Pemandian Air Panas Garut banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah, khususnya Jakarta, Bandung dan sekitarnya. Wilayah Kabupaten Garut memang terkenal dengan kawasan wisata pegunungan dan pemandian air panasnya.

Banyak wisatawan yang datang dari Jakarta, Bandung dan sekitarnya yang berkunjung ke Garut untuk berekreasi, dan menghabiskan waktu liburan dengan berendam di pemandian air panas Garut.


Lokasi Pemandian Air Panas Garut

Berikut ini kami berikan informasi mengenai obyek wisata Pemandian Air Panas Garut yang terkenal dan selalu ramai didatangi pengunjung dari berbagai daerah.

1. Kawasan Pemandian Air Panas Cipanas

sumber :https://www.indonesiakaya.com

Nama Cipanas merupakan kawasan Kecamatan di Garut. Di tempat ini terdapat banyak tempat pemandian air panas Garut yang bisa Anda jadikan rujukan untuk berwisata.

Tidak hanya menawarkan kolam pemandian air panas saja, tapi juga lengkap dengan berbagai wahana permainan dan akomodasi yang mendukung kenyamanan pengunjung saat berwisata.

Lokasi Pemandian Air Panas Garut di Cipanas sangat dekat dengan pusat kota Garut. Jaraknya hanya sekitar 7 kilometer saja atau sekitar 60 kilometer bila ditempuh dari kota Bandung.

Di Cipanas banyak terdapat pilihan untuk Anda berendam air panas di tempat mana saja. Beberapa yang cukup ramai antara lain Kampung Sumber Alam, Sabda Alam, Tirta Gangga, Surya Alam, Cipanas Indah, dan Danau Dariza.

Harga tiket masuknya pun relatif terjangkau, masing-masing tempat pemandian air panas memang mematok harga yang berbeda, mulai dari Rp 30 ribu dan biasanya tarif akan lebih mahal di hari libur.

2. Pemandian Air Panas Puncak Darajat

Pemandian Air Panas Puncak Darajat atau dikenal pula dengan nama Darajat Pass merupakan pemandian air panas Garut yang tidak hanya menawarkan wahana pemandian air panas yang asik, tapi juga pemandangan indah yang menarik.

sumber :https://adhityareza.wordpress.com

Wisatawan dapat berendam di kolam air panas dengan latar pemandangan pegunungan yang asri. Tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda me-relaksasikan tubuh dan pikiran dari berbagai aktivitas kerja yang menjemukan.

Rute Menuju Pemandian Air Panas Garut

Puncak Darajat berlokasi juga tidak begitu jauh dari pusat kota Garut. Jaraknya dari kota Garut sekitar 25 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit perjalanan berkendara.

Pemandian Air Panas Garut – Darajat terletak satu arah dengan Kampung Sampireun sehingga akan mudah ditemukan. Rambu petunjuk arah juga sudah tersedia di sepanjang perjalanan menuju ke lokasi sehingga akan memudahkan wisatawan yang ingin menuju ke Pemandian Air Panas Darajat.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Garut

Bagi wisatawan yang ingin menikmati wahana pemandian air panas Darajat akan dikenai harga tiket masuk sebesar Rp 22 ribu di hari Senin s/d Jumat, dan Rp 25 ribu saat akhir pekan atau hari libur.

Pemandian Air Panas Garut ini tidak hanya terdapat di Puncak Darajat saja, tapi ada juga tempat pemandian air panas lainnya yang masih dalam satu kawasan Darajat, yaitu Awit Sinar Alam Darajat.

Di pemandian air panas Awit Sinar Alam Darajat, terdapat kebun buah strawberry yang bisa Anda nikmati buahnya langsung dari lokasi.

3. Pemandian Air Panas Kawah Talaga Bodas

Bila dibandingkan dengan dua kawasan pemandian air panas Garut sebelumnya, di Kawah Talaga Bodas memang tergolong lebih sederhana dan tidak memiliki berbagai wahana permainan yang menarik seperti di Cipanas atau Puncak Darajat.

sumber : http://ngabolangngabolang.blogspot.co.id

Namun demikian, kolam pemandian air panas Kawah Talaga Bodas cukup terkenal dengan khasiat air panasnya yang bagus untuk kesehatan.

Terdapat 2 lokasi kolam pemandian air panas di kawasan Talaga Bodas, antara lain Kawah Talaga Bodas yang berlokasi tepat di pinggir kawah, dan satunya lagi bernama Pancuran 7 Talaga Bodas yang bisa langsung diakses dari tempat parkir Kawah Talaga Bodas.

Rute menuju pemandian air panas Garut Talaga Bodas sangat mudah dijangkau menggunakan mobil ataupun sepeda motor. Jaraknya sekitar 28 kilometer dari pusat kota Garut dengan waktu tempuh sekitar 45 menit untuk mencapai lokasi dengan kendaraan.

Sayangnya akses jalannya memang masih agak rusak sehingga pastikan wisatawan menggunakan kendaraan yang dalam kondisi prima bila ingin menyambangi lokasi pemandian air panas Talaga Bodas.

Lokasi Kawah Talaga Bodas beralamat di Ds Sukamenak, Kec Wanaraja, Kab Garut, Jawa Barat. Wilayah ini termasuk dalam pengelolaan BKSDA Jawa Barat.

Bagi wisatawan dari arah Bandung yang ingin menuju ke lokasi Pemandian Air Panas Garut Talaga Bodas dapat menempuh rute Bandung – Garut – Wanaraja, ataupun Bandung – Limbangan – Cibatu – Wanaraja.

Jam Operasional Pemandian Air Panas Garut

Jam operasional pemandian air panas Garut Talaga Bodas buka setiap hari mulai dari pagi hingga sore. Harga tiket masuk ke lokasi pun relatif terjangkau dengan rincian sebagai berikut:

Hari Senin s/d Jumat (kecuali hari libur):

  • Tiket masuk wisatawan domestik: Rp 5.000
  • Tiket masuk wisatawan asing: Rp 100.000
  • Tiket masuk rombongan pelajar/mahasiswa: Rp 4.000
  • Biaya parkir: Rp 5.000 untuk sepeda motor, Rp 10.000 untuk mobil, dan Rp 50.000 untuk bus.

Akhir Pekan dan hari libur:

  • Tiket masuk wisatawan domestik: Rp 7.500
  • Tiket masuk wisatawan asing: Rp 150.000
  • Tiket masuk rombongan pelajar/mahasiswa: Rp 4.500
  • Biaya parkir: Rp 7.500 untuk sepeda motor, Rp 15.000 untuk mobil, dan Rp 75.000 untuk bus
  • Tarif foto komersial atau pre wedding: Rp 250.000

Demikian sejumlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai lokasi, rute, dan harga tiket masuk ke sejumlah tempat wisata Pemandian Air Panas Garut. Selamat berwisata yah guys!