91. Coban Ringin Gantung

Jika Anda sedang berlibur di Kota Malang, tidak ada salahnya jika Anda juga mengunjungi beberapa objek wisata yang lokasinya agak ke luar kota. Salah satu yang sebaiknya Anda kunjungi adalah Coban Ringin Gantung di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Malang. Objek wisata alam air terjun yang satu ini letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Malang.


Jika naik kendaraan pribadi, perjalanan hanya akan memakan waktu sekitar 1 jam saja. Tapi, perlu kami ingatkan bahwa air terjun ini hanya cocok bagi para petualang saja. Karena, setelah tiba di sana, dari area parkir kendaraan Anda masih harus berjalan kaki cukup jauh ke lokasi air terjunnya. Selain jauh, jalur yang harus dilalui pun cukup berat dan melelahkan. Karena itu, sebaiknya Anda datang ke lokasi ini dengan naik sepeda motor, karena Anda bisa parkir lebih dekat dengan spot utamanya.

Sebenarnya ada 2 jalur yang bisa dilalui untuk sampai ke lokasi air terjun yang indah ini. Jalur yang pertama relatif pendek, tapi para pengunjung harus menuruni tebing yang curam, dan tentunya cukup berbahaya. Jalur pertama ini hanya cocok bagi para pengunjung yang memang bernyali. Sedangkan jalur kedua, memang lebih aman, tapi lebih jauh karena para pengunjung harus berjalan kaki sekitar 2 kilometer.

Tapi yang jelas, rasa lelah karena berjalan kaki akan langsung hilang saat Anda tiba di lokasi air terjun ini. Sebab, air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter ini memang sangat indah, dan kondisi di sekitarnya masih sangat alami. Tempat ini diberi nama Coban Ringin Gantung karena di sebelah barat air terjun ini terdapat pohon beringin yang menempel dan tumbuh dengan subur.

Di bawah air terjun Anda bisa bermain air atau berfoto dengan latar belakang air terjun yang indah ini. Tapi ingat, Anda juga harus beristirahat yang cukup, karena untuk kembali ke area parkir kendaraan aAnda masih harus berjalan kaki lagi. Karena lokasinya yang tersembunyi dan hanya dikelola oleh masyarakat setempat, maka tidak ada tiket masuk yang harus dibeli alias gratis. Anda hanya perlu membayar biaya parkir untuk kendaraan Anda saja.