lokasi wisata ini para pengunjung bisa menghabiskan waktu untuk menikmati keindahan pemandangan kawasan Parangtritis dari ketinggian. Terdapat beberapa tempat kuliner unik di kawasan ini, seperti Lembayung, Kedai Wedangan, Kedai Susu, Pusat Sate Kiloan, dan yang lainnya.

153. Goa Gajah Mangunan

Goa Gajah merupakan obyek wisata berupa goa alami yang di dalamnya terdapat sebuah gumpalan batu yang bentuknya menyerupai gajah. Dari sinilah goa ini dinamakan dengan Goa Gajah.

Goa ini berbentuk horisontal dan memiliki kedalaman sekitar 200 meter. Kondisi goa ini cukup alami dengan jejeran stalaktit dan stalakmit yang berada di sepanjang goa tersebut.

Wisata Jogja Part 36

154. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan atau yang sering juga disebut dengan Hutan Pinus Imogiri merupakan bagian dari Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan.

Lokasinya tidak jauh dari Imogiri, sehingga banyak orang yang menyebut Hutan Pinus Mangunan ini dengan nama Hutan Pinus Imogiri.

155. Goa Cerme Bantul

Goa Cerme berlokasi di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Goa yang memiliki ukuran panjang 1,5 km ini memiliki daya tarik utama berupa stalagtit dan stalagmite yang sangat indah dan adanya sungai bawah tanah.

Di dekat Goa Cerme terdapat goa-goa lainnya yang lebih kecil seperti Goa Dalang, Goa Ledek, Goa Badut dan Goa Kaum. Untuk mencapai goa ini pengunjung harus menaiki tangga setinggi 759 m.

156. Makam Raja Imogiri

Berlokasi di desa Ginirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pemakaman ini dianggap suci dan sangat sakral bagi orang-orang karena yang dimakamkan disini adalah raja-raja dan keluarga kerajaan Mataram.

Hingga saat ini masih banyak para peziarah yang berdatangan dari beberapa daerah khusunya Yogyakarta dan Solo, Makam ini pertama kali dibangun pada tahun 1632 pada masa pemerintahan Sultan Agung Mataram III yakni (Prabu Hanyokrokusumo).

157. Jembatan Gantung Selopamioro

Jembatan Gantung Selopamiro, Imogiri merupakan salah satu obyek wisata yang terkenal dengan panorama alam sekitarnya yang demikian indah.

Disini Anda bisa menikmati alam sejuk dengan pemandangan air sungai yang jernih.

158.Bukit Bego Imogiri

Bukit Bego yang juga dikenal dengan nama Bukit Batu berlokasi di jalan utama menuju kebun Mangunan Imogiri yang terletak di ujung timur Dusun Kedung Buweng, Desa Wukirsari.

Bukit yang memiliki nama lain Kedung Buweng ini dulunya memiliki ketinggian yang lebih dari ketinggiannya sekarang. Namun disebabkan adanya pertambangan, bukit ini jadi lebih pendek dari aslinya.

Wisata Jogja Part 37

159. Goa Selarong Bantul

Kompleks Goa Selarong dulunya merupakan menjadi basis perjuangan Pangeran Diponegoro. Pangeran Diponegoro sendiri merupakan salah seorang dari Raja Mataram yang mengobarkan perang melawan penjajah Belanda pada tahun 1825 hingga 1830.

Keberadaan Goa Selarong merupakan bagian dari rangkaian goa yang berada di bagian selatan Kota Yogyakarta tepatnya di kecamatan Pajangan, Bantul.

160. Pantai Goa Cemara Bantul

Pantai Goa Cemara merupakan salah satu obyek pantai yang memiliki daya tarik sendiri, yaitu kerumunan pohon cemara yang terbentuk seperti goa

yang terletak di mulut goa yang yang juga merupakan gerbang masuk ke kawasan pantai.

161. Bukit Parang Endog

Kota Jogja seakan-akan tidak kehabisan tempat wisata. Salah satu tempat wisata yang juga mulai terkenal di Kota Pelajar ini adalah Bukit Parang Edong Bantul.

Dari atas bukit ini pengunjung bisa menikmati panorama alam yang begitu indah dari ketinggian dengan pemandangan pantai yang begitu cantik. Jadi jika Anda sedang berwisata ke Jogjakarta, sangat disayangkan jika tidak mengunjungi wisata bukit yang satu ini.

162. Pasar Seni Gabusan Pusat

Pasar Seni Gabusan Pusat merupakan salah satu obyek wisata berupa pasar khusus tempat berjualan aneka macam kerajinan tangan dari seniman dan industri rumahan yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya.

Obyek wisata ini dibuka pertama kali pada tahun 2004 lalu, kini pasar seni Gabusan sudah menampung 400 lebih pengrajin yang terbagi menjadi 16 Los atau petak dagang.

