10 Pemandangan Terindah di Indonesia – Indonesia merupakan Negeri dengan sejuta pesona. Tak hanya keragaman budayanya saja yang menarik, tapi juga banyak tempat terindah di dunia ada di Indonesia.

Di antara begitu banyak tempat wisata yang ada di Indonesia, manakah tempat yang memiliki pemandangan paling memukau di antara lainnya?


Berikut ini kami akan berikan informasi mengenai 10 pemandangan terindah di Indonesia yang akan membuat Anda berdecak kagum.

1. Taman Laut Bunaken: Panorama Bawah Lautnya Terindah di Indonesia

Taman Nasional Bunaken menyajikan pemandangan terindah di Indonesia dan cocok bagi wisatawan yang gemar menikmati keindahan pantai maupun keindahan bawah laut.

Taman Laut Bunaken berlokasi di Provinsi Sulawesi Utara, dan memiliki pemandangan terindah yang sudah terkenal hingga mancanegara.

Setidaknya ada sekitar 20 spot menyelam yang bisa Anda sambangi saat berwisata ke tempat ini. Pesona terumbu karang dengan beragam biota laut warna-warni akan membuat siapapun yang datang ke Taman Laut Bunaken akan terpukau dengan keindahan panorama di tempat ini.

Tidak salah bila Taman Laut Bunaken masuk dalam daftar tempat wisata dengan pemandangan terindah di Indonesia, bahkan bisa dikatakan terindah di dunia.

2. Raja Ampat: Pemandangan Alam Maritim Terindah di Indonesia

Ada surga dunia tersembunyi di ujung Timur Indonesia. Kepulauan Raja Ampat yang terletak di Papua Barat merupakan tempat dengan pemandangan terindah di Indonesia berikutnya.

Bahkan, keindahan alam di Kepulauan Raja Ampat telah terkenal hingga ke mancanegara. Kawasan perairan Raja Ampat memiliki gugusan pulau yang asri nan hijau berpadu dengan birunya laut yang memukau.

Tak hanya pemandangan di permukaan lautnya saja, Raja Ampat juga memiliki potensi wisata bawah laut yang telah diakui sebagai spot penyelaman terbaik di dunia.

3. Pulau Komodo: Tempat Tinggal Kadal Raksasa dari Zaman Purba

Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar “Pulau Komodo”? Suasana yang eksotis dan terkesan liar mungkin akan terbayang di pikiran Anda.

Taman Nasional yang terletak di Pulau Komodo Provinsi Nusa Tenggara Timur ini memang menyuguhkan banyak hal menarik untuk dieksplorasi.

Banyak keindahan yang bisa Anda nikmati di tempat ini, mulai dari keindahan alamnya yang asri, panorama pantainya yang mengagumkan, hingga pemandangan alam pegunungannya yang memukau.

Tempat dengan pemandangan terindah di Indonesia ini juga telah dinobatkan sebagai salah satu dari “7 Keajaiban Dunia”. Kita patut berbangga karena Indonesia menjadi rumah dari kadal raksasa sisa peninggalan zaman purba.

Komodo merupakan hewan endemik asli Pulau Komodo yang mempunyai daya tarik bagi wisatawan dari berbagai belahan dunia.

4. Gunung Bromo: Keindahan Pasir Berbisik di Atas Puncak Gunung

Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.329 mdpl ini menyuguhkan keindahan alam yang menarik untuk disambangi. Lokasinya berada di Jawa Timur, di antara Kabupaten Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Probolinggo.

Gunung Bromo merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru yang memiliki luas sekitar 800 kilometer persegi melingkupi kawasan Gunung Bromo dan Gunung Semeru.

Gunung Bromo menjadi salah satu tempat dengan pemandangan terindah di Indonesia karena menyajikan pemandangan matahari terbit yang eksotis dan mempesona.

Di Gunung Bromo terdapat lautan pasir seluas 10 kilometer yang sering disebut dengan “Pasir Berbisik”. Nama Pasir Berbisik diberikan karena tempat ini pernah dijadikan lokasi syuting dari film berjudul “Pasir Berbisik”.

Ketika angin berhembus, pasir akan beterbangan dan menimbulkan bunyi lirih layaknya suara orang yang sedang berbisik.

Ada juga Bukit Teletubbies yang merupakan daerah perbukitan hijau yang indah mengagumkan. Tempat ini adalah kawasan perbukitan yang diselimuti padang rumput hijau dengan keindahan pemandangan yang mengagumkan.

5. Danau Toba: Danau Vulkanik Terbesar dan Terindah di Dunia

Danau Toba merupakan Danau Vulkanik terbesar di dunia. Diperkirakan Danau Toba telah terbentuk jutaan tahun lalu akibat letusan gunung api purba yang maha dahsyat.

