102 .Pantai Ngudel

Di sekitar Kota Malang ada beberapa pantai baru. Tentu saja, “baru” bukan berarti bahwa pantai-pantai ini baru terbentuk. Sebenarnya pantai-pantai ini sudah ada sejak dulu, tapi baru saja dibuka untuk umum sebagai tempat wisata. Dari beberapa pantai yang masih baru ini, salah satu yang paling cepat menjadi terkenal adalah Pantai Ngudel. Nama pantai ini cukup menggelitik, karena mengingatkan kita kepada salah satu daerah di tubuh kita.

Dan memang, pantai ini diberi nama Pantai Ngudel karena ada batu besar yang menyembul di tengah laut, sehingga mirip dengan pusar yang ada di tengah bagian perut. Pantai yang masuk dalam wilayah Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan ini jika dari pusat Kota Malang dapat dijangkau dalam waktu sekitar 2,5 jam karena memang jaraknya cukup jauh, yaitu sekitar 80 kilometer. Untungnya, akses ke pantai ini sangat mudah, dan jalanan yang menuju ke sana beraspal halus sehingga cocok untuk semua jenis kendaraan.

Pantai ini mempunyai hamparan pasir putih yang sangat menggoda siapapun untuk bermain-main atau sekedar berjalan-jalan dengan bertelanjang kaki. Selain itu, di pantai ini airnya biru dan jernih, yang tentunya membuat pengunjungnya ingin menceburkan diri ke dalamnya. Sayangnya, karena alasan keselamatan, di pantai yang indah ini pengunjung dilarang mandi atau berenang di laut. Jadi, para pengunjung harus puas hanya dengan bermain-main di pinggiran pantai saja. Di sekeliling pantai ini, ada bukit dan tebing yang cukup menarik untuk latar belakang berfoto. Selain itu, keindahan pantai juga dapat dinikmati dari atas bukit-bukit tersebut.

Pantai ini memang sudah dikelola sebagai kawasan wisata. Jadi, sudah ada loket yang menjual tiket, dan bagi para pengunjung sudah tersedia beberapa fasilitas seperti gazebo untuk bersantai di tepi pantai dan yang lainnya. Harga tiket masuk ke kawasan pantai ini sebesar Rp. 5000 per orang. Sedangkan untuk parkir mobil biayanya sebesar Rp. 10.000. Sebagai tempat wisata memang Pantai Ngudel ini belum terkelola dengan maksimal. Padahal, dilihat dari keindahan alam yang ditawarkannya, seperti pasirnya yang putih dan airnya yang biru jernih, potensi pantai ini sangat bagus.

Leave a Reply