4 Pilihan Bakpia Favorit dari Kota Jogja – Apabila ada orang yang bertanya-tanya mengenai bakpia, mungkin saja sebagian akan langsung menghubung-hubungkan dengan panganan khas kota Jogja yang satu ini. Memang masih banyak yang tidak mengetahui bahwasannya bakpia sebetulnya adalah kudapan dengan resel berasal dari negeri Tiongkok. Mengapa demikian? Sebab, awalnya resep bakpia yang paling banyak bermunculan di kota Jogja telah dibawa oleh seorang pendatang yang berasal dari Tiongkok, hanya saja pada mulanya isian dari makanan khas kota Jogja tersebut adalah daging babi. Yang kemudian telah menyesuaikan dengan kultur setempat, sehingga pada akhirnya bakpia tersebut dibuat dengan isian kacang hijau yang telah diolah dengan cara dipanggang dengan menggunakan tungku oven tradisional.
Selain hal tersebut, dahulunya, sentra makanan bakpia khas kota Jogja satu ini hanya dikenal di kawasan Pathuk, namun dengan seiring perkembangan jaman dan waktu, mulai banyak bermunculan beberapa parbik pembuatan bakpia dengan berbagai macam variasi ukuran dan juga rasa. Nah berikut ini ada beberapa merek bakpia yang menjadi favorit dari kota Jogja yang bisa Anda jadikan panduan sesuai dengan selera Anda. Selengkapnya silakan simak ulasan di bawah ini.
Ini 4 pilihan bakpia yang paling difavoritkan di Jogja
Bakpia 25 khas Jogja
Usaha atau bisnis kudapan bakpia yang beralokasikan di jalan KS Tubun, Pathuk satu ini adalah salah satu yang kini menjadi pelopor usaha atau bisnis bakpia selain dengan bakpia pathuk 75. Walaupun pabrik pembuatan makanan khas kota Jogja satu ini letaknya tersembunyi dari jalan utama, akan tetapi pengunjungnya masih tetap memadati pabrik yang hingga kini masih menggunakan metode-metode sederhan ini. “ Di tempat inilah, para pengunjung dapat melihat secara langsung proses pembuatan makanan bakpia tersebut, dimulai dari proses pemberikan isian hingga dengan proses pemanggangan dengan menggunakan tungku bakar. Para pengunjungnya pun juga bisa langsung melihat proses pembuatannya, mulai dari pukul 09.00 pagi hingga dengan pukul 16.00 sore”, ujar Harti Setianingsih, seorang staff pemasaran makanan bakpia 25 khas Jogja tersebut.
Sedangkan untuk toko penjualannya, para pengunjung dapat mulai membeli bakpia inis ejak toko di buka pada pukul 06.00 pagi hingga dengan pukul 23.30 malam. Varian rasa bakpia 25 ini diantaranya rasa keju, cokelat, kacang hijau, telo ungu, dan juga nanas. “Untuk bakpia dengan rasa kacang hijaunya yang memiliki isi sebanyak 15 buah ini dijual dengan harga sekitar Rp 30.000,00 sementara itu yang kotak dengan isi 20 bakpia dijual dengan harga Rp 35.000,00, sedangkan untuk bakpia dengan isis cokelat, keju, dan juga nanas diharganya sebesar Rp 35.000,00. Selain itu di tempat ini ternyata juga menyediakan bakpia premium dengan varian rasa yang lainnya, lho”, ujar Harti.
Bakpia kurnia sari khas Jogja
Bakpia kurnia sari ini ternyata juga tidak kalah menariknya dengan bakpia khas kota Jogja yang lainnya, yakni memiliki varian rasa yang paling difavoritkan dan menjadi andalan, yakni bakpia dengan rasa keju. Bakpia kurnia sari ini adalah bakpia pendatang baru yang kini sudah menjadi salah satu primadona para wisatawan domestik maupun mancanegara yang ada ke kota Jogja untuk mencoba menggebrak pasar dengan kelembutan kulit bakpianya yang sangat tipis dan juga cukup renyah, sehingga makanan khas kota Jogja yang satu ini mampu menyugukan citra rasa yang menggugah. Salah satu ciri khas dari bakpia kurnia sari ini dengan merek bakpia yang lainnya, adalah kenikmatan pada saat sebutir bakpia lumer ketika masuk ke dalam mulut para penikmatnya.
