104. Pantai Savana

Jika Anda ingin berwisata ke pantai dengan suasana yang unik, maka sebaiknya Anda berkunjung ke Pantai Savana. Pantai ini berada dalam wilayah Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan. Lokasinya dekat dengan beberapa pantai lainnya. Dari pusat Kota Malang, jarak ke pantai yang kurang lebih 73 kilometer ini bisa ditempuh dalam waktu 2,5 sampai dengan 3 jam.

Saat tiba di Pantai Savana, Anda harus membeli tiket masuk seharga Rp. 6000 per orang. Harga ini belum termasuk biaya parkir. Di pantai ini juga Anda harus ditemani oleh seorang guide, yang biayanya sekitar Rp. 75.000 sampai dengan Rp. 150.000 untuk satu rombongan, di mana setiap rombongan maksimal terdiri dari 10 orang.

Sesuai dengan namanya, sehingga pantai ini berbeda dari pantai-pantai lainnya adalah padang savananya. Jadi, di sekitar pantai ini banyak terdapat padang savana yang membentang luas dan hijau. Sebagian besar tumbuhan yang ada di sana merupakan rumput liar dan ilalang. Di Pantai Savana ini pasirnya berwarna putih dan halus. Saking halusnya, para pengunjung bisa berjalan kaki meski tidak memakai alas kaki tanpa harus takut terluka. Karena memang pengunjungnya belum terlalu banyak, kondisi pantai ini masih sangat alami dan bersih dari sampah. Air di pantai ini tampak biru dan jernih. Di pantai ini pengunjung dilarang untuk berenang.

Para pengunjung juga bisa menikmati keindahan tempat dari atas sebuah bukit yang letaknya tidak terlalu jauh dari pantai. Dari atas bukit tersebut, selain bisa mengambil foto pemandangan pantai yang indah, Anda juga bisa berfoto bersama rombongan dengan latar belakang savana yang hijau. Bukit yang ada di Pantai Savana merupakan spot yang sangat bagus untuk melihat pemandangan indah saat matahari terbit maupun terbenam.

Karena memang pantai ini bukan pantai yang benar-benar terbuka untuk wisatawan, dan juga sekaligus merupakan salah satu pantai konservasi terumbu karang, maka tidak ada fasilitas apapun yang tersedia di sana. Bahkan penjual makanan pun tidak ada, sehingga Anda harus membawa bekal sendiri dari rumah ketika berkunjung ke tempat ini.

Leave a Reply