90. Coban Cinde

Jika Anda sangat menyukai objek wisata air terjun, sebaiknya Anda berkunjung Kota Malang. Memang, tentu saja di kota itu sendiri tidak ada air terjunnya. Tapi, ada beberapa air terjun di sekitar Kota Malang yang sangat terkenal karena keindahan dan suasana sekitarnya yang masih asri dan alami. Salah satu air terjun tersebut bernama Coban Cinde.

Objek wisata alam ini letaknya di Desa Benjor, Kecamatan Tumpang, Malang. Dari pusat kota, perjalanan ke tempat ini memakan waktu sekitar 1 jam, karena memang jaraknya hanya sekitar 30 kilometer saja. Anda bisa naik kendaraan umum ke sana. Tapi, akan jauh lebih praktis jika anda menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.

Jika Anda ingin berkunjung ke Coban Cinde, anda harus siap berpetualang. Karena, lokasi air terjun ini relatif tersembunyi. Jadi, setelah memarkir kendaraan, anda masih harus berjalan cukup jauh, sekitar 3 kilometer, dan melewati jalur yang cukup menantang. Tapi, sepanjang perjalanan ini anda bisa menikmati udara segar dan pemandangan alam yang indah. Anda akan melewati kebun-kebun yang ditanami dengan aneka sayuran.

Anda juga akan menyusuri sebuah sungai, yang tentunya harus dilakukan dengan hati-hati. Di sekitar sungai tersebut, anda bisa menikmati suasana hutan yang lebat, sambil mendengarkan merdunya kicauan burung-burung. Setelah sampai di bawah air terjun, anda harus bersiap-siap untuk menjadi basah. Karena, bahkan tanpa berjalan mendekatinya pun anda akan terkena cipratan airnya.

Di lokasi air terjun suasananya sangat sunyi dan tenang. Yang terdengar tentu saja suara air terjun itu sendiri, dengan diiringi oleh suara burung-burung yang tinggal di hutan sekitarnya. Karena letaknya yang tersembunyi, dan juga karena medan menuju ke sana yang cukup berat, memang objek wisata air terjun ini belum terlalu banyak pengunjungnya.

Tapi itu merupakan nilai plus, karena anda akan benar-benar bisa menikmati suasana alam di sana. Karena ini termasuk objek wisata yang belum terkelola dengan baik, untuk menikmati keindahannya para pengunjung tidak perlu membeli tiket masuk alias gratis. Tapi tentunya, tidak ada fasilitas apapun yang tersedia di sana. Jadi, sebaiknya sebelum berangkat anda sudah mempersiapkan semuanya dengan matang.

Leave a Reply