Hutan Pinus – Dewasa ini, wisata hutan pinus mulai menjadi salah satu pilihan wisata alam terpupuler. Berada di tengah-tengah deretan pohon pinus ini membuat para pengnujungnya berkomentar “ Wah, serasa di Eropa ya”.

Ada yang mengunjunginya hanya sekeder hunting photo, atau sekedar jalan-jalan menikmati udara sejuk di tengah iklim tropis khas Indonesia, bermain hammock bahkan hingga mendirikan tenda di tengan hutan pinus untuk bermalam.


Sepertinya seru ya? Memang seru!

Nah bagi Anda yang ingin berwisata ke hutan pinus, pastikan untuk terlebih dahulu mengtahui dan memilih lokasi paling keren ya. Dimana saja sih adanya? Yuk sama-sama simak 3 wisata hutan pinus terkeren di Indonesia berikut ini.

11 Wisata Hutan Pinus Terkeren di Indonesia:

1. Hutan Pinus Mangunan

Berlokasi di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, sekitar 23 kilometer dari pusat kota. Hutan Pinus Mangunan dikenal sebagai surganya fotografi. Beragam nuansa berbeda yang berlatar hutan ini lagi sangat-sangat nge-hits nya diberbagai jejaring sosial. Mulai dari suasan cerah, sampai suasana bikin merinding sambil berdetak kagum dengan kabut pagi sehabis gerimis bak seperti berada di  lokasi syuting film-film barat seperti Twilight. Lihat saja formasi Hutan pinus Mangunan yang memamerkan jajaran pinus-pinus menjulangnya. Ternyata nggak harus keluar negeri buat hunting foto semacam itu.

Menariknya lagi, untuk merasakan nuansa alam hutan pinus mangunan ini, pengunjung tidak dikenakan HTM (Harga Tiket Masuk) alias GRATIS karena belum ada loket pembayaran tiket masuk. Pengunjung hanya peru mengeluarkan biaya untuk parkir kendaraan yang dibawa.

Untuk sebuah sepeda motor dikenai biaya sebesar Rp 3000, untuk mobil Rp 10.000 sementara bus Rp 20.000. Oh ya, bagi kalian yang berkeinginan mendirikan tenda dan bermalam dikawasan hHutan Pinus Mangunan dikenakan tarif yang berbeda yakni Rp 20.000 dengan parkir Rp 5.000 untuk motor dan dua kali lipat untuk kendaran jenis lain yang lebih besar.

Jam operasional atau jam buka hutan pinus dibuka setiap hari dari hari senin sampai dengan minggu mulai pukul 06.00-17.30 WIB.

Tidak hanya itu di hutan pinus mangunan juga biasa di gunakan sebagai berikut:

Photo Session

Photo session di sini adalah tempat terbaik karna jarang orang yang berfoto di hutan seperti ini ,untuk yang lagi pusing mikirin lokasi untuk preweding ,ataupun Cuma sekerdar selfie ajh di sini banyak tempat – tempat yang bagus dan indah untuk berfoto apalagi bagi yang mau prewedding di sini tempatnya.karna nuansa di sini seperti di luar negri dari pada bosen dengan yang itu itu ajah mending disini

Keinian banget kan foto prewedding di sini dengan tema hutan pinus yang rindang dan udara yang sejuk sangat nyaman untuk prewedding

Andien dan ipe pernah prewedding di sini loh serukan!

Picnic Party

Bagi kamu yang suka berpiknik di tempat yang sejuk dan jauh dari polusi hutan pinus mangunan lah yang  cocok karena tempatnya jauh dari hiruk pikuk keramaian kota dan polusi udara ,cocok buat yang punya anak- anak kecil karna di sini tempatnya sejuk dan nyaman,dan tempatnya pun luas untuk bermain anak-anak.

Hammocking

Bagi kamu yang suka camping dan jalan -jalan tapi gak kesampean disini kamu bias ngerasain bagaimana camping  tapi bukan di gunung melainkan di hutan pinus ,jangan takut fasilitas Hammocking ini free loh tidak di pungut biaya ,karna fasilitas di sini memang sengaja di sediakan oleh pengelola ,untuk menarik perhatian pengunjung agar mencoba ayunan ini ,cukup seru loh bisa berayun sambal tiduran,baca buku atau sekedar santai menikmati indahnya pemandangan hutan pinus dari atas sambal ber selfie ria.dari pada kamu jauh – jauh kegunung Cuma buat hammocking ajh mending di sini tempatnya gak perlu repot ataupun ribet untuk bikin-bikin ayunannya karna di sini udah tersedia.

