Wisata Jogja Part 26

106. Pantai Sarangan

Pantai Sarangan yang berlokasi di kawasan pantai Gunungkidul merupakan teluk kecil yang melengkung dengan garis tepi pantai yang relative pendek, hanya berkisar 200 meter saja.

Meskipun demikian, panorama alam di sekitar pantai ini sangat indah mempesona. Di kanan-kiri pantai berupa tebing sekaligus menjadi sebuah pembatas dengan Pantai Krakal yang berada di dekatnya.

107. Bukit Sarangan

Bukit Sarangan berlokasi di kawasan Pantai Krakal dan Pantai Sarangan. Dinamakan demikian karena di bukit ini terdapat sebuah goa yang menghadap ke laut lepas dan merupakan tempat bersarangnya burung-burung walet di kawasan ini.

Keunggulan obyek wisata ini dikarenakan dari atas bukit tersebut pengunjung dapat menyaksikan keindahan sunset dan sunrise. Posisi Bukit Sarangan agak menjorok ke laut, sedangkan di samping kanan dan kirinya dikelilingi oleh laut, sehingga pengunjung betul-betul bisa menikmati keindahan sunset dan sunrise sepuasnya.

108. Embung Batara Sriten Gunung Kidul

Embung Batara Sriten adalah salah satu obyek wisata yang berlokasi di Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul.

Obyek wisata yang diresmikan pada tanggal 17 Maret 2015 oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamenkubuwono X ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan eksotis. Posisinya berada di puncak gunung, tidak heran jika udara disekelilingnya terasa sangat segar.

109. Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang merupakan salah satu obyek wisata yang unik. Sebab, air terjun ini memiliki karakteristik batu-batuan yang sekilas terlihat mirip dengan Grand Canyon di Negara AS.

Batu batuan ini terbentuk oleh erosi air sungai menjadi sebuah lapisan batuan yang bergaris-garis dan sangat menarik.

110. Pantai Sadeng

Pantai Sadeng merupakan sebuah objek wisata pantai terletak di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Keunggulan pantai ini terletak pada airnya yang sangat jernih, sehingga mengundang siapapun yang melihatnya untuk menceburkan diri di dalamnya.

Di kawasan pantai ini para pengunjung bisa memancing, wisata kuliner, serta naik kapal ke tengah laut.

111. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan merupakan sebuah obyek wisata yang berlokasi di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, berjarak kurang lebih 30 km di sebelah selatan kota Wonosari. Obyek wisata ini menawarkan keindahan pemandangan laut dan beragam gugusan batu karang membentuk sebuah teluk yang di kelilingi oleh bukit karang tersebut.

Hamparan pasir putihnya yang membentang di sepanjang pantai terlihat sangat indah dan mempesona. Suasana deburan ombak yang menerpa dinding perbukitan batu karang dan semilir angin yang berhembus menjadikan siapapun yang berada di sana serasa enggan untuk pulang.