84. Taman Bentoel (Taman Cerdas) Trunojoyo

Kota Malang memang kota wisata yang sangat cocok bagi para wisatawan yang sangat suka dengan keindahan alam dan taman. Sebab, di kota ini memang terdapat banyak sekali taman yang asri. Salah satunya adalah Taman Cerdas Trunojoyo. Taman ini dikembangkan oleh Bentoel Group sebagai salah satu program Corporate Social Responsibility dari perusahaan tersebut.


Letak taman ini cukup strategis, karena berada di tengah kota dan dekat dengan Stasiun Kotabaru. Oleh karena itu, siapapun juga termasuk para wisatawan dari luar kota dengan mudah menemukannya. Bahkan, seringkali memang para wisatawan yang baru tiba di Kota Malang dengan naik kereta langsung singgah di taman ini untuk beristirahat sejenak.

Sesuai dengan namanya, taman seluas 5.840 meter persegi ini lebih dari sekedar taman biasa. Di taman ini para pengunjung tidak sekedar menikmati keindahan dan kenyamanan taman yang asri, tapi juga bisa menggunakan berbagai fasilitas belajar yang tersedia. Jadi selain tempat untuk bermain dan interaksi anak-anak, di Taman Cerdas Trunojoyo juga tersedia sebuah perpustakaan kecil, dengan koleksi buku yang cukup lengkap. Karena ukurannya yang cukup besar, Taman Trunojoyo dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian utara dan bagian selatan.

Taman Cerdas Trunojoyo di bagian utara diperuntukkan khusus bagi anak-anak. Oleh karena itu, di taman ini telah disediakan aneka jenis permainan yang menarik dan seru, seperti lautan pasir, taman air mancur, dan yang lainnya. Anak-anak berusia 5 sampai dengan 12 tahun bebas bermain di taman bermain anak-anak, tapi tentunya dengan pengawasan orang tua mereka masing-masing.

Taman Cerdas Trunojoyo bagian selatan didesain untuk para remaja atau anak muda. Di bagian selatan ini, disediakan ruang apresiasi seni dan music untuk menampung kreativitas dan aspirasi generasi muda di Kota Malang. Selain itu, tersedia juga sebuah food court yang menjual aneka jenis makanan dan jajanan untuk para pengunjung.

Taman Cerdas Trunojoyo terbuka untuk umum dan bisa dikunjungi kapan saja secara gratis. Untuk perpustakaan taman ini, jam bukanya dimulai dari 9 pagi sampai dengan jam 4 sore. Sebagai tempat wisata, taman ini fasilitasnya tergolong lengkap.

Ada toilet, area parkir yang memadai, dan ruangan untuk menyusui. Karena setelah bermain biasanya anak-anak menjadi basah atau kotor, disediakan juga ruang untuk cuci atau membasuh badan, dan ruang untuk ganti baju. Bagi para orang tua yang sedang menemani anaknya bermain di taman ini, tersedia koneksi internet via wifi.