Untuk info lebih lengkap mengenai tempat wisata Hutan Pinus Mangunan Imogiri, kebetulan kami sudah publikasikan sebelumnya. Ini linknya: Hutan Pinus Imogiri Surganya Para Pecinta Fotografi Alam Nan Elok.

2. Top Selfie Pinusan Kragilan

Kita beralih ke Kota Magelang. Kota cantik yang satu ini memang tidak ada habisnya jika membahas mengenai wisata alam, dan salah satu wisata alamnya yang lagi nge-hits saat ini adalah Top Selfie Pinusan Kragilan. Dari namnya, kita bisa tahu bahwa hutan pinus yang satu ini menjadi sasaran para wisatawan untuk selfi. Nama Top Selvie sendiri diberikan oleh masyarakat sekitar.

Jika para pembaca belum pernah berkujung ke tempat Wisata Top selfie Pinusan Kragilan ini, mungkin banyak yang belum percaya akan keindahannya. Namun setelah nantinya melihat lokasinya secara langsung, pasti ada terbesit dalam hati mengatakan “ternyata nama itu memang sangat sesuai dengan lokasinya yang pas banget untuk foto ya”.

Sebelum pengnunjung dapat menyaksikan keindahan wisata alam Top Selfie kragilan, pengunjung harus membayar biaya masuk sebesar Rp 3.000 untuk roda dua dan Rp 10.000 untuk roda empat.

Di sini juga terdapat fasilitas ok loh buat selfe bareng teman atau pun keluarga:

Rumah Pohon

Di Hutan Pinus Kragilan ini kamu bisa ngerasain bagaimana sih rasanya rumah diatas pohon  seperti tarzan gitu yang bisa melihat pemandangan yang indah dari atas dan sejuknya udara hutan pinus di rumah pohon ini cocok buat kamu yang mau prewedding loh dengan nuansa pepohonan yang hijau,jangan Cuma itu -itu ajah tema prewedding nya .denagn tema baru dan unik buat prewedd kamu jadi lebih tambah berkesan loh..

Papan Berbentuk I LOVE YOU

Waw papan ada papan berlambang love sweet banget yah. papannya cocok nih buat kamu yang mau mengungkapkan perasaannya dengan si dia yang sudah lama kamu kagumi tapi bingung cara ngomong dan cari tempat yang romantic,di jangan takut di sini ada papan yang berbentul love jadi bisa buat kamu ungkapin di sin lebih romantic,dengan pemandangan hijaunya pohon pinus dan keindahan pemandangan dari atas dengan paduan udara yang sangat sejuk jadi bikin suasana tambah romantic. Gak Cuma buat ngungkapin perasaan ke sidia ajah ko,kamu juga bisa ber foto Bersama keluarga atau teman -teman kalian agar terlihat lebih indah dan kekinian.

Selengkapnya Anda dapat membaca lokasi hutan Pinus Kragilan yang lagi hits di Magelang, di sini linknya : Lokasi Dan Rute Hutan Pinus Kragilan Magelang Yang Lagi Hits

TIPS BERLIBUR KE TOP SELFIE KRAGILAN

  • Datanglah pada saat pagi hari atau sore agar kamu bisa mendapatkan hasil foto yang lebih maksimal ,karna pada saat itu matahari tidak begitu terik.
  • Jangan buang sampah sembarangan ,buang pada tempat sampah yang di sediakan.
  • Disarankan menggunakan motor karena rute jalannya kecil ,dan juga jalannya masih alami sekali.

3. Pine Forest Camp

Salah satu wisata hutan pinus terkeren di Indonesia ternyata ada di Lembang, lho! Tepatnya di Kampung Cibeunying kaler Desa Cibodas – Maribaya, Lembang, Bandung Utara.  Tempat wisata yang satu ini sudah dikelola dengan baik terbukti dengan fasilitas permainan yang variatif dan tentunya yang paling penting untuk spot yang instagrammable. Harga tiketnya pun relatif murah berkisar Rp 20.000 – Rp 25.000 dan untuk berfoto di spot rumah pohon ataupun sky wings, Anda cukup membayar Rp 20.000 per spot.

Pine Forest Campi ini semakin terkenal semenjak menjadi lokasi pesta pernikahan penyanyi Andien.

Fasilitas yang ada di pine Forest camp:

  1. Tempat Bermalam Indoor Villa 2 Unit
  2. Aula Terbuka
  3. Gazebo
  4. Area Api Unggun
  5. Jalur Pendakian
  6. Kolam Aktifitas
  7. Air Bersih
  8. Musholla
  9. Peralatan Kemah
  10. Parkiran
  11. Toilet

Jadi jangan takut bagi kamu yang tidak ingin berkemah ,kamu bisa juga bermalam di vila yang tersedia di sana ,juga fasilitas lainnya buat kamu-kamu yang suka mendaki atau pun berkumpul besama keluarga atau teman di sana terdapat gazebonya juga loh.

