63. Museum Topeng

Setelah mengelilingi wisata Museum Angkot dan Pasar Apung, lebih asyik lagi dengan dilanjutkan mengunjungi museum Topeng. Museum Topeng ini menyajikan sekitar 2.000 topeng khas berbagai daerah di penjuru Indonesia. Tidak hanya itu saja, di sana juga ada barang-barang antik peninggalan zaman prasejarah hingga kerajaan Mojopahit, diantaranya seperti; keris, patung, Al-Quran berusia ratusan tahun, dan lain sebagainya.

Di museum ini juga terdapat kain tenun dari berbagai propinsi. Selain itu, di museum ini juga pengunjung bisa menyaksikan berbagai jenis miniatur seperti punya orang suku Dayak, maupun suku di Papua. Tidak ketinggalan juga sebuah kepala barongan, kepala kerbau terbuat dari kayu, dan banyak lagi patung lainnya. Ada juga naskah kuno yang bertuliskan Arab Pegon dengan gambar pewayangan.

Topeng dan benda-benda antik yang dipamerkan di sana merupakan benda yang didapatkan langsung dari para kolektor. Tentu saja barangnya asli dan bernilai sejarah. Untuk lokasinya, masih di sekitar kawasan Museum Angkut dan Pasar Angkut. Harga tiket masuknya pada hari senin sampai kamis Rp.25.000/orang, sedangkan pada hari libur harga tiket naik menjadi Rp.30.000/orang.

64. Kampung Keramik Dinoyo

Nah, ini dia wisata kampung keramik Dinoyo yang cocok banget sebagai wisata belanja, khususnya buat yang ingin membeli oleh-oleh berupa souvenir dengan harga yang murah. Harganya murah karena dijual langsung oleh pengrajinnya. Uniknya, sebagian besar warga kampung ini pekerjaannya adalah pengrajin keramik. Sehingga pantas bila kampung di Dinoyo ini disebut sebagai kampung keramik.

Beragam souvenir yang terbuat dari bahan keramik dijual di sana, mulai dari souvenir pot, patung, gelas, piring, asbak, dan lain-lain dengan berbagai model yang sangat unik, lengkap banget deh pokoknya. Kualitasnya juga tak kalah dengan barang impor. Perlu sobat ketahui, bahwa kampung keramik Dinoyo ini sudah ada sejak lama loh, yaitu sejak tahun 1957. Buat kamu yang ingin mengunjungi kampung Keramik ini, maka langsung saja menuju ke lokasi. Alamatnya di Jl. MT. Haryono XIII No. 450, Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, kota Malang, Jawa Timur.