71. Pantai Clungup

Pantai Clungup merupakan salah satu obyek wisata pantai di Malang yang memiliki panorama alam yang sangat luar biasa. Sebagian orang bahkan mengatakan kalau pemandangan alam Pantai Clungup ini mirip dengan Raja Ampatnya Papua. Ya meskipun tak sepopuler pantai di Raja Ampat, tetapi pesona keindahan pantai ini tak kalah kok.

Pantai Clungup masih termasuk dalam kawasan konservasi Sendang Biru, tepatnya di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermaning Weta, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk menuju ke sana kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, hanya saja untuk roda empat jarak parkirnya lebih jauh, dan harus berjalan kaki hingga sampai lokasi.

Harga tiket masuk Pantai Clungup sebenarnya gratis, hanya saja umumnya pengunjung memberikan donasi sebesar Rp.6.000 per orangnya, itu saja udah termasuk murah. Pengunjung juga membayar biaya parkir sebesar Rp.3.000. Rute yang bisa ditempuh dari kota Malang menuju ke lokasi, maka melewati Kecamatan Bululawang – Kecamatan Turen – Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Alamat tersebut sudah tercatat dalam Google Map, ini tentu sangat berguna sebagai petunjuk jalan bila menggunakan GPS.

72. Teluk Kletekan

Bagi kamu yang ingin menikmati liburan dengan menyelam di dalam air yang sangat jernih, maka Teluk Kletekan merupakan tempat yang cocok untuk kamu kunjungi. Di teluk ini kamu bisa sepuasnya menikmati sensai air pantai yang bening dan alami. Selain kondisi airnya yang jernih, juga dihiasi batu karang lengkap dengan iklan hias berwarna-warni.

Kedalaman teluk Kletekan ini mencapai 4 – 8 meter. Ukuran yang tidak terlalu dangkal dan tidak terlalu dalam. Sehingga, kamu bisa menikmati pemandangan bawah air dengan bermain Snorkeling. Mengabadikan moment Snorkeling di bawah air bersama ikan-ikan cantik tentu menjadi sangat spesial.

Sebenarnya Teluk Kletekan ini masih satu jalur dengan Pantai Bolu-Bolu. Jadi, kamu bisa menyewa perahu menuju ke Pantai Bolu-Bolu maupun Teluk Kletekan dengan biaya sebesar Rp.50.000.