Bahkan menariknya lagi kata Gamar, seorang Manajer Operasional Bakpia Kurnia sari menyatakan bahwasannya “Ada beberapa varian rasa bakpia yang telah kami tawarkan diantaranya adalah rasa kacang hijau, keju, kumbu hitam cokelat green tea, kopi mocachino, dan juga durian. Kami benar-benar menjaga kualitas rasanya, makanya kadangkala pada saat konsumen membanding-bandingkan harga dengan bakpia lainnya pasti ada berbedaan yang lumayan, lho. Akan tetapi, citra rasa tidak akan pernah bohong, yang bilang harga bakpia ini mahal akan tetapi tetap ketagihan untuk membelinya lagi juga banyak”.
Anda juga dapat membeli bakpia khas Jogja ini dengan dua pemilihan ukurannya, yakni kotak yang berjumlah 15 bakpia atau pun 20 bakpia. Untuk varian rasa selain dengan rasa keju, 1 kota bakpia ini berisi 15 dijual dengan harga sekitar Rp 28.500,00 dan 1 kotak bakpia yang berisi 20 dihargai sebesar Rp 38.000,00. Sementara itu untuk rasa keju, harga dari bakpia tersebut adalah Rp 30.000,00 untuk kotak isi 15 dan Rp 40.000,00 untuk kotak dengan isi bakpia 20. Bakpia kurnia sari ini mempunyai 3 outlet dengan jam buka di mulai pukul 08.00 pagi, 2 outlet ada di jalan Glagahsari, dan yang ke 3 ada di jalan Ringroad utara kota Jogja.
Bakpia citra premium khas Jogja
Pilihan lainnya selain dengan kedua bakpia yang sudah kami sebutkan di atas, Anda juga bisa mencoba bakpia citra premium yang tengah menawarkan rasa orignal khas kota Jogja dengan kemasan yang lebih elegan. Varian rasa yang ditawarkannya pun juga cukup bervariasi, diantaranya ada yang rasa susu, keju, cokelat, kacang hijau, kumbu hitam, dan juga durian. Menariknya, bakpia ini berbeda dengan bakpia merek lainnya, Anda dapat membeli 1 kota bakpia dengan isis 4 rasa yang menggugah selera. Harga yang ditawarkan untuk campuran rasa ini sama halnya dengan bakpia yang berisi 1 rasa, yakni seharga Rp 42.500,00 cukup terjangkau, bukan? Anda pun juga bisa melihat proses pembuatan bakpia ini secara langsung di pabriknya, yang beralokasikan di jalan Pandean 2, Gang Legi Nomer 20, Condongcatur. Apabila Anda ada di sekitar Malioboro, bakpia citra premium ini mempunyai outlet mungil yang ada di jalan Mataram Nomer 21.
Bakpia merlino khas Jogja
Apakah Anda ingin mencicipi bakpia mungil yang memiliki kulit tipis dengan memiliki isian green tea? Jika iya, silakan cicipi bakpia merlino yang mempunyai 2 buah outlet penjualan di Jalan R.E Martadinata dan juga di Jalan Pakuningratan Jogja. Awalnya toko ini adalah toko bakery lalu mencoba untuk membuat bakpia. Dua rasa bakpia yang ada di tempat ini menjadi paling difavoritkan para konsemen adalah rasa green tea dan juga rasa cappuccino yang djual dengan harga berkisar Rp 35.000,00 per kotaknya. Selain dengan kedua rasa tersebut, bakpia merlino ini juga mempunyai beberapa isian seperti cokelat, keju, kacang hijau, susu, ubi ungu, durian, dan kumbu hitam.
Selain dengan ke 4 pilihan bakpia favorit dari kota Jogja yang sudah kami sebutkan di atas, ternyata juga masih ada banyak jenis bakpia basah atau pun kering yang juga mempunyai varian rasa yang bisa memanjakan lidah Anda. silakan siapkan diri Anda untuk bisa menikmati kelezatan bakpia dengan citra rasa yang sangat bervariasi tersebut, ya!