105. Pantai Tamban

Di daerah Malang bagian selatan terdapat banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi saat liburan. Salah satunya adalah Pantai Tamban. Pantai ini berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Nama Pantai Tamban berasal dari bahasa Jawa “tombo” yang berarti obat. Menurut legenda, dahulu kala ada tiga orang kyai yang sembuh dari sakitnya setelah minum air dari pantai ini.

Lokasi Pantai Tamban sangat mudah untuk ditemukan. Jika Anda berangkat dari Kota Malang, Anda tinggal mengikuti arah ke Pantai Sendang Biru, lalu mencari penunjuk jalan ke Pantai Tamban. Perjalanan dari Kota Malang biasanya memakan waktu sekitar 3 jam, karena memang sebenarnya letak pantai ini cukup jauh, berkisar 70 kilometer.

Di Pantai Tamban Anda bisa menikmati indahnya hamparan pasir pantai yang putih bersih. Pantai sepanjang 1,5 kilometer ini merupakan pantai yang sangat cocok bagi para penggemar olahraga air. Sebab, di lokasi pantai ini para pengunjung bisa bermain jet ski, berselancar, snorkeling, menyelam, dan parasailing.
Bagi para pengunjung yang kurang menyukai olahraga air, masih banyak pilihan aktivitas yang juga tidak kalah menyenangkan, seperti bersantai di pinggir pantai sambil menikmati suasananya, atau berkemah di tepi pantai. Bagi yang ingin menginap tapi tidak suka camping, tersedia juga beberapa penginapan yang cukup elegan di kawasan pantai ini. Sedangkan bagi yang datang dalam rombongan yang beranggotakan antara 6 sampai dengan 10 orang, tersedia penginapan dalam bentuk asrama.

Pantai Tamban memang cocok bagi orang-orang yang berjiwa petualang. Jika merasa kurang puas menikmati pantai dari tepi, mereka bisa menyewa sebuah perahu wisata yang bisa menampung sampai dengan 12 orang penumpang. Biaya untuk naik perahu wisata ini relatif murah, yaitu Rp.15.000 per orang untuk rute yang paling singkat.

Sedangkan untuk rute yang lebih lama, yaitu berkisar 30 menit dan nantinya akan mendarat di Pulau Sempu, maka tarif yang dikenakan sedikit lebih mahal tapi tetap terjangkau. Harga tiket masuk ke Pantai Tamban sebesar Rp. 6000 per orang. Sebagai objek wisata pantai yang sudah terkelola dengan baik, fasilitas yang tersedia di Pantai Tamban ini tergolong lengkap. Ada kamar mandi, penginapan, serta beberapa warung makan yang menyediakan aneka seafood.

Itulah deretan tempat wisata baru di Malang yang saat ini sedang ngehits guys. Punya rencana liburan? Jangan lupa mampir ya.

Leave a Reply