4. Bukit Moko Bandung

Apakah Anda tahu tentang sebuah tempat di Korea Selatan yang pernah dijadikan lokasi shooting film terkenal “Winter Sonata”. Karena film tersebut membuat tempat yang hutannya unik dan terkesan romantis ini banyak membuat wisatawan mancanegara ingin berkunjung kesana. Coba deh lihat foto artis Dewi Sandra di Nami Island ini.

Nah buat Anda, khususnya cewek-cewek penggemar drama korea, tidak perlu lho jauh – jauh ke Korea Selatan untuk mendapatkan kenangan romantis bersama pasangan. Karena di Bandung ada juga destinasi wisata seromantis Nami Island, Namanya Bukit Moko.

Mungkin karena banyak yang ngefans sama drama korea banyak juga cewek-cewek yang menyebutnya sebagai Moko Island biar kesannya lebih bergaya dan terkenal ala film Korea. Apalagi kalau ada musim gugur atau musim salju tempat ini makin mirip di “Winter Sonata” kali yaa?

Lokasi bukit moko

Lokasi Bukit Moko ini terletak di Kampung Buntis Bongkor, Kelurahan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

Selisih jarak nya yang hanya 13 km dari kota Bandung ini menjadikan Bukit Moko bisa ditempuh dengan waktu 37 menit saja.

Jalan Menuju Bukit Moko

Ada tiga jalan menuju bukit moko yang bisa kamu lalui.

  1. Pertama, melewati jalan bojong koneng. Rute ini paling cepat namun jalannya cukup ekstrim
  2. Rute kedua yakni melewati jalan Cimuncang, medan jalannya sama ekstrimnya seperti rute pertama. Tidak disarankan jika kendaraanmu tidak dalam kondisi prima. Apalagi jika Anda boncengan menggunakan matic harap berhati-hati karena banyak motor yang tidak kuat saat di tanjakan
  3. Jalur yang paling umum adalah yang ketiga, yakni melewati jalur padasuka. Jadi dari Kota Bandung kamu bisa menuju ke terminal Cicaheum.Lurus terus melintasi jalan padasuka hingga mentok. Disitulah lokasi bukit moko berada. Kamu akan menemukan tempat bernama Caringin Tilu yang ditandai dengan pohon beringin besar. Disekitar sini terdapat banyak warung makanan yang biasa dijadikan tempat nongkrong.Naiklah keatas terus untuk sampai di puncak tertinggi bukit moko.

Suhu Udara

Berada diatas ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut dengann suhu 15°C menjadikan tempat ini sangat sejuk sekaligus sebagai puncak tertinggi di Bandung.

Kesejukan udara dan bau khas yang ditawarkan hutan pinus disini memberikan sensasi berbeda dan kesan romantic bagi Anda dan pasangan maupun ketika membawa seluruh keluarga rekreasi alam di hutan pinus di kota bandung ini

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk untuk masuk ke lokasi hutan pinus adalah Rp 5000/orang. Anda sudah bebas jalan-jalan menikmati keindahan alam disini sambil berfoto ataupun hunting photo untuk mendapatkan hasil foto yang bagus karena latar hutan pinus menambahkan kesan yang romantic sekaligus menawan untuk hasil foto Anda. Instagrammable banget

Untuk tujuan komersil, jika Anda ingin mengadakan pre-wedding, syuting film atau membuat video clip Anda wajib meminta izin kepada pihak pengelola terlebih dahulu dan biayanya akan lebih mahal yaitu sekitar Rp 200.000 keatas.

Nah, itu dia informasi tentang Hutan Pinus Bukit Moko. Tempat ini sangat recommended sebagai destinasi wisata alam kota Bandung yang romantis dan menyenangkan ketika liburan ke Bandung.

5. Hutan Pinus Grafika Cikole

Surga tersembunyi di kota bandung ini sudah dikelola secara profesional. Yang awalnya berkonsep restoran dan hotel sekarang menjadi konsep wisata bernuansa hutan pinus seperti di pedesaan Eropa.

Di lokasi ini selain cocok untuk wisata alam keluarga cocok juga untuk intansi atau perusahaan, karena wisata alam cikole ini pun sudah tersedia lengkap dengan area outbond. Ada dua jenis area outbond, yaitu regular outbond yang terdiri dari 12 macam jenis yang diperuntukkan untuk individu dan juga classified outbond yang diperuntukkan khusus untuk kegiatan sekolah, instansi, perusahaan maupun komunitas.

