95. Coban Siuk

Salah satu air terjun di sekitar Kota Malang yang paling terkenal keindahannya adalah Coban Siuk. Dari pusat Kota Malang, air terjun yang terletak di Desa Taji, Kecamatan Jabung ini jaraknya sekitar 30 kilometer, dan biasanya bisa dijangkau dengan menempuh perjalanan selama sekitar 1 jam. Nama air terjun yang satu ini tergolong unik, dan seringkali membuat orang penasaran.


Konon nama Siuk berasal dari nama orang yang dulu memiliki lahan di lokasi air terjun tersebut, yaitu Mbok Siyok. Walaupun sudah dikeloa dengan relatif baik, Coban Siuk masih tergolong objek wisata yang baru. Jadi, suasana di sekitar air terjun masih alami karena memang belum banyak terjamah. Kondisi alam sekitarnya pun masih sangat bersih.

Kondisi jalan menuju ke lokasi Coban Siuk masih cukup bagus. Selain itu, pemandangan selama perjalanan sangat menarik karena kita bisa melihat hutan yang rindang dan Kota Malang dari kejauhan. Para pengunjung yang menggunakan mobil harus parkir di dekat pos masuk. Para pengunjung yang menggunakan sepeda motor bisa masuk sampai ke dalam area parkir yang dekat dengan lokasi air terjun.

Di pos masuk setiap pengunjung wajib membayar retribusi sebesar Rp. 5000. Dari area parkir sepeda motor, jarak menuju ke lokasi air terjun tidak jauh, hanya sekitar 100 meter saja. Menariknya, selain air terjun utama, ada satu air terjun yang ukurannya kecil dan terletak di pinggir jalan tersebut.

Air terjun di Coban Siuk tergolong tinggi, karena berada pada ketinggian 70 meter. Suasana alam di dekat air terjun ini benar-benar mempesona. Udara yang sejuk, hijaunya pepohonan, dan percikan air benar-benar memberikan ketenangan dan kesegaran yang seakan-akan membuat kita menyatu dengan alam. Memang, karena belum terlalu terkenal, suasana di kawasan wisata ini tergolong tenang, karena pengunjungnya biasanya tidak terlalu banyak.

Fasilitas yang disediakan di Coban Siuk belum tergolong lengkap. Tapi, sudah ada taman kecil dengan bunga-bunga yang cantik, dan gazebo sebagai tempat untuk beristirahat atau bersantai bagi para pengunjung. Selain itu juga tersedia kamar mandi dan ada warung yang menjual makanan. Karena objek wisata alam ini masih dalam proses pengembangan, maka ke depannya akan terdapat banyak fasilitas pendukung seperti kolam renang dan yang lainnya.