83. Hutan Kota Malabar

Biasanya yang namanya hutan terletak sangat jauh dari kota. Tapi di Kota Malang, ada tempat wisata yang diberi nama Hutan Kota Malabar. Karena letaknya tidak jauh dari pusat kota, maka tempat wisata tersebut sangat mudah untuk dijangkau. Hutan ini tergolong tempat wisata yang baru tapi lama.

Dikatakan lama karena kawasan hutan tersebut sebenarnya sudah ada sejak lama. Dikatakan baru karena baru direvitalisasi pada tahun 2015 dan diresmikan pada tahun 2016. Selain berfungsi sebagai salah satu ruang terbuka hijau di Kota Malang, hutan ini juga sekaligus berfungsi sebagai semacam hutan lindung, dengan berbagai tanaman dan hewan di dalamnya.

Sesuai dengan namanya, Hutan Kota Malabar terletak di Jalan Malabar, Malang, dekat dengan Pasar Rakyat Oro-oro Dowo. Luas hutan kota ini kurang lebih 16.718 m2. Dengan luas tersebut, para pengunjung yang masuk ke dalam hutan ini benar-benar bisa merasa seakan-akan sedang berada di tengah hutan yang sesungguhnya.

Udara sejuk yang menjadi khas Kota Malang, digabungkan dengan aneka pepohonan yang asri, menjadikan hutan ini betul-betul merupakan tempat yang sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga. Tapi itu belum semuanya. Para pengunjung juga akan dihibur oleh kicauan aneka burung yang hidup di sana, yang tentunya memperlengkap nuansa hutan yang ada. Di hutan ini terdapat banyak spot foto yang keren.

Selain sebagai tempat untuk rekreasi, Hutan Kota Malabar juga merupakan tempat yang ideal untuk belajar, atau lebih tepatnya belajar untuk lebih mengenal alam. Sebab, pepohonan yang ada di hutan tersebut dilengkapi dengan label berisi informasi lengkap mengenai nama pohon, nama latinnya, serta kontribusi pohon tersebut dalam ekosistemnya.

Hutan ini terbuka untuk umum, sehingga siapapun bisa masuk secara gratis. Tapi, gratis tidak berarti bahwa tempat wisata ini minim fasilitas. Dulu, sebelum direvitalisasi, hal itu mungkin benar. Tapi sekarang, Hutan Kota Malabar sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti trek untuk jogging, area permainan, jalur untuk para penyandang disabilitas, toilet, dan masih banyak lagi.