Karena itu wajar saja pihak pengelola sangat serius mengelola kawasan hutan pinus Grafika Cikole agar nyaman untuk pengunjungnya berlama-lama di dalamnya dengan fasilitas yang lengkap

Lokasi

Hutan Pinus Grafika Cikole berada di Jln Raya Tangkuban Perahu km 8, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Hutan pinus ini berada di jalur wisata yang sangat terkenal di bandung, yaitu wisata alam Tangkuban Perahu dan Air Panas Ciater.

Hutan pinus Grafika Cikole sendiri berada di titik koordinat -6.784800, 107.651594 yang apabila siang suhu nya sekitar 20°C dan malamnya bisa mencapai 5°C. Karna itu disarankan untuk pengunjung khususnya yang menginap untuk membawa jaket tebal.

Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju Grafika Cikole sangat mudah untuk dijangkau, Karena berada di jalur wisata tangkuban perahu. Jadi jalannya searah menuju Tangkuban Perahu. Jika dari kota Bandung, Grafika Cikole berada di sebelah kiri jalan menuju ke Tangkuban Perahu

Harga Tiket

Harga tiket Wahana Grafika Cikole Bandung

  • Flying Fox 1 Jalur Rp 15.000/orang
  • Flying Fox PP Rp 25.000/orang
  • ATV 110cc Rp 30.000/2 putaran
  • ATV 200cc Rp 50.000/2 putaran
  • Paint Ball Rp 85.000/orang/40 peluru
  • Strawberry Farm Rp 5.000/orang (Dapat 1 Cup Jus dan Melihat Rusa Timor)
  • Memetik Strawberry Rp 60.000/kg

Harga Paket Wisata Grafika Cikole Bandung

  • Paket Pre-Wedding (Sudah Termasuk Snack dan Private Vanue) Rp 500.000
  • Paket Outbound Dewasa (Mininmal Peserta 20 orang) Rp 85.000-Rp 125.000/orang
  • Paket Outbound Anak (Minimal Peserta 20 orang) Rp 15.000-Rp 65.000/orang
  • Paket Terusan (Flying Fox, Jembatan Tali 2, Jembatan Goyang, Jembatan Elvis, Turun Tebing) Rp 50.000/orang
  • Rumah Pohon (Jembatan Goyang, Jembatan Gantung, Jembatan Oval, Strawberry Game, Flying Fox) Rp 50.000/anak
  • Angklung Interaktif (Durasi 1 Jam) Rp 15.000/orang

Harga Paket Penginapan Grafika Cikole Bandung

  • Penginapan Pondok Rp 920.000/malam (Kapasitas 6 orang)
  • Penginapan Camping Rp 460.000/tenda (Kapasitas 4 orang)
  • Penginapan HotelRp 850.000/malam (Kapasitas 2 orang)

Fasilitas

  • Toko Souvenir
  • Mushola
  • Parkir
  • Toilet

Lokasi wisata hutan pinus di Grafika Cikole ini memiliki banyak view yang bagus dan unik sehingga sambil berwisata pengunjung bisa berfoto sambil berfoto ria mengabadikan momen di banyak tempat di lokasi wisata ini.

Untuk info selengkapnya hutan pinus Grafika Cikole ini, bisa anda lihat link berikut ini : Grafika Cikole Surga Tersembunyi di Kawasan Wisata Tangkuban Perahu

6. Hutan Pinus Gunung Pancar, Bogor

Daerah Jawa Barat memang sudah sangat terkenal dengan kawasan aneka wisata alam yang mempesona. Salah satu kawasan wisata yang menjadi incaran para wisatawan adalah objek wisata alam Gunung Pancar. Di lokasi inilah terdapat banyak pepohonan pinus

Hutan Pinus Gunung Pancar sangat cocok buat pengunjung yang ingin terbebas dari hiruk pikuk perkotaan menuju ketenangan hakiki

Pengunjung bisa datang bersama pasangan untuk menambah kenangan romantis masa muda ataupun untuk wisata keluarga tempat ini juga sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai sambil mengajarkan anak tentang keindahan alam dan pentingnya menjaga alam

Selain itu, lokasi ini juga cocok untuk bersepeda karena jalur trecking nya yang indah melewati luas dan rimbunnya pepohonan pinus. Jadi mata tidak akan bosan-bosannya melihat pemandangan hutan pinus ini .

