Malang punya banyak lokasi menarik yang dapat dijadikan referensi saat liburan. Selain wisata alamnya yang kaya, Malang pun menyimpan warisan kejayaan masa lalu yang mengagumkan. Di Malang, Anda dapat menjumpai ratusan candi peninggalan zaman Kerajaan Hindu-Buddha. Yang paling membuat takjub, banyak dari bangunan candi di Malang masih berdiri kokoh menyokong ukiran-ukiran dan ruang penuh makna yang ada di dalamnya. Pada musim libur akhir tahun nanti, tentu tidak ada salahnya bukan untuk menjelajahi candi-candi bersejarah di Malang satu per satu? Nah, berikut ini ada lima candi di Malang, Jawa Timur yang patut Anda kunjungi saat berlibur ke Malang.

  1. Candi Singosari
Candi Singosari
Candi Singosari

Sumber : wikipedia


Candi peninggalan Kerajaan Singosari ini terletak di Desa Candi Renggo, Kecamatan Singosari, Malang. Selain dikenal dengan nama Candi Singosari, situs sejarah satu ini memiliki nama lain Candi Cungkup atau Candi Menara, sebuah nama yang mengisyaratkan bahwa candi ini dulunya merupakan candi tertinggi di masa kejayaannya. Bagian paling unik dari Candi Singosari terletak pada bentuk bangunannya yang tampak memiliki dua tingkatan. Hiasan luar bangunan candi memiliki bentuk tidak rata, berbeda dengan candi-candi lainnya, pun mampu menambah keunikannya.

Jangan Lupa Kunjungi : 50 Wisata Baru di Malang Yang Ngehits 2018

  1. Candi Kidal

Konon, Raja Kerajaan Tumapel dulunya kerap melakukan semedi di Candi Kidal, candi yang juga merupakan peninggalan dinasti Singosari. Candi Kidal bisa dikatakan sebagai kuil pemujaan tertua di Jawa Timur. Airlangga, Raja Kahuripan, serta raja-raja Kerajaan Kediri hanya meninggalkan Candi Belahan serta Petirtaan Jalatunda. Candi Kidal berlokasi di Desa Rejokidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, atau berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Malang.

  1. Candi Badut

Menurut sejarah, Candi Badut konon dibangun jauh sebelum masa pemerintahan Airlangga. Hal tersebut membuat Candi Badut disinyalir sebagai candi tertua yang dibangun di Jawa Timur. Selain namanya, hal unik lain yang dimiliki Candi badut dapat terlihat dari pahatan kalamakara yang tidak memiliki rahang seperti yang ditemukan pada candi-candi lain. Kalau Anda tertarik untuk melihat sendiri keunikan candi Badut, datanglah ke lokasinya di Desa Karangbesuki, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

  1. Candi Songgoriti

Candi Songgoriti atau Candi Supo terletak di daerah Songgokerto, Kota Batu. Konon, Candi Songgoriti merupakan satu-satunya candi yang ada di Batu yang juga merupakan peninggalan Mpu Sindok, raja pertama kerajaan Medang. Candi Songgoriti memiliki sebuah mata air dingin bernama Pasang Giri. Bagian paling unik dari mata air dingin ini adalah letaknya yang berada di tengah beberapa sumber mata air panas. Menakjubkan, bukan?

  1. Candi Jawar Ombo
candi jawar ombo
candi jawar ombo

Sumber : photomalang.com

Banyak orang menyebut Candi Jawar Ombo sebagai candi dengan seribu misteri, karena tidak ada banyak hal yang dapat disingkap dari keberadaan candi tersebut. Sebagai situs warisan sejarah dan budaya, candi Jawar Ombo memiliki keindahannya tersendiri yang tercermain dalam seni ukiran dan arsitekturnya. Candi peninggalan kerajaan Majapahit ini baru ditemukan pada tahun 1982-1983 dengan kondisi masih terpendam dalam tanah.

Tentu tidak akan ada habisnya untuk membahas keindahan candi-candi yang ada di Malang. Itulah sebabnya, Anda perlu mengunjungi candi-candi tersebut untuk mengungkap sejarah kejayaan peradaban masa lalu. Saat berlibur, pastikan Anda memilih hotel di Malang dengan fasilitas terjamin.

Airy Rooms dapat menjadi alternatif penginapan bujet yang dapat Anda pilih. Airy Rooms memiliki jaringan hotel terbesar di Indonesia yang menawarkan tujuh jaminan fasilitas: tempat tidur bersih, perlangkapan mandi, air minum, shower air hangat, AC, TV layar datar, serta Wi-Fi gratis. Anda hanya perlu memesan kamar Airy Rooms melalui situs resminya, atau aplikasi yang dapat diunduh di smartphone Anda. Setelah selesai booking, Anda dapat membayar biayanya dengan transfer bank atau kartu kredit. Mudah, bukan? Pastikan liburan Anda dan keluarga di Malang menyenangkan bersama Airy Rooms.