Taman Wisata Terindah di Indonesia – Banyak tempat wisata di Indonesia yang indah dan luar biasa menjadi incaran para traveler dari seluruh dunia.

Di antara begitu banyaknya taman wisata yang mengagumkan di Indonesia, ada beberapa yang kami rekomendasikan sebagai taman wisata terindah di Indonesia. Di mana saja tempatnya? Simak informasi yang akan kami bagikan berikut ini!


1. Taman Nasional Wakatobi: Keindahan Alam Bawah Lautnya Begitu Mengagumkan

Taman Nasional Wakatobi merupakan area kepulauan yang terdiri dari empat pulau besar, yakni Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko yang berlokasi di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Taman Nasional dengan area seluas 1,39 juta hektare ini menyuguhkan kekayaan bawah laut yang indah, mulai dari terumbu karang, hingga aneka binatang laut di dalamnya.

Taman Nasional Wakatobi menjadi tempat istimewa untuk dikunjungi karena memiliki sekitar 112 jenis dari 13 famili yang terdapat pada 25 titik penyelaman di sepanjang 600 kilometer garis pantai. 93 spesies ikan yang berwarna-warni juga akan menemani Anda saat menyelam di tempat ini.

Selain itu, taman wisata terindah di Indonesia ini juga memiliki sejumlah gua bawah laut yang makin melengkapi pesona keindahannya. Beragam jenis burung juga semakin menambah keanekaragaman hayati di Taman Nasional Wakatobi.

2. Taman Laut Bunaken: Situs Warisan Dunia Dengan Keindahan Alam yang Mempesona

Bunaken juga menjadi salah satu taman wisata terindah di Indonesia karena menyajikan panorama bawah laut yang mempesona. Lokasi Taman Laut Bunaken berada di Teluk Manado, sebelah Utara Pulau Sulawesi.

Tempat ini juga menjadi taman laut pertama di dunia yang sudah berdiri sejak tahun 1991 dan kemudian baru dinobatkan sebagai situs warisan dunia pada tahun 2005 silam.

Taman Laut Bunaken menjadi hunian bagi sekitar 390 spesies Coral, Kura-kura, Hiu, Pari, Mandarin Fish, Ikan Duyung, dan Moluska. Terdapat setidaknya 20 spot penyelaman di Taman Laut Bunaken dengan kedalaman yang bervariasi hingga mencapai 1344 meter di bawah permukaan laut.

3. Taman Nasional Baluran: Savana Terluas di Pulau Jawa

Anda mungkin akan mengira telah tersesat di dataran Afrika saat mengunjungi Taman Nasional Baluran. Terdapat Savana terluas di Pulau Jawa di tempat ini.

Taman Nasional Baluran menjadi hunian bagi kawanan rusa, banteng Jawa, Kerbau Liar, Kijang, Kucing Bakau, dan Macan Tutul. Selain itu juga ada lebih dari 200 jenis burung termasuk satwa endemik seperti elang Jawa yang tinggal di kawasan ini.

Ketika musim kemarau, pohon dan rerumputan di Savana ini akan meranggas dan menguning sehingga membuat suasana di tempat ini layaknya Afrika.

Selain fauna, Taman Nasional Baluran juga memiliki kekayaan flora seperti pepohonan khas Baluran yang menyerupai pohon Pinang, hingga pohon bekol yang menyerupai Beringin.

4. Taman Nasional Pulau Komodo: Tempat Tinggal Kadal Terbesar di Dunia Ada di Indonesia

Pulau Komodo merupakan taman wisata dengan keindahan alam yang luar biasa. Taman Nasional Komodo berlokasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur, sebelah barat Pulau Sumbawa. Tempat ini menjadi habitat asli Komodo (Varanus Komodoensis) yang merupakan jenis kadal terbesar di dunia.

Hewan yang disebut “Ora” oleh penduduk lokal ini sekarang jumlahnya tinggal 1300 ekor saja di Taman Nasional Komodo.

Selain Komodo, keindahan panorama alam di Taman Nasional ini juga begitu mempesona. Lautnya yang biru dan pulau-pulau di sekitarnya yang eksotis menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata favorit bagi turis mancanegara.

5. Taman Nasional Ujung Kulon: Pesona Keindahan di Habitat Asli Badak Bercula Satu

Di Taman Nasional Ujung Kulon inilah yang menjadi habitat asli Badak Bercula Satu yang langka. Tempat ini merupakan Suaka Marga Satwa, di mana semua hewan yang berada di dalamnya hidup bebas di alam liar.