Lokasi

Kawasan ini berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Lebih gampangnya, lokasinya berada dekat sekali dengan sebuah obyek wisata lainnya yang lebih modern di kawasan Sentul, yaitu The Jungleland.

Jalan Menuju Ke Hutan Pinus Gunung Pancar

Sayangnya untuk menuju ke lokasi wisata alam ini, tidak tersedia angkutan umum. Untuk menuju kesini harus menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, sepeda motor dan sepeda.

Cara untuk menuju ke lokasi adalah sebagai berikut :

  • Bila Anda menggunakan jalan tol Jagorawi, baik dari Bogor atau Jakarta, keluarlah di Pintu Tol Sentul Selatan.
  • Sekeluar dari gerbang tol, maka akan terlihat Bellanova Mall di hadapan Anda. Jangan berbelok ke kanan, arah itu untuk menuju ke Kota Bogor.
  • Berbeloklah ke kiri memasuki Jalan MH Thamrin, Sentul City.

Nah setelah ini ada dua cara :

Yang pertama, ikuti jalan MH Thamrin dan petunjuk yang mengarah ke The Jungleland. Terus saja sampai Anda menemukan Pintu Masuk lokasi wisata tersebut berupa penghalang jalan.

Di depan penghalang jalan itu ada belokan ke arah kanan dan masuk ke sebuah jalan kecil. Jalannya akan menanjak dan lanjutkan saja hingga menemukan gerbang utamanya.

Yang Kedua, masih tetap ikuti jalan MH Thamrin Sentul, hanya setelah Plaza Amsterdam akan ada percabangan ke arah kiri. Kalau lurus akan melalui rute yang pertama.

Bila Anda belok ke kiri, Anda akan menemukan lagi percabangan dimana kanan berarti menuju ke Rainbow Hills dan Telaga Cikeas, sedang ke kiri Anda memasuki Jalan Babakan Madang. Pilihlah jalur kiri.

Ikuti saja jalan ini hingga melewati Kantor Polsek dan Kecamatan Babakan Madang. Ujungnya adalah sebuah pertigaan.Ambillah jalur kanan memasuki Jalan Gunung Pancar. Ikuti saja jalan ini terus, kurang lebih 11 kilometer. Nanti akan terjadi pertemuan dengan rute pertama.

Berhati-hatilah karena jalannya kecil dan berkelok. Juga melewati perumahan penduduk yang cukup rapat. Di beberapa kelokan, jalan agak menyempit dan menanjak.

Tiket Masuk

Harga Karcis Masuk

  • WNA : Rp 5.000/orang
  • WNI : Rp 100.000/orang

Karcis masuk kendaraan

  • Sepeda : Rp 2.000/unit
  • Roda 2 : Rp 5.000/unit
  • Roda 4 : Rp 10.000/unit
  • Roda 6 : Rp 50.000/unit

Untuk hari libur harga karcis 150% dari harga normal. Biaya masuk ini adalah biaya yang dipungut oleh Perhutani.

Puas jalan – jalan, Pengunjung bisa singgah di warung – warung yang tersedia di lokasi wisata ini sebelum pulang.

7. Hutan Pinus Kayon, Semarang

Tak ingin ketinggalan dari Yogyakarta yang memiliki wisata alam hutan pinus, Semarang yang dijuluki sebagai Beauty of Asia ini pun juga memiliki wisata alam serupa, yaitu Hutan Pinus Kayon.

Kawasan yang terletak di daerah lereng gunung Merbabu ini termasuk salah satu spot favorit di Semarang untuk hunting foto karena Hutan pinus kayon memiliki spot foto yang tidak dimiliki hutan pinus lainnya, yaitu ada sebuah pohon pinus yang bentuk bengkokannya yang mirip huruf “U” sehingga spot ini menjadi rebutan banyak anak muda untuk duduk diatas bengkokan pohon tersebut lalu selfie dengan tongsis atau difotokan oleh temannya. Dijamin hasilnya keren!

Lokasi

Hutan Pinus Kayon terletak di Dusun Krangkeng, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang ini berada di sebelah utara lereng Gunung Merbabu.

Jalan ke Hutan Pinus Kayon

Berjarak hanya sekitar 6 km dari kota Salatiga.

Jika anda datang dari Semarang menuju Salatiga lewat jalur umum akan memakan waktu 2 jam, namun jika lewat tol 1,5 jam.

