Wisata Jogja Part 36

154. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan atau yang sering juga disebut dengan Hutan Pinus Imogiri merupakan bagian dari Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan.

Lokasinya tidak jauh dari Imogiri, sehingga banyak orang yang menyebut Hutan Pinus Mangunan ini dengan nama Hutan Pinus Imogiri.

155. Goa Cerme Bantul

Goa Cerme berlokasi di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Goa yang memiliki ukuran panjang 1,5 km ini memiliki daya tarik utama berupa stalagtit dan stalagmite yang sangat indah dan adanya sungai bawah tanah.

Di dekat Goa Cerme terdapat goa-goa lainnya yang lebih kecil seperti Goa Dalang, Goa Ledek, Goa Badut dan Goa Kaum. Untuk mencapai goa ini pengunjung harus menaiki tangga setinggi 759 m.

156. Makam Raja Imogiri

Berlokasi di desa Ginirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pemakaman ini dianggap suci dan sangat sakral bagi orang-orang karena yang dimakamkan disini adalah raja-raja dan keluarga kerajaan Mataram.

Hingga saat ini masih banyak para peziarah yang berdatangan dari beberapa daerah khusunya Yogyakarta dan Solo, Makam ini pertama kali dibangun pada tahun 1632 pada masa pemerintahan Sultan Agung Mataram III yakni (Prabu Hanyokrokusumo).

157. Jembatan Gantung Selopamioro

Jembatan Gantung Selopamiro, Imogiri merupakan salah satu obyek wisata yang terkenal dengan panorama alam sekitarnya yang demikian indah.

Disini Anda bisa menikmati alam sejuk dengan pemandangan air sungai yang jernih.

158.Bukit Bego Imogiri

Bukit Bego yang juga dikenal dengan nama Bukit Batu berlokasi di jalan utama menuju kebun Mangunan Imogiri yang terletak di ujung timur Dusun Kedung Buweng, Desa Wukirsari.

Bukit yang memiliki nama lain Kedung Buweng ini dulunya memiliki ketinggian yang lebih dari ketinggiannya sekarang. Namun disebabkan adanya pertambangan, bukit ini jadi lebih pendek dari aslinya.