163. Desa Wisata Tembi

Desa Wisata Tembi merupakan obyek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi di Kota Jogja. Desa ini merupakan salah satu obyek menarik dikarenakan budayanya yang kental.

Banyak para wisatawan dalam dan luar negeri yang lebih tertarik dengan wistata budaya ketimbang wisata alam.

Wisata Jogja Part 38

164. Hutan Mangrove Pantai Congot

Hutan Magrove yang berlokasi di pantai congot ini sebenarnya adalah tempat konservasi dan bukan tempat wisata. Belakangan kemudian lokasi ini dijadikan sebagai tempat wisata karena mulai sering dikunjungi para wisatawan.

Meskipun fasilitas di lokasi ini kurang memadai, tetap pemandangan alam hutan bakaunya demikian indah dan mempesona.

165. Air Terjun Perawan Sidoharjo

Air Terjun Perawan merupakan salah satu obyek wisata air terjun yang berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten KulonProgo.

Perjalan ke lokasi wisata ini berkisar 1 jam dengan menggunakan sepeda motor. Rute terdekat menuju lokasi ini adalah Jalan Godean yang berjarak kurang lebih 29 km.

166.  Waduk Mini Kleco Kulon Progo

Waduk Mini Kleco Kulon Progo merupakan salah satu obyek wisata buatan yang berlokasi di Dusun Ngesong, Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Obyek wisata ini terletak di salah satu puncak bukit dari Perbukitan Menoreh. Di lokasi ini para pengunjung bisa menyaksikan keindahan lanskap Kota Kulon Progo yang hijau dan Waduk Mini Kleco.

167. Gunung Lanang Kulon Progo

Puncak Gunung Lanang merupakan salah satu obyek wisata yang berlokasi Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gunung ini sebenarnya sebuah bukit yang masuk ke dalam jajaran perbukitan Gunung Menoreh. Dari atas bukit ini para pengunjung bisa menyaksikan indahnya perkebunan the dan hutan pinus.

168. Goa Sriti Kulon Progo

Goa Sriti berlokasi di Kabupaten Dusun Dukuh, Kulon Progo, Sekilas goa ini terlihat biasa-biasa saja dan tidak memiliki keunggulan.

Sebenarnya daya tarik utama goa ini adalah sejarahnya. Sebab, goa ini merupakan tempat persembunyian Pangeran Diponogoro.

Wisata Jogja Part 39

169. Gunung Ijo Kulonprogo

Gunung Ijo merupakan puncak dari pegunungan Menoreh dan berbatasan langsung dengan Kulon Progo dan Purworejo.

Berwisata ke Gunung Ijo adalah salah satu cara yang yang paling tepat untuk menikmati kawasan Kulon Progo dari atas ketinggian.

170.  Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu merupakan salah satu obyek wisata yang berlokasi di Kulon Progo, tepatnya di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Yogyakarta.

Disebut dengan nama demikian karena terdapat banyak jeram yang harus dilalui air sebelum jatuh ke kolam alami di bawahnya, sehingga membuatnya terlihat seperti beberapa air terjun yang terkumpul jadi satu. Uniknya lagi, air di air terjun ini tak pernah keruh, meskipun saat musim hujan tiba.

171. Air Terjun Kedung Pedut

Kedung Pedut merupakan salah satu obyek wisata air terjun yang terdapat di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Air terjun ini menjadi ramai di media sosial kira-kira sejak tahun 2015 lalu.

Banyak wisatawan khususnya kawula muda yang mempostingnya di Instagram. Air terjun ini memang sungguh indah dan mempesona.

172. Pantai Bugel

Pantai Bugel yang berlokasi di Kabupaten Kulon progo ini dihimpit antara dua pantai, yaitu Pantai Trisik dan Pantai Glagah.

Meskipun Pantai Bugel tidak terkenal seperti pantai-pantai lainnya di Gunungkidul, namun Pantai Bugel tetap menawarkan pesona alam pantai yang indah dan menakjubkan.

173. Desa Wisata Nglingo

Desa Wisata Nglingo merupakan salah satu obyek wisata yang berlokasi di Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Posisi desa ini berada di kaki Gunung Merapi, tepatnya pada ketinggian 1000 mdpl.

Di tempat ini para pengunjung bisa merasakan sejuknya udara pegunungan sekaligus melakukan tea walk alias jalan-jalan menyusuri kebun teh.

Wisata Jogja Part 40

174. Air Terjun Setawing

Air terjun Setawing atau yang lebih sering di sebut Curug Setawing merupakan salah satu kawasan air terjun yang berlokasi di Kabupaten Kulon Progo.

Air terjun ini terletak di ketinggian perbukitan, sehingga pemandangan alam sekitarnya sangat indah dan udaranya pun sangat segar.

175. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal merupakan salah satu obyek wisata yang berada di area Perbukitan Gunung Menoreh. Kata ‚ÄúMudal‚ÄĚ merupakan nama dari sumber mata air. Arti kata ‚ÄúMudal‚ÄĚ bagi masyarakat sekitarnya bermakna air yang berkecukupan.

Mata air Sungai Mudal ini bersumber dari goa yang berada tebing Gunung Kelir. Mata air yang satu ini sangat dikenal sekali dengan ke awetan sumber mata airnya. Sebab, pada saat musim kemarau sumber mata air ini belum pernah mengalami kekeringan dan masih bisa mengaliri air untuk kebutuhan air warga setempat.

176.Embung Banjaroya

Berwisata di Waduk Banjaroya merupakan salah satu alternatif wisata pilihan untuk mneghabiskan masa-masa liburan bersama keluarga, temen atau orang terkasih.

Penampakan Patung Durian Menoreh Kuning berukuran besar yang merupakan ikon waduk ini yang akan menyapa wisatawan saat pertama kali menginjakan kaki di wisata ini .

177.Waduk Sermo

Waduk sermo merupakan salah satu obyek wisata yang berlokasi di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Waduk ini memiliki luas 157 Ha dan dikelilingi oleh perbukitan serta hijaunya pepohonan yang semakin menjadikan suasana di sekitar waduk ini sejuk meskipun siang hari.

178.Goa Kiskendo Kulon Progo

Goa Kiskendo merupakan salah satu obyek wisata yang berlokasi di Desa Jatimulyo. Lokasi obyek wisata ini berjarak kurang lebih 38 km dari kota Jogja.

Jika kalian berkunjung ke goa ini, bisa mengambil rute dari Jogja menuju arah barat atau lebih mudah lagi jika melewati Jalan Godean sampai bukit menorah, lalu ambil arah ke purworejo, Posisi Goa tepat berada di kiri atau arah selatan jalan jalur Godean-Menoreh-Kaligesing-Purworejo.

Wisata Jogja Part 41

179.Puncak Suroloyo Kulon Progo

Puncak Suroloyo adalah titik tertinggi di perbukitan Menoreh. Posisinya berada di sebelah barat Kota Jogja, dengan ketinggian 1,019 mdpl.

Puncak Suroloyo ini merupakan primadona destinasi wisata yang sering dikunjungi para wisatawan yang hendak mencari pemandangan 4 gunung sekaligus, yaitu gunung Merbabu, Merapi, Sumbing Sindoro serta indahnya kota Yogyakarta dari atas ketinggian.

180.Teh Nglinggo di Bukit Menoreh

Kebun Teh Nglinggo merupakan obyek wisata yang sangat digandrungi oleh kalangan muda. Kebun teh ini berlokasi di Desa Wisata Nglinggo dan berada pada ketinggian sekitar 800 mdpl. Pemandangan alam di sekitar kebun teh ini sangat indah dan mempesona.

Panorama alamnya yang sangat istagrammable inilah yang membuat kawula muda senang berkunjung ke lokasi ini.

181.Puncak Widosari

Gunung Widosari merupakan bukit yang cukup unik, karena bentuknya mirip kepala manusia. Kemiripan ini bisa terlihat dari adanya benjolan yang menyerupai mata, hidung, serta mulut manusia. Puncak Widosari cocok untuk kamu yang suka dengan suasana yang tenang dan sejuk.

Selain menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan, puncak Widosari juga pas buat kamu yang hobi fotografi.

182.Wildlife Rescue Centre Jogja

Wildlife Rescue Centre Jogja merupakan sebuah lembaga atau yayasan non-profit yang bergerak di bidang konservasi satwa liar yang terancam punah dan dilindungi.

Kegiatan utama di Wildlife Rescue Centre Jogja (WRC Jogja) adalah menyelamatkan dan melindungi satwa-satwa terlindung dan tempat rehabilitasi. Selain itu, tujuan lain dari berdirinya WRC Jogja adalah untuk memberdayakan masyarakat sekitar dan bersosialisasi mengenai satwa liar.

183.Puncak Gunung Lanang

Hal yang unik dan menari di Kulon Progo, Jogja adalah adanya dua tempat yang bernama Gunung Lanang.

Satunya terletak di dekat Pantai Glagah yang juga disebut Astana Jingga, dan satunya lagi yang saat ini sedang kita bahas dan terletak di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Wisata Jogja Part 42

184.Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira loka ini merupakan salah satu obyek wisata terlaris di Kota Jogja. Kebun binatang ini berdiri diatas tanah seluas 20 hektar.

Terdapat kurang lebih 100 spesies satwa di dalamnya, termasuk 61 spesies flora. Para pengunjung yang datang ke Gembira Loka tidak hanya bisa melihat beragam satwa, tetapi juga bisa menikmati wahana-wahana permainan dan taman untuk bersantai. Awalnya kebun binatang ini berfungsi sebagai tempat pememeliharaan satwa dari kerajaan Keraton Yogyakarta.