Setelah masuk kota Salatiga menujulah perempatan Pasar Sapi. Lalu masuk jalan arah Kopeng hingga menyeberangi jalan lingkar (ring road Salatiga). Naik terus sampai melewati Salib Putih. Sampai pertigaan Desa Jampelan Getasan beloklah ke kiri. Lurus hingga perempatan Wonosari. Ambil arah ke Dusun Kerangkeng belok ke kanan. 5 menit kemudian Anda sudah sampai kawasan hutan Pinus Kayon.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Kayon

Obyek wisata Hutan Pinus Kayon terbilang masih perawan. Meski begitu pengelola sudah menerapkan tiket masuk sebesar Rp 5000,-/orang. Dengan harga tiket yang sangat murah tersebut Anda bebas menjelajahi area hutan pinus sambil berfoto ria mengabadikan momen Anda bersama teman, pasangan ataupun keluarga yang Anda cintai, juga Anda bisa sambil piknik dibawah rindangnya pepohonan

Selain masih tergolong baru untuk dikunjungi, Hutan Pinus Kayon termasuk wilayah konservasi hutan Merbabu, yang artinya tidak mudah untuk dirubah atau ditambah spot lainnya karena pihak pengelola juga ingin mempertahankan kawasan Hutan Pinus Kayon alami apa adanya. Tidak heran jika rute menuju kawasan inipun belum dilengkapi dengan petunjuk arah

Jika Sabtu dan Minggu bisa 200 – 300 pengunjung yang datang dari berbagai kota karena tau dari sosial media. Namun, tidak perlu khawatir untuk Anda yang berkunjung untuk mencari ketenangan, karena kawasan Hutan Pinus Kayon ini luasnya berhektar – hektar sehingga Anda tetap bisa nyaman menikmati berjelajah di sekitar kawasan tanpa merasa terganggu dengan keramaian.

Selain itu, di sekitaran hutan ini juga terdapat sumber mata air yang sangat jernih. Biar makin seru, Anda bisa mengajak keluarga dan sahabat. Bawalah tikar, cemilan dan kantong plastik untuk tempat sampah. Apalagi saat cuaca kota Semarang lagi panas, rasanya pas banget ngadem disini.

8. Hutan Pinus Malino, Makassar

Malino adalah nama sebuah tempat di Sulawesi Selatan, tepatnya di Gowa. Daerah ini memang namanya belum terkenal sebagai daerah wisata.

Karena itu, bagi Anda yang ingin liburan terlebih bagi Anda yang berada di luar kota dan hobi travelling, piknik atau wisata keluarga maka Malino bisa menjadi destinasi wisata yang wajib anda kunjungi.

Pasalnya, sangat banyak wisata Alam yang ada di kawasan malino ini, salah satu nya Hutan Pinus Malino

Lokasi

Malino merupakan sebuah kelurahan yang terletak di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa yang terletak 77 km dari Kota Makassar atau sekitar 2 jam perjalanan.

Jalan ke Hutan Pinus Malino

Jalan yang harus Anda lewati untuk sampai ke Malino adalah Jalan Sultan Hasanuddin, Sungguminasa. Lalu, Anda berbelok ke kiri melewati Jalan Malino. Ini adalah nama sebuah jalan.

Selama di perjalanan Anda harus berhati-hati karena ada banyak truk pengangkut tanah dan pasir yang keluar masuk Hutan Pinus Malino

Hutan Pinus Malino yang berada di ketinggian 1000 mdpl dan ditumbuhi banyak pohon pinus yang menjulang tinggi berjajar di lembah dan bukit – bukit menjadikan kawasan wisata disini tergolong dingin karena suhu udaranya antara 10 sampai 26 derajat celcius. Karena itu, jika Anda yang tinggal di perkotaan dan ingin berkunjung ke Malino maka jangan lupa untuk membawa baju hangat seperti jaket atau sweater karena udara udaranya yang tidak seperti di perkotaan

Di kawasan ini pula Anda dapat melihat-lihat dan mengabadikan foto Anda bersama tumbuhan langka semasa peninggalan penjajahan Belanda, seperti edelweiss bunga abadi, pohon turi yang bunganya berwarna oranye dan bunga masamba yang berubah warna setiap bulan.

Area Hutan Pinus Malino

Di kawasan Hutan Pinus Malino sendiri terdapat dua lokasi hutan pinus. Yang pertama berjarak sekitar 500 meter dari taman makam pahlawan dan tidak dipungut biaya masuk. Terdapat wahana outbound seperti flying fox, namun untuk menikmati fasilitas out bond tentunya dikenakan biaya sebesar Rp 20.000,-/orang.

