97. Coban Baung

Sebagian besar tempat wisata lokasinya sangat mudah untuk ditemukan. Tapi, ada juga beberapa tempat wisata, khususnya tempat wisata alam, yang lokasinya tersembunyi. Salah satu contohnya adalah Coban Baung yang terletak di Desa Cowek, Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Dari pusat Kota Malang, air terjun ini berjarak sekitar 30 kilometer, yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit saja. Meskipun letaknya tersembunyi, lokasinya obyek wisata ini mudah dijangkau, baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Coban Baung sudah dikelola dengan sangat baik dan tersedia fasilitas lengkap. Tapi bagaimanapun juga sebaiknya sebelum berkunjung ke sana kita tetap mempersiapkan segalanya dengan matang, termasuk kondisi fisik. Hal ini perlu diperhatikan, karena perjalanan dari area parkir kendaraan menuju ke air terjunnya cukup melelahkan, dengan anak tangga yang curam. Sehingga, hampir tidak mungkin kita bisa beristirahat di tengah jalan, karena selain berbahaya juga akan mengganggu pengunjung lain yang akan lewat.

Meskipun teras melelahkan, perjalanan menuju ke spot utama di Coban Baung sangat menarik. Sebab, di sepanjang jalan kita bisa menyaksikan pemandangan alam sekitar yang asri. Terkadang kita juga bisa melihat beberapa ekor monyet yang bergelantungan di pepohonan. Saat sudah hampir sampai di lokasi, kita akan bisa mendengar suara air terjun.

Coban Baung yang ada di dalam Taman Wisata Alam Gunung Baung ini termasuk air terjun yang tinggi, dengan ketinggian sekitar 100 meter. Selain itu, air yang terjun juga cukup deras. Itulah sebabnya sebaiknya para pengunjung tidak terlalu dekat dengan air terjunnya. Apalagi mengingat bahwa sungai di bawah air terjun ini penuh dengan bebatuan yang dalam kondisi tertentu bisa menjadi sangat licin.

Untuk masuk ke Coban Baung, para pengunjung harus membayar sebesar Rp.5000 per orang. Biaya ini belum termasuk biaya parkir sebesar Rp.3000 untuk kendaraan roda 4 dan Rp.2000 untuk kendaraan roda 2. Bagi para pengunjung yang membawa kamera, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.3000.

Dari segi fasilitas, yang tersedia di Coban Baung cukup lengkap. Tapi itu semua bukan fasilitas milik air terjun itu sendiri, melainkan fasilitas milik Taman Wisata Alam Gunung Baung tempatnya berada. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain adalah area parkir, loket informasi, rest area & shelter, penginapan, ruang pertemuan, gardu pandang, kamar mandi kafetaria, taman bermain anak, trek untuk jogging, tempat camping, dan kios yang menjual suvenir.