Islam adalah salah satu agama yang memiliki penyebaran ajaran hingga keseluruh penjuru dunia. Tak lepas dari sisi religi, Islam juga memiliki keajaiban arsitektur Masjid yang sangat menawan serta memiliki sejarah peradaban yang luar biasa mulai dari cerita, wilayah dan sejarahnya. Ada ratusan masjid yang luar biasa di seluruh Dunia yang bisa di datangi, selain untuk berwisata kita juga bisa beribadah di sana.

Sebuah masjid dapat diidentifikasi dengan fitur khas: menara yang menjulang tinggi, Beberapa ciri khas masjid besar sering dihiasi dengan air mancur, dan dihiasi mihrab hiasan, dinding yang menunjukkan arah Mekah. Karena Anda dapat menemukan masjid di seluruh dunia, kebudayaan daerah sering diwakili dalam desain. Hal ini membuat beberapa bangunan yang cukup unik dan mengesankan layak bepergian dunia.

Berikut adalah beberapa masjid di seluruh dunia yang indah dari sisi interior dan eksterior.

Masjid The Blue, Turki

Masjid Sultan Ahmed Turki

Masjid Sultan Ahmed, atau yang biasa di sebut “The Blue Mosque”. Masjid ini adalah salah satu masjid yang terkenal di Dunia. Memiliki 6 menara yang menjulang tinggi ke langit. Masjid Sultan Ahmedsangat indah bila di lihat dari sudut kota. Siapa pun yang mengunjungi masjid akan merasa lebih mengesankan dari dalam. Terdapat 20.000 lukisan oranmen dengan tangan di ubin, dinding, dan interior di dalam masjid.

Sheikh Zayed Grand Mosque, United Arab Emirates

Masjid-Sheikh-Zayed-Grand-Abu-Dabi-UAE

Sheikh Zayed Grand Mosque atau Masjid Agung Sheikh Zayed dirancang untuk “menyatukan dunia” dan bersumber bahan dari berbagai negara-negara seperti Italia, India, Malaysia, Selandia Baru, dan banyak lagi. Beberapa masjid paling fitur mengesankan adalah chandelier mewah bertatahkan kristal Swarovski dan kolam reflaksi yang sangat besar yang melambangkan keseimbangan desain antara bentuk dan cahaya. Masjid ini cukup besar untuk menampung 40.000 orang dan ruang utama saja dapat menampung lebih dari 7.000 jamaah.

Masjid Jami Ul-Alfar, Sri Lanka

Jami-Ul-Alfar-Mosque-Sri-Lanka

Tepat di tengah Kota Kolombo, Sri Lanka, Masjid Jami Ul-Alfar, atau “Masjid Merah” memiliki ciri khas yang berbeda dengan ornamen garis garis. Dibangun pada abad ke-19, itu adalah situs yang paling ikonik di kota dan sangat ramai di datangi para jamaah, hampir 10.000 untuk berdoa setiap hari.

The Great Mosque of Cordoba, Spanyol

The Great Mosque of Cordoba

The Great Mosque of Cordoba (Masjid Agung Cordoba) juga dikenal sebagai Mezquita-Catedral, Masjid Agung Cordoba adalah salah satu bangunan tertua dari waktu Muslim memerintah Spanyol. Meskipun masjid ini telah berubah dari sebuah kuil Romawi, fitur yang paling berbeda terinspirasi oleh Islam.  Masjid Agung Cordoba adalah contoh fantastis dari  desain, budaya dan masih melestarikan sejarah.

Masjid Qol Sharif, Rusia

Masjid-Qol-Sharif-Rusia

Di Kazan, Kota Rusia di Sungai Volga, Masjid Qol Sharif berdiri di antara gereja-gereja ortodoks. Meskipun Qol Sharif dibangun pada abad ke-16, masjid ini mengalami pernah mengalami pembangunan ulang karena pernah di hancurkan. Masjid ini memiliki desain modern dan bersih. Selain itu masjidini  juga berfungsi sebagai Museum Islam di mana Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang masjid dan sejarah Islam di wilayah tersebut.

Masjid Kristal, Malaysia

Masjid-Kristal-Malaysia

Struktur megah ini terbuat dari baja dan kaca merupakan salah satu masjid paling unik dan modern di dunia. Terletak di Islamic Heritage Park di Pulau Wan Man, masjid ini mulai dibuka pada tahun 2008. Masjid Kristal harfiah bersinar seperti lampu berwarna menerangi bangunan dari dalam, casting refleksi indah di atas air. Masjid ini juga dilengkapi dengan Wi-Fi dan taman sekitarnya berisi replika dari beberapa masjid yang paling terkenal di seluruh dunia.

Masjid Nasir Al-Mulk, Iran

Masjid Nasir Al-Mulk Iran

Untuk benar-benar mengalami keindahan Masjid Nasir Al-Mulk di Shiraz, Iran, Anda harus melangkah masuk. Warna warna pelangi berlimpah, dinding kaca patri cor, dengan warna indah menyelimuti seluruh bangunan. Sering disebut sebagai “Masjid pink” untuk ubin merah muda yang mengisi interior, ini adalah Masjid di mana warna bisa menyatu dalam ornamen bangunan. Jika Anda mengunjungi masjid ini, pastikan datang di pagi hari karena waktu yang tepat untuk dimana kaca kaca dari setiap masjid menangkap cahaya terbaik di pagi hari.