Anda akan memulai dari pondok yang dibuat tinggi lalu meluncur diatas kawat besi dengan menggunakan tali pengaman khusus menuju ke bawah dengan kecepatan sedang. Flying Fox ini pun dapat dilakukan mulai dari balita, anak kecil hingga orang dewasa. Dan setelah puas berjalan – jalan di kawasan ini Anda dapat menikmati jajanan Dawet khas Malino yang dikenal dengan nama lokal, es Cendol

Pada kawasan hutan pinus yang kedua berada setelah 300 meter dari pasar kota Malino. Untuk tiket masuk dikenakan tarif Rp. 3.000,-. Didalam terdapat wahana bermain sederhana seperti taman kota. Jika anda ingin merasakan sensasi menunggang kuda, Penduduk lokal menawarkan jasa penunggang kuda sebesar Rp 20.000 untuk sekali putaran. dan kuda – kuda yang disewakan sudah tergolong jinak sehingga aman ditunggangi anak kecil sekalipun

Fasilitas di dalam kawasan hutan pinus ini sudah sangat memadai, terdapat Toilet umum dan tempat beristirahat di dalam hutan pinus, jika ingin makan dan minum sambil duduk Anda bisa membawa tikar, koran bekas atau menyewa tikar kepada penduduk lokal yang menawarkan dengan harga yang bervariasi.

Jika Anda masih belum puas, malino juga punya tempat-tempat yang cocok untuk hunting spot foto di Makassar. Di sebelah Hutan Pinus Malino ini terdapat banyak objek wisata lain yang tidak kalah menarik, seperti pemandian Lembah Biru, Air Terjun Seribu Tangga dan Air Terjun Takapala.

9. Hutan Pinus Nongko Ijo, Madiun

Tidak disangka kota Madiun yang terkenal dengan makanan khas nya pecel pincuk dan oleh – oleh brem ini sekarang memiliki destinasi wisata alam hutan pinus juga seperti kota lainnya, yaitu Nongko Ijo.

Untuk yang pertama kali mendengar Nongko Ijo mungkin akan berfikir tempat ini merupakan wisata petik nangka. Tapi ternyata bukan. Pohon pinus yang ditanami oleh Perhutani ini sejak tahun 1981 ini dulunya memang terdapat pohon nangka yang sangat besar yang tumbuh di sekitar pepohonan.

Hingga semenjak diliput oleh suatu surat kabar yang menyebut nama tempat ini menjadi Nongko Ijo akhirnya masyarakat mengenal hutan pinus ini dengan nama Nongko Ijo .

Lokasi dan Rute Wisata

Berada di lereng gunung Wilis, Dusun Mbonromo, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Jika ditempuh dari Kota Madiun hanya sekitar 40 menit perjalanan. Selama perjalanan pengunjung akan disuguhi pemandangan sawah sehingga membuat perjalanan akan terasa semakin menyenangkan menikmati suasana pedesaan.

Walaupun kawasan wisata ini baru dibuka bulan Juni 2016 lalu, namun setiap akhir pekan pengunjung di lokasi hutan pinus Nongko Ijo ini bisa mencapai lima ribu pengunjung yang didominasi oleh wisatawan lokal khususnya anak muda yang datang berkunjung untuk sekedar berselfie di rumah pohon, ayunan, hingga figura foto.

Tak hanya itu, di wisata hutan pinus nongko ijo juga terdapat kursi-kursi kayu, bilamana pengunjung ingin menikmati kopi di tengah sejuknya hutan.

Tiket Masuk

Untuk saat ini pihak pengelola belum memungut biaya masuk untuk pengunjung alias gratis. Pengunjung cukup membayar biaya parkir yang terletak di depan rumah penduduk sebesar Rp 3000 per motor dan Rp 5000 per mobil. Jarak tempat parkir menuju hutan pinus Nongko Ijo hanya 100 meter saja.

Fasilitas

Untuk saat ini, hutan pinus Nongko Ijo belum sepenuhnya terfasilitasi karena tempat ini juga merupakan hutan yang dilindungi sehingga pihak pengelola masih menjaga kealamian hutan ini. Kedepannya semakin banyak pengunjung perlahan namun pasti tempat ini juga akan difasilitasi.

10. Hutan Pinus Semeru, Malang

Banyaknya lokasi wisata mulai dari wisata pantai hingga wisata gunung tersedia di Kabupaten Malang. Itu mengapa Malang selalu menjadi destinasi wisata baik dari dalam negeri dan mancanegara. Dan pada januari 2017 telah resmi dibuka wisata alam baru di Malang, yaitu Hutan Pinus Semeru.

