57. Rafting Kaliwatu

Khusus buat kamu yang senang dengan berbagai hal yang sifatnya menantang, rafting Kaliwatu sepertinya cocok untuk kamu. Bila wisata permainan pada umumnya adalah hasil buatan manusia, kalo rafting Kaliwatu ini langsung dari alam. Sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk menguji adrenalin.


Rafting Kaliwatu merupakan kawasan rafting paling populer di Kota Batu, Malang. Aliran sungai rafting Kaliwatu ini sangat deras, dan rutenya benar-benar menguji nyali. Banyak bebatuan yang menjadi rintangan, baik batu kecil maupun besar sekalipun.

Harga rafting per orangnya Rp.180.000. Sebelum mencoba permainan yang menegangkan ini, para pemain akan diberi arahan terlebih dahulu seputar kiat-kiat arung jeram.Para pemain wajib memakai sefty seperti helm, pelampung, dan tips mendayung yang tepat. Dengan harga tersebut, tersedia fasilitas antara lain snack, makanan dan minuman, peralatan rafting (dayung, pelampung, dan helm), briefing, pengarungan sepanjang 7 km, rufting guide, dan lain-lain. Lokasi rafting Kaliwatu ini terletak di Kelurahan Pandan Rejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

58. Coban Jahe

Coban Jahe merupakan salah satu wisata air terjun yang lokasinya tersembunyi. Bisa dibilang coban ini tak begitu populer, berbeda dengan beberapa coban lainnya seperti Coban Talun, Coban Rais, Coban Rondo, dan lain-lain. Coban Jahe ini masih terjaga nunasa alaminya karena masih sedikit orang yang berkunjung ke sana.

Di kawasan pantai ini terdapat pepohonan hijau yang sangat rindang berada di sekitar Coban Jahe, ditambah lagi dengan banyaknya bebatuan yang besar di sana. Tentu ini samakin menambah nuansa alami di kawasan wisata air terjun ini. Sebagian besar wisatawan menyebut Coban Jahe sebagai coban antimainstream, karena kondisinya yang masih bersih dan alami. Belum ada fasilitas yang mumpuni di sana, serta belum nampak sampah-sampah dari para pengunjung. Selain itu, akses jalan menuju ke lokasi cukup menantang, sehingga menambah kesan seru perjuangan menggapai Coban Jahe.

TIket masuk ke kawasan Coban Jahe adalah Rp.5.000. Sedangkan lokasinya terletak di Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Di lokasi ini para pengunjung akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp.2.000 untuk kendraan roda dua dan Rp.5.000 untuk kendaraan roda empat.