47. Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung merupakan salah satu obyek wisata pantai yang terletak di pesisir selatan Kabupaten Malang. Posisinya bBerhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak besar.


Pantai ini dinamakan dengan ‘Batu Bengkung’ karena batu-batuan yang mengitari pantainya menyerupai wanita yang sedang dibekung. ‘Bekung’ sendiri dalam bahasa jawa berarti wanita yang menggunakan stagen usai melahirkan agar perut kembali ramping.

Pantai Batu Bengkung terletak di Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, sekitar 2-3 jam perjalanan mengunakan mobil dari Kota Malang. Posisi Pantai Batu Bengkung ini sendiri berada di wilayah paling barat dari pantai-pantai lain yang ada di Malang Selatan.

Tidak aman melakukan aktivitas berenang di Pantai Batu Bengkung. Karena ituah, di pantai tersebut terdapat papan yang bertuliskan “No Swim”. Itulah sebabnya kenapa pantai ini kurang diminati oleh para pengunjung khususnya yang hobi berenang.

Sebenarnya, pengunjung bisa saja berenang di Pantai Batu Bengkung asalkan waktunya tepat. Dengan adanya Ombak besar yang akan dipecah oleh barikade karang yang membentang sepanjang pantai. Air laut yang melewati barikade karang akan terjebak di cekungan sehingga terbentuk kolam air asin alami. Dengan adanya barikade karang yang menghalangi ombak, pengunjung relatif aman dari resiko terseret ombak. Sayangnya kolam tersebut lama-kelamaan akan hilang ketika air laut surut. Jadi, jika ingin berenang datanglah saat Pantai Batu Bengkung mengalami pasang naik.

Keberadaan pantai ini yang belum begitu banyak dikunjungi orang, menjadikan kondisi Pantai Batu Bengkung masih tergolong alami dan bersih.

Keunggulan yang dimiliki oleh Pantai Batu Bengkung dari pantai-pantai lainnya adalah lokasinya yang sangat cocok digunakan untuk menyaksikan indahnya pemandangan matahari terbenam. Hal tersebut disebabkan pantai ini memiliki pesisir yang menghadap langsung ke arah barat.

Menjelang sore hari, Pantai batu Bengkung sering dikunjungi oleh beberapa orang pengunjung yang ingin menyaksikan indahnya matahari terbenam. Sebagian orang malah memilih untuk berkemah agar tidak ketinggalan menyaksikan momen yang indah tersebut.

Pada saat laut sedang surut, kamu dapat bermain pasir di tepi pantai sembari menyaksikan gelombang pantai yang tenang berpadu dengan birunya langit, sangatlah indah. Diiringi dengan hembusan angin yang sepoi, menjadikan sensasi liburan di pantai Batu Bekung semakin istimewa.

Pantai Batu Bekung ini berlokasi di Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk bisa masuk pantai ini, kamu cukup membayar tiket seharga Rp.5.000 saja.