92. Coban Tengah

Jika Anda adalah seorang petualang sejati, Anda harus berkunjung ke Coban Tengah. Objek wisata air terjun ini terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang. Coban Tengah letaknya berdekatan dengan Coban Rondo, yaitu objek wisata air terjun lainnya yang sudah lebih dikenal oleh para wisatawan.

Dari pusat Kota Malang, perjalanan menuju ke lokasi air terjun ini akan memakan waktu sekitar 1,5 jam. Saat Anda tiba di lokasi parkir kendaraan, sebenarnya petualangan aAnda baru dimulai. Sebab, setelah itu Anda akan berjalan kaki cukup jauh dan akan melewati jalur yang beragam. Tidak hanya jalur tanah dan bebatuan yang naik turun, tapi Anda juga akan berjalan melewati aliran sungai yang jernih.

Perlu dicatat bahwa sebelum berkunjung ke objek wisata ini, kondisi Anda harus betul-betul fit. Sebab, Anda akan berjalan kaki selama sekitar 2 jam untuk sampai ke lokasi air terjun.

Walaupun memang objek wisata utama di Coban Tengah adalah air terjunnya, sebenarnya perjalanan menuju ke spot utama juga memiliki daya tarik tersendiri. Karena sepanjang perjalanan, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang masih sangat alami. Udara yang sejuk, atau bahkan cenderung dingin, dikombinasikan dengan berbagai macam pepohonan serta sungai yang airnya jernih, benar-benar merupakan keindahan yang sangat jarang ditemui oleh sebagian besar dari kita. Selama perjalanan juga terdapat banyak kebun milik penduduk setempat yang ditanami berbagai macam sayuran, yang memberikan pesona tersendiri.

Coban tengah merupakan obyek wisata yang sudah dikelola dengan cukup baik, ada tiket masuk yang harganya Rp. 5000 per orang. Untuk fasilitas yang tersedia, memang tidak banyak. Hanya ada kamar kecil saja.

Seperti di objek wisata air terjun lainnya, di bawah Coban Tengah, Anda bisa sepuasnya bermain air sambil berfoto. Jika Anda sudah kelelahan karena perjalanan, Anda bisa beristirahat sejenak sambil bersantai dan menikmati pemandangan indah di sana. Walaupun letaknya tersembunyi dan medannya menantang, objek wisata ini bukan termasuk objek wisata yang sepi. Jadi, jika Anda benar-benar ingin menikmati suasana alam yang tenang, sebaiknya Anda jangan ke sana waktu weekend atau liburan panjang karena pasti ramai.