94. Coban Trisula

Jika Anda mencari air terjun yang letaknya di sekitar Kota Malang, Anda akan menemukan beragam pilihan menarik. Salah satunya bernama Coban Trisula. Air terjun ini terletak di dalam wilayah Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, sekitar 35 kilometer dari pusat Kota Malang.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari pusat kota biasanya kita bisa sampai ke lokasi air terjun ini dalam waktu sekitar satu seperempat hingga satu setengah jam. Sebenarnya tempat wisata alam ini juga bisa dijangkau dengan kendaraan umum. Hanya saja, biasanya bagi sebagian besar wisatawan cara ini kurang praktis karena harus berpindah angkutan beberapa kali, dan setelah itu masih harus naik ojek.

Nama Coban Trisula mungkin sekilas terdengar menyeramkan. Tapi sebenarnya, air terjun yang satu ini diberi nama Trisula hanya berdasarkan tiga tingkatan yang ada padanya. Jadi, airnya memang tidak langsung terjun bebas dari ketinggian, melainkan terlebih dahulu melalui tingkatan-tingkatan tersebut. Memang sudah menjadi hal yang umum jika kita harus berjalan agak jauh saat mengunjungi objek wisata air terjun.

Tapi, untuk di Coban Trisula, jarak yang harus ditempuh dengan berjalan kaki masih tergolong sedang, yaitu sekitar 700 meter. Selain keindahan air terjunnya itu sendiri, di kawasan ini para wisatawan juga dapat menikmati banyak hal. Ada hutan yang rimbun dan alami, udara pegunungan yang sejuk, dan suara burung-burung yang berkicau riang.

Di setiap tingkatan yang ada pada Coban Trisula, ada beberapa benda yang mempunyai legenda masing-masing. Di air terjun yang paling bawah, ada bukit yang bentuknya mirip dengan kubah, batu tugu, dan batu meja berukuran kecil. Lalu di air terjun bagian tengah, ada batu meja berukuran besar, dan sebuah tebing batu.

Sedangkan di air terjun yang paling atas, ada tebing batu, dan batu pintu. Biasanya para pengunjung yang suka dengan berbagai macam tumbuhan sangat menyukai daerah di sekitar Coban Trisula ini. Karena, ada banyak tumbuhan liar yang dapat dinikmati keindahannya, seperti anggrek, paku-pakuan, dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke kawasan wisata Coban Trisula kita harus membayar sebesar Rp. 2.500. Tapi, ini adalah harga khusus untuk wisatawan domestik saja. Untuk wisatawan mancanegara, tarif masuknya sebesar 2 dollar.