Lokasi Danau Toba berada di Provinsi Sumatera Utara menjadi salah satu destinasi wisata terkenal hingga ke mancanegara.

Kemegahan dan keindahan Danau Toba yang begitu luas menciptakan pemandangan yang sangat eksotis. Di tengahnya terdapat Pulau Samosir yang sekarang telah menjadi Kabupaten sendiri di wilayah Sumatera Utara.

Selain pemandangan alamnya yang begitu indah, keragaman budaya di sekitar Danau Toba juga menjadi daya tarik yang mempesona bagi para wisatawan dari tanah air maupun dari berbagai penjuru dunia.

6. Gunung Anak Krakatau: Megahnya Gunung Api di Tengah Selat Sunda

Gunung Anak Krakatau merupakan gunung api besar yang terletak di selat Sunda atau antara Pulau Jawa dan Sumatera. Kemegahan Gunung Anak Krakatau menjulang di tengah laut dan menyajikan salah satu pemandangan terindah di Indonesia.

Menurut catatan sejarah, Gunung Krakatau pernah meletus pada tahun 1883. Letusannya ini sangat dahsyat hingga menewaskan ribuan orang dan menimbulkan dampak yang luar biasa hingga ke seluruh dunia.

7. Bali: Pulau Dewata dengan Pemandangan Terindah di Indonesia

Bali merupakan tempat wisata yang sudah mendunia. Keindahan alamnya sudah sangat terkenal hingga mancanegara sehingga menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Tak hanya wisata pantainya saja yang indah, tapi juga pemandangan alam perbukitan dan eksotisme kebudayaannya selalu memikat hati turis-turis mancanegara.

Hampir di setiap penjuru Bali terdapat tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam yang indah dan mempesona. Selain itu, keindahan pemandangan bawah lautnya pun sering menjadi incaran wisatawan yang gemar snorkeling maupun diving.

8. Pulau Belitung: Pemandangan Terindah di Lepas Timur Sumatera

Pulau Belitung mulai terkenal sebagai tempat terindah di Indonesia ketika dijadikan latar belakang dalam film Indonesia berjudul “Laskar Pelangi”.

Keindahan di Pulau Belitung memang bukan karangan belaka. Banyak terdapat pantai yang memanjakan mata di pulau ini. Pemandangan di Pulau Belitung yang begitu indah akan membuat siapapun yang singgah merasa betah untuk tinggal lebih lama.

9. Taman Nasional Ujung Kulon: Tempat Tinggal Badak Bercula Satu dengan Pemandangan Indah Mengagumkan

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan kawasan wisata yang menyajikan pemandangan terindah di Indonesia. Tempat ini telah diresmikan oleh UNESCO sebagai salah satu “Warisan Dunia” sehingga harus dilestarikan dan dilindungi.

Ada banyak spot wisata dengan pemandangan mengagumkan di taman nasional yang memiliki luas 123 ribu hektare ini. Taman Nasional Ujung Kulon terkenal sebagai habitat asli satwa Badak Bercula Satu atau yang juga dikenal dengan Badak Jawa.

Badak Jawa termasuk hewan langka yang sekarang ini hanya tersisa sekitar 50 sampai 60 ekor saja di seluruh dunia. Tempat wisata di ujung barat Pulau Jawa ini menyuguhkan berbagai pemandangan indah yang akan memberikan pengalaman menarik saat Anda mengunjunginya.

Setidaknya ada 7 spot wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, antara lain Pulau Peucang, Padang Cidaon-Cibunar, Pulau Panaitan, Pulau Handeleum, Sungai Cigenter, Gunung Honje, dan Pulau Oar-Umang.

10. Pantai Pink Lombok: Pantai Terunik dan Terindah di Indonesia

Pantai Pink Lombok merupakan salah satu pantai terindah yang memiliki pasir terunik di dunia. Jika umumnya pasir pantai berwarna hitam, coklat, atau putih, tidak demikian di pantai ini karena pasirnya berwarna pink atau merah muda.

Pulau Lombok memang menyimpan banyak tempat wisata yang indah dan mengagumkan. Salah satunya adalah Pantai Pink yang lokasinya berada di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Nama asli pantai ini adalah Pantai Tangsi, namun banyak wisatawan yang menyebutnya Pantai Pink karena warna pasirnya yang berwarna merah muda.

Air lautnya yang bening, pasirnya yang berwarna pink, dan hijaunya pepohonan di sekitar pantai ini menyajikan sebuah pemandangan indah yang mengagumkan.

Keindahan Pantai Pink makin terlihat sempurna dengan keberadaan hamparan bukit di sekelilingnya. Wisatawan dapat naik ke atas bukit untuk menikmati lebih jelas keindahan Pantai Pink dari atas ketinggian.

Itulah 10 tempat dengan pemandangan terindah di Indonesia. Apakah Anda sudah pernah ke salah satu tempat di atas?