3 Wisata Hutan Pinus Terkeren di Indonesia – Dewasa ini, wisata hutan pinus mulai menjadi salah satu pilihan wisata alam terpupuler. Berada di tengah-tengah deretan pohon pinus ini membuat para pengnujungnya berkomentar “ Wah, serasa di Eropa ya”. Ada yang mengunjunginya hanya sekeder hunting photo, atau sekedar jalan-jalan menikmati udara sejuk di tengah iklim tropis khas Indonesia, bermain hammock bahkan hingga mendirikan tenda di tengan hutan pinus untuk bermalam. Sepertinya seru ya? Memang seru!Nah bagi Anda yang ingin berwisata ke hutan pinus, pastikan untuk terlebih dahulu mengtahui dan memilih lokasi paling keren ya. Dimana saja sih adanya? Yuk sama-sama simak 3 wisata hutan pinus terekern di Indonesia berikut ini.Wisata Hutan Pinus Terkeren di Indonesia.

1. Hutan Pinus Mangunan

Berlokasi di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, sekitar 23 kilometer dari pusat kota. Hutan Pinus Mangunan dikenal sebagai surganya fotografi. Beragam nuansa berbeda yang berlatar hutan ini lagi sangat-sangat nge-hits nya diberbagai jejaring sosial. Mulai dari suasan cerah, sampai suasana bikin merinding sambil berdetak kagum dengan kabut pagi sehabis gerimis bak seperti berada di  lokasi syuting film-film barat seperti Twilight. Lihat saja formasi Hutan pinus Mangunan yang memamerkan jajaran pinus-pinus menjulangnya. Ternyata nggak harus keluar negeri buat hunting foto semacam itu. Menariknya lagi, untuk merasakan nuansa alam hutan pinus mangunan ini, pengunjung tidak dikenakan HTM (Harga Tiket Masuk) alias GRATIS karena belum ada loket pembayaran tiket masuk. Pengunjung hanya peru mengeluarkan biaya untuk parkir kendaraan yang dibawa. Untuk sebuah sepeda motor dikenai biaya sebesar Rp 3000, untuk mobil Rp 10.000 sementara bus Rp 20.000. Oh ya, bagi kalian yang berkeinginan mendirikan tenda dan bermalam dikawasan hHutan Pinus Mangunan dikenakan tarif yang berbeda yakni Rp 20.000 dengan parkir Rp 5.000 untuk motor dan dua kali lipat untuk kendaran jenis lain yang lebih besar.Jam operasional atau jam buka hutan pinus dibuka setiap hari dari hari senin sampai dengan minggu mulai pukul 06.00-17.30 WIB.

2. Top Selfie Pinusan Kragilan

Kita beralih ke Kota Magelang. Kota cantik yang satu ini memang tidak ada habisnya jika membahas mengenai wisata alam, dan salah satu wisata alamnya yang lagi nge-hits saat ini adalah Top Selfie Pinusan Kragilan. Dari namnya, kita bisa tahu bahwa hutan pinus yang satu ini menjadi sasaran para wisatawan untuk selfi. Nama Top Selvie sendiri diberikan oleh masyarakat sekitar. Jika para pembaca belum pernah berkujung ke tempat Wisata Top selfie Pinusan Kragilan ini, mungkin banyak yang belum percaya akan keindahannya. Namun setelah nantinya melihat lokasinya secara langsung, pasti ada terbesit dalam hati mengatakan “ternyata nama itu memang sangat sesuai dengan lokasinya yang pas banget untuk foto ya”.Sebelum pengnunjung dapat menyaksikan keindahan wisata alam Top Selfie kragilan, pengunjung harus membayar biaya masuk sebesar Rp 3.000 untuk roda dua dan Rp 10.000 untuk roda empat.

3. Pine Forest Camp

Salah satu wisata hutan pinus terkeren di Indonesia ternyata ada di Lembang, lho! Tepatnya di Kampung Cibeunying kaler Desa Cibodas – Maribaya, Lembang, Bandung Utara.  Tempat wisata yang satu ini sudah dikelola dengan baik terbukti dengan fasilitas permainan yang variatif dan tentunya yang paling penting untuk spot yang instagrammable. Harga tiketnya pun relatif murah berkisar Rp 20.000 – Rp 25.000 dan untuk berfoto di spot rumah pohon ataupun sky wings, Anda cukup membayar Rp 20.000 per spot.Pine Forest Campi ini semakin terkenal semenjak menjadi lokasi pesta pernikahan penyanyi AndienItulah 3 wisata hutan pinus terkeren di Indonesia, tertarik untuk mengunjunginya? Buruan OTW!