Selain terkenal karena sebagai habitat asli Badak Bercula Satu, Taman Nasional Ujung Kulon juga menyuguhkan panorama alam yang indah sehingga menjadi tempat yang cocok bagi Anda yang ingin berwisata alam maupun wisata edukasi bagi para pelajar.

Taman Nasional Ujung Kulon dan Cagar Alam Krakatau telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Alam Dunia oleh UNESCO sejak 1991 dan merupakan asset nasional yang harus dilindungi keasriannya.

6. Taman Nasional Way Kambas: Pusat Konservasi Gajah Sumatera Dengan Pemandangan Alam yang Indah

Way Kambas merupakan sebuah Taman Nasional yang menjadi konservasi bagi Gajah Sumatera. Lokasi tepatnya berada di Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

Selain menjadi tempat perlindungan bagi Gajah Sumatera, kawasan ini juga digunakan untuk penjinakkan, pelatihan, dan pengembangbiakkan Gajah Sumatera yang sekarang ini jumlahnya semakin langka.

Selain Gajah Sumatera, ada juga hewan lainnya yang hampir punah menghuni taman nasional ini, seperti Badak Sumatera, Harimau Sumatera, Mentok Rimba, dan Buaya Sepit.

7. Taman Nasional Gunung Lorentz

UNESCO telah menetapkan Taman Nasional Gunung Lorentz sebagai salah satu situs warisan alam dunia sejak tahun 1999. Daerah ini menjadi salah satu dari tiga kawasan yang memiliki salju di daerah beriklim tropis.

Taman Nasional Gunung Lorentz mencakup kawasan gunung, pantai, danau, hutan rimba, dan keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya. Selain itu salah satu dari 7 puncak tertinggi di 7 benua juga ada di sini, yaitu Puncak Cartenz atau Puncak Jaya.

Ada beragam tempat menarik yang bisa dikunjungi di Taman Nasional Lorentz. Sayangnya akses yang sulit karena beratnya medan yang harus ditempuh, membuat beberapa lokasi di Taman Nasional Lorentz belum sempat terjamah manusia.

8. Taman Bunga Sakura Cibodas

Taman wisata terindah di Indonesia yang selanjutnya berada tidak jauh dari ibukota. Lokasinya berada di Kebun Raya Cibodas, Kabupaten Cianjur.

Saat berada di tempat ini, pengunjung seolah sedang berwisata ke Jepang, karena di sini terdapat bunga khas Sakura yang menjadi ciri khas dari Negeri Samurai.

Bunga Sakura hanya mekar dua kali dalam setahun, oleh karena itu jangan sampai Anda terlewatkan untuk mengunjungi tempat ini ketika bunga Sakura sedang mekar dengan indahnya.

9. Taman Bunga Nusantara Cianjur

Taman Bunga Nusantara berdiri di lahan seluas 35 hektare dan menjadi taman wisata terindah di Indonesia yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Suasana romantis seakan berada di dataran Eropa begitu terasa saat Anda berwisata ke tempat ini. Di Taman Bunga Nusantara terdapat aneka jenis tanaman bunga yang indah dengan 9 tema berbeda.

9 tema tersebut di antaranya taman mawar, taman air, taman gaya Perancis, Taman Gaya Bali, Taman Rahasia bergaya Labirin, dan lain-lain.

Sempatkan diri Anda bersama keluarga untuk mengunjungi taman bunga yang indah ini saat sedang berada di Cianjur.

10. Kota Bunga Tomohon – Sulawesi Utara

Taman wisata terindah yang terakhir dalam daftar ini berlokasi di Sulawesi Utara. Kota Bunga Tomohon ini pernah digunakan sebagai tempat diselenggarakannya pameran berkelas internasional bertema “Tomohon International Flower Festival.

Ada beragam koleksi jenis bunga di Kota Bunga Tomohon. Tanahnya yang subur, dan udaranya yang sejuk semakin menambah indah bunga-bunga yang bermekaran di tempat ini.

Demikian 10 Taman Wisata Terindah di Indonesia yang bisa menjadi referensi Anda untuk berlibur bersama keluarga. Nah, dari tempat-tempat di atas, mana yang menjadi favorit Anda?