45. Coban Nirwana

Sebenarnya Malang memiliki daftar wisata coban yang sangat banyak sekali, sudah berlalu di atas beberapa coba yang telah kami sebutkan. Satu lagi wisata coban yang patut untuk kamu kunjungi adalah Coban Nirwana. Berdasarkan asal-usulnya, dulunya coban ini bernama Coban Mbok Karimah, yang kemudian berganti nama menjadi Coban Nirwana.


Coban Nirwana kini menjadi salah satu destinasi wisata bagi wisatawan, baik lokal maupun dari luar kota. Seperti coban-coban lainnya, Coban Nirwana juga menyuguhkan pemandangan air terjun yang sangat indah. Keunikan tersendiri dari Coban Nirwana adalah guyuran air terjunnya yang terbagi menjadi dua disebabkan tebingnya yang berfungsi sebagai dinding bertingkat.

Pasti sangat seru dan menyenangkan bila berbasah-basahan dan bermain air di bawah guyuran air terjun ini. Suasana sekitar yang adem dan sejuk menjadikan pengunjung betah bersantai di sana. Apalagi bila pengunjung datang jauh-jauh, maka sesampainya di lokasi tentu sudah tidak sabar untuk bermain air.

Lokasi Coban Nirwana terletak di Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Karena obyek wisata ini belum dilengkapi dengan banyak fasilitas dan belum begitu banyak pengunjung, maka saat ini belum ada biaya retribusi yang dikenakan pada pengunjung. Para pengunjung hanya ditarik biaya parkir saja.