Meski baru dibuka beberapa bulan lalu, tempat ini sudah ramai dikunjungi khususnya anak muda. Terbukti follower akun Instagram Hutan Pinus Semeru ini mengalami pertumbuhan 53ribu follower dalam waktu 9 bulan saja

Ini dikarenakan tempat ini memiliki spot-spot foto yang fotogenik. Aksesoris payung payung yang bergantungan di antara pepohonan menjadi daya tarik utama pengunjung untuk berfoto

Selain itu, Para pengunjung juga bisa bersantai sambil berfoto diatas hammock yang sudah disesdiakan oleh pihak pengelola

Tempat ini juga cocok untuk keluarga yang ingin piknik bersama buah hati. Tak ayal lokasi Hutan Pinus Semeru menjadi destinasi wisata alam yang menjadi buruan pengguna instagram

Lokasi

Sesuai namanya, Hutan Pinus Semeru berada di kawasan lereng Gunung Semeru, tepatnya di Dusun Arjosari, Desa Sumberputih, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.

Jarak tempuh dari kota Malang sekitar 40 km atau waktu tempuhnya sekitar 1 jam 45 menit

Jalan Menuju Hutan Pinus Semeru

Rute menuju lokasi cukup mengikuti petunjuk arah menuju Kecamatan Bululawang.

Sampai di pertigaan lampu merah Krebet, beloklah ke kiri menuju arah Jalan Raya Bakalan, Sudimoro hingga pertigaan Jalan Raya Kedok, arah Masjid Tiban.

Setelah melewati Masjid Tiban akan menemukan Desa Sumberputih. Setelah itu cukup bertanya kepada warga sekitar lokasi menuju Hutan Pinus Semeru.

Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan Hutan Pinus Semeru, pihak pengelola belum mengenakan tarif alias masih gratis. Pengunjung cukup membayar biaya parkir Rp 2.000 saja.

11. Hutan Pinus Songgon, Banyuwangi

Kota Banyuwangi yang terkenal dengan pantainya yang eksotis sekarang juga memiliki wisata hutan pinus yang tak kalah menarik seperti kota lainnya, yaitu Hutan Pinus Songgon.

Hutan Pinus Songgon ini tergolong masih perawan karena baru dibuka pada bulan Desember 2016 lalu. Namun meski masih perawan, pada akhir pekan tempat ini pengunjungnya bisa mencapai 1500 pengunjung lebih karena satu – satunya wisata hutan pinus pertama yang dimiliki Banyuwangi.

Di tempat ini juga sangat banyak terdapat lokasi untuk selfie seperti omah pohon dalam berbagai bentuk dan ukuran, lapion warna warni, payung merah yang digantung diantara pepohonan, daun pintu dengan bunga cantik, ayunan sampai bingkai foto dari kayu.

Lokasi Wisata

Berada di bawah kaki Gunung Raung, Desa Sumberbuluh, kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.berjarak 30 km dari pusat kota Banyuwangi atau menempuh perjalanan sekitar 1 jam.

Rute menuju Hutan Pinus Songgon

Ada 2 rute yang dapat ditempuh untuk menuju lokasi wisata ini, yaitu melalui Banyuwangi dan Genteng.

Jika datang dari kota Banyuwangi atau arah Situbondo (pantura), pergilah menuju Rogojampi yang berjarak 14 km. Setelah sampai di kantor Telkom Rogojampi nanti akan ketemu jalan pertigaan. Beloklah ke kanan lalu ikuti saja jalan menuju kearah Songgon sekitar 14 km. Setelah sampai di pasar Songgon nanti akan menemukan pertigaan yang ada petunjuk jalannya. Pilih jalan ke kiri ke arah Sragi/Genteng sampai ketemu Kantor Pos Songgon. Setelah itu ketemu pertigaan belok kiri menuju wisata hutan pinus Songgon yang searah dengan Karo Adventure yang sudah terkenal.

Jika dari kota Genteng lebih mudahnya lewati Jl. Hasyim Asyari sampai ke pasar hewan Genteng lalu ke stasiun Temuguruh dan setelah itu terus saja sampai PAsar Gendoh. Di pertigaan pasar Gendoh ambil kiri Jl. Aruji Karta Winata lalu jalan terus sampai Desa Sumberarum. Dari sini cukup banyak persimpangan yang persis sama. Supaya tidak salah belok tanyalah pada warga setempat jalan menuju hutan pinus Songgon atau desa sumberbulu atau rafting kali badeng.

Tiket Masuk

Untuk tiket masuk di wisata hutan pinus Songgon ini masih relative murah. Pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk Rp 5000/orang pada hari biasa dan Rp 10.000/orang pada akhir pekan. Sedangkan parkirnya gratis

Itulah 11 wisata hutan pinus terkeren di Indonesia, tertarik untuk mengunjunginya? Buruan OTW!