88. Ijen Boulevard

Di Kota Malang memang ada banyak sekali tempat yang menarik untuk dikunjungi. Tapi, tidak semuanya merupakan objek wisata. Salah satu contohnya adalah Taman Ijen Boulevard. Tempat yang menarik ini merupakan taman yang menjadi pembatas di antara dua ruas jalan. Jadi konsepnya mungkin sama dengan taman-taman pembatas jalan yang ada di kota-kota lain.

Tapi yang satu ini berbeda karena relatif luas dan sangat terawat sehingga selalu terlihat cantik dan asri. Kecantikan taman ini tidak hanya terlihat pada siang hari, tapi juga pada malam hari dikarenakan banyaknya lampu-lampu yang menghiasinya. Tulisan Ijen Boulevard yang ada di taman ini pun sudah dilengkapi dengan lampu dan menyala dengan terang saat malam hari.

Sesuai dengan namanya, Taman Ijen Boulevard terlatak di Jalan Ijen. Lokasi taman ini berdekatan dengan Perpustakaan Kota Malang dan Museum Brawijaya. Taman ini memang merupakan salah satu landmark Kota Malang. Bahkan, banyak yang berpendapat bahwa taman ini memegang peranan penting dalam mempercantik Kota Malang. Jalan Ijen sendiri merupakan tempat yang bersejarah, karena sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Tentu saja, tatanan Jalan Ijen dulu tidak sama dengan yang sekarang. Tapi, banyak yang mengakui bahwa kawasan tersebut memang sebenarnya sudah indah sejak dulu, karena merupakan salah satu kawasan elit di Kota Malang.

Keberadaan Taman Ijen Boulevard sebenarnya bukan sebagai tempat wisata. Oleh karena itu hampir tidak ada fasilitas yang tersedia di taman ini. Hanya ada beberapa kursi taman saja yang bisa dimanfaatkan bagi para pengunjung untuk duduk santai sembari mengobrol. Karena ini adalah taman kota sekaligus pembatas jalan, tentu saja taman ini terbuka untuk umum selama 24 jam.

Tidak ada tiket yang harus dibeli untuk masuk ke Taman Ijen Boulevard. Pada pagi hari setiap hari Minggu, diberlakukan Car Free Day di jalan tersebut. Jadi biasanya, ada banyak orang yang mengunjungi taman ini untuk berjalan-jalan atau lari pagi. Bagi para pengunjung yang hobi berfoto, ada beberapa spot yang cantik di taman ini. Salah satunya adalah di sebuah sudut yang letaknya di antara Jalan Ijen dengan Jalan Guntur dan Jalan Buring.