61. Coban Tundo

Satu lagi nih wisata air terjun yang masih sangat alami, karena belum banyak orang yang mengetahuinya. Coban Tundo ini memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri, yaitu air terjun yang deras tersebut ditampung kedung atau kolam, sehingga airnya banyak yang menggenang. Maka, tentu menjadikan wisata ini semakin asyik untuk bermain air, bila membawa pelampung, maka sangat seru bila di pakai di genangan air tersebut.


Adanya genangan air yang lumayan dalam, disertai dengan guyuran air terjun yang sangat deras, tentunya juga patut menjadi kewaspadaan bagi pengunjung, terutama yang belum bisa berenang. Alangkah baiknya bila tidak memaksakan diri berenang di dalam genangan tepat di bawah guyuran air terjun yang deras.

Panorama alam Coban Tundo terlihat sangat indah mempesona. Di sekitarnya terdapat banyak sekali rerumputan hijau yang tumbuh di sekitar tebing. Jika cuaca cerah, maka landscape Coban Tundo berkombinasi dengan pemandangan langit biru akan terlihat sangat indah dan menakjubkan.

Lokasi Coban Tundo ini terletak di DesaTambakasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pengunjung yang masuk wisata ini akan dikenai biaya tiket Rp.5.000/orang.

62. Pasar Apung Nusantara

Pasar Apung yang berada di Batu ini merupakan salah satu obyek wisata yang unik dan memiliki daya tarik tersendiri. Tidak heran jika para wisatawan lokal maupun luar kota berdatangan ke tempat ini. Pasalnya, wisata pasar Apung ini menawarkan pemandangan yang unik banget, yaitu sebuah pasar yang mengapung di atas air. Pasar apung ini menyajikan berbagai kuliner khas daerah, tidak hanya masakan khas Batu dan Malang saja, tetapi banyak juga masakan luar daerah seperti Jawa Tengah, Madura, Betawi, dan lain sebagainya.

Di tempat ini para pengunjung bisa berbelanja oleh-oleh. Banyak souvenir khas Batu tersedia di sana. Selain itu, pengunjung juga dapat naik perahui dengan harga Rp.10.000 untuk menikmati indahnya pemandangan pasar Apung. Pemandangan malam pasar apung ini juga bangus banget. Kerlap-kerlip lampu pasar nampak sangat eksotis.

Pasar Apung ini masih satu kawasan dengan Museum Angkut, tepatnya berada di pintu masuk atau di antara parkiran Museum Angkut. Karena berada di luar sebelum memasuki wisata museum Angkut, maka tidak dipungut biaya untuk memasuki kawasan Pasar Apung ini.