85. Taman Kunang-Kunang

Taman Kunang-kunang adalah salah satu tempat rekreasi di Kota Malang yang masih tergolong baru. Dilihat dari namanya, memang taman yang satu ini membuat penasaran, karena kurang menjelaskan sebenarnya apa yang ada di sana. Keunikan taman ini terletak pada lampu-lampu LED yang ada di sana.

Pada malam hari, lampu-lampu LED yang ada di taman ini tampak gemerlapan dan sangat menggoda siapapun yang melihat untuk menyaksikan dari dekat. Jadi, memang sebutan Taman Kunang-kunang sangat cocok untuk taman yang letaknya di Jalan Jakarta dan dekat dengan Wearnes Education Center ini. Karena, taman ini tampak bersinar di antara gelapnya malam.

Taman Kunang-kunang terbagi menjadi 5 bagian, dan setiap bagian itu disebut sebagai plaza. Pada setiap plaza terdapat lampu LED dengan jumlah dan tatanan yang berbeda. Plaza pertama mempunyai 18 lampu dengan bentuk persegi panjang. Plaza kedua lampu-lampunya berbentuk mirip huruf L yang terbalik. Plaza ketiga mempunyai lampu-lampu berbentuk bulat yang mengelilingi dua gazebo. Plaza keempat terdapat lampu-lampu berbentuk tiang berwarna putih, dan kursi-kursi permanen dari beton. Plaza kelima terdapat lampu-lampu berwarna putih berbentuk bulat.

Meskipun menonjol lampu-lampu LED nya menonjol, tetapi sebagai sebuah taman, Taman Kunang-kunang tampaknya tetap mementingkan aspek keindahan alam dan pengetahuan. Oleh karena itu, di sekitar jalan setapak yang ada di sana terdapat pohon-pohon yang diberi label yang berisikan nama jenis pohon tersebut. Semua ini dalam rangka membantu para pengunjung untuk lebih mengenal jenis pepohonan.

Di Taman Kunang-kunang disediakan gazebo dan kursi-kursi, sehingga taman ini terasa sangat nyaman untuk digunakan sebagai tempat nongkrong sambil mengobrol bersama teman, saudara, dan keluarga. Karena daya tarik utamanya adalah cahaya dari lampu-lampu LED, Taman Kunang-kunang memang paling menarik dikunjungi saat hari sudah mulai gelap. Tapi sebenarnya, taman seluas 14.777 meter persegi ini dapat dikunjungi kapan saja karena memang terbuka untuk umum selama 24 jam.

Sebagaimana beberapa taman lainnya yang ada di Kota Malang, para pengunjung tidak perlu membayar sepeser pun untuk menikmati suasana Taman Kunang-kunang ini. Keamanan di taman ini tidak perlu dikhawatirkan. Sebab, di sekitar taman terdapat beberapa petugas keamanan yang berjaga juga selama 24 jam non-stop. Jadi, selain asri dan nyaman, taman yang satu ini juga aman.

Leave a Reply