185.Pusat Kerajinan Perak

Kotagede merupakan salah satu kecamatan yang berlokasi di pusat Kota Jogja. Wilayah Kotagede berbatasan langsung dengan Kecamatan Umbulharjo dan Kabupaten Bantul di sebelah utaranya.

Lokasi ini merupakan salah satu obyek wisata yang menarik, karena para pengunjung bisa menyaksikan beragam hasil kerajinan perak yang ada di sini.

186.Kampoeng Cyber Yogyakarta

Kampoeng Cyber atau Cyber Village RT 36 Taman merupakan sebuah kampung yang unik. Sebab, kampung ini merupakan pusat akses internet yang dilengkapi dengan sebuah komputer PC yang diletakan di sebuah pos keamanan umum di kampung tersebut yang disebut Pos Siskamling.

Setiap orang bebas berkunjung dan mengakses internet di kampung tersebut.

187.Museum Affandi

Museum Affandi juga merupakan salah satu obyek wisata yang sering dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri. Bagaimana tidak, museum ini adalah galeri yang menampung berbagai hasil karya seni dari sang maestro lukis Indonesia yaitu Affandi.

Selain beragam lukisan, disini juga terdapat karya-karya seni lainnya dari beberapa seniman yang merupakan sahabat dari Affandi.

188.Masjid Kotagede Yogyakarta

Bagi para penduduk Kota Jogja, nama Masjid Kotagede tentu sudah tidak asing lagi. Sebab, masjid ini merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Kota Jogja. Masjid yang berlokasi di Kotagede ini memiliki usia yang cukup tua, bahkan lebih tua dibandingkan Masjid Agung Kauman.

Masjid ini berdiri sejak tahun 1640 an. Interior masjid ini cukup unik dan menarik, misalnya mimbar khotbah yang di ukir terlihat sangat indah, bedug yang sudah berusia cukup lama hingga ratusan tahun lamanya serta tembok berperekat air aren.

Wisata Jogja Part 42

189.Masjid Syuhada Yogyakarta

Masjid Syuhada adalah nama sebuah masjid yang sengaja diberikan oleh Presiden Soekarno kepada para pejuang yang sudah bertempur di Jogja.

Masjid ini bernama Masjid Syuhada, yang berarti masjidnya orang-orang yang syahid. Masjid ini didirikan pada tanggal 20 September 1952 setelah tujuh tahun Indonesia merdeka. Awalnya masjid ini diberi nama dengan Masjis Peringatan Syuhada, namun karena terlalu panjang maka disingkat menjadi Masjid Syuhada saja.

190.Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta

Masjid Gedhe Kauman merupakan masjid raya tertua di Indonesia. Usia masjid ini sudah mencapai lebih dari 200 tahun dan menyimpan banyak sejarah di dalamnya.

Arsitektur bangunan masjid ini sangat kental dengan nuansa kraton. Mungkin inilah yang menjadikan para wisatawan tertarik untuk berkunjung ke masjid ini, tentunya selain dari sejarahnya yang menarik.

191.Masjid Besar Pakualaman Kota Yogyakarta

Masjid Pakualaman merupakan salah satu masjid yang dikategorikan sebagai benda cagar budaya yang ada di Jogja. Masjid ini dibangun oleh Paku Alam II pada abad XIX.

Lokasi masjid ini berada di Kecamatan Pakualam, Kota Joga, tepatnya di sebelah barat laut alun-alun Sewandanan yang berada di luar kompleks Puro.

192.Maskam Ugm

Masjid Kampus UGM merupakan masjid kampus terbesar di Asia Tenggara. Masjid besar ini berdiri atas lahan berukuran 2,5 hektar dengan luas bangunan 3.142 m2. Halaman masjid kampus yang begitu luas ini dipenuhi dengan pohon-pohon palem yang berjejer rapi, sehingga terlihat sangat indah.

Bangunan masjid ini terdiri dari dua lantai. Lantai pertama khusus untuk jamaah laki-laki dan lantai kedua khusus untuk jamaah wanita. Daya tampung kedua bangunan tersebut mampu menampung sekitar 5.000 orang jamaah.

Belum lagi sayap dan halaman majid yang juga bisa digunakan sebagai tambahan tempat sholat jika diperlukan. Suasana di lingkungan masjid terasa sangat sejuk dan nyaman. Di jamin para pengunjung bakalan betah berlama-lama di lingkungan masjid ini.

Itulah 113 tempat wisata terbaru di Jogja yang ngehit minggu ini 2018. Silakan agendakan liburanmu mumpung 13 tempat tersebut masih anget di sosial media sehingga kamu tidak ketinggalan update biar tetap kekinian.