89. Coban Kethak

Saat berwisata di Kota Malang, biasanya yang dicari oleh para wisatawan adalah wisata alamnya. Memang, di kota tersebut ada banyak tempat wisata yang memamerkan keindahan alam serta menawarkan suasana yang sangat alami. Salah satu objek wisata yang masuk dalam kategori ini adalah Coban Kethak.


Tempat wisata alam yang berada di dalam wilayah Desa Pait, Kecamatan Kasembon ini letaknya relatif jauh dari pusat kota, dengan jarak sekitar 60 kilometer. Perjalanan dari pusat kota Malang ke tempat ini biasanya memakan waktu cukup lama, yaitu sekitar 2 jam jika menggunakan kendaraan pribadi. Tapi, perjalanan ke tempat ini sama sekali tidak membosankan karena di sepanjang jalan mata kita akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah.

Walaupun perjalanan dari pusat kota menuju ke Coban Kethak memakan waktu yang cukup lama, saat tiba di tempat ini semua rasa lelah yang dirasakan akan segera sirna. Karena, para pengunjung bisa menikmati udara yang sejuk, sambil melihat indahnya air terjun yang ada di sana. Biasanya di objek wisata air terjun para pengunjung harus berjalan kaki cukup jauh sebelum bisa sampai ke spot utama.

Tapi di Coban Kethak, jarak antara tempat parkir kendaraan dengan air terjunnya hanya sekitar 500 meter saja. Karena pemadangan alam sekitar yang indah, dan udara yang segar, jarak tersebut sama sekali tidak melelahkan. Di sekitar air terjun yang dijuluki Grojogan Singo ini terdapat beberapa gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat untuk piknik atau sekedar bersantai. Selain itu, tersedia juga arena bermain untuk anak-anak dan panggung hiburan.

Air terjun Coban Kethak tergolong tidak terlalu tinggi, dengan aliran air yang cukup deras. Kejernihan air di tempat ini memang sangat menggoda. Sayangnya, para pengunjung tidak diperkenankan mandi atau berenang di bawah air terjun, dan memang ada beberapa rambu larangan yang terpasang. Jadi, biasanya para pengunjung harus puas dengan berfoto saja, dengan air terjun ini sebagai latar belakangnya. Jika dibandingkan dengan tempat-tempat wisata alam lainnya di sekitar Kota Malang, Coban Kethak memang relatif masih baru. Tempat ini baru dibuka pada tahun 2014. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini sangat murah, yaitu sebesar Rp. 5000 saja. Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas standar, seperti lahan parkir, kamar mandi, dan ruang bilas.