103. Pantai Ungapan

Pantai Ungapan terletak di dalam wilayah Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Malang. Perjalanan yang dilakukan dari arah Kota Malang ke pantai ini membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam akibat jarak tempuh yang cukup jauh, yaitu sekitar 65 kilometer. Selama perjalanan Anda akan menjumpai banyak tikungan. Tapi, jalanan sangat bagus dan halus, sehingga perjalanan tetap nyaman.


Ada dua jalur yang bisa Anda lalui untuk sampai ke pantai ini. Jalur yang pertama Anda harus menuju ke arah Pantai Sendang Biru, lalu mencari penunjuk arah ke Pantai Ungapan. Sedangkan jalur yang kedua, Anda harus menuju ke arah Pantai Balekambang, tapi sebelum sampai di pantai tersebut Anda harus belok kiri ke arah Pantai Ungapan. Rute yang kedua ini jaraknya lebih jauh dibandingkan rute yang pertama.

Meskipun Pantai Ungapan sudah dikelola sebagai tempat wisata. Tapi karena pantai ini masih relatif baru, makapengunjung yang datang juga belum terlalu banyak. Jadi, jika Anda datang ke pantai ini, Anda bisa bersantai dan menikmati pemandangan pantai dalam suasana yang tenang.

Di pantai ini Anda bisa melakukan banyak kegiatan, seperti tracking dengan cara menyusuri muara hingga ke hulu. Jarak yang harus Anda tempuh sekitar 7 kilometer. Di sepanjang perjalana ketika trekking, Anda akan menyaksikan panorama alam yang indah dan alami. Kegiatan lain yang juga bisa Anda lakukan di pantai ini adalah menjelajahi bukit-bukit yang ada di sekitar pantai ini. Hal ini tidak terlalu melelahkan, karena bukit-bukit tersebut tidak terlalu tinggi, dan medannya pun cukup mudah untuk dilalui. Setelah sampai di atas bukit, Anda bisa menikmati keindahan pemandangan pantai dan sekitarnya yang terlihat sangat jelas.

Kawasan pantai ini dikelola secara resmi oleh Perhutani. Tiket masuk ke pantai ini sebesar Rp. 5000 per orang. Beragam fasilitas sudah tersedia di pantai ini, seperti kamar mandi, area parkir, dan musholla. Selain itu, di pinggir pantai ini telah dibangun banyak gubuk. Itulah sebabnya pantai ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Seribu Gubuk, meskipun tentunya jumlah gubuk yang ada di kawasan tersebut tidak sampai berjumlah 1000. Para pengunjung seringkali memanfaatkan gubuk-gubuk tersebut untuk berteduh sembari melepas lelah setelah menjelajahi daerah pantai dan sekitarnya.