10 Oleh-Oleh Khas Surabaya Dan Harganya Lengkap – Bahas makanan dan kuliner di Indonesia seakan tidak ada habisnya, satu kota saja di Indonesia untuk dibahas habis kuliner enak secara mendetail jenis, bahan, lokasi dan juga harga bisa menjadi suatu pembahasan yang panjang. Bagi Anda yang senang kulneran dan berwisata kuliner keliling Indonesia menjadi kewajiban untuk mencari tahu harga dan lokasi dari tempat makan di kota yang ingin Anda kunjungi.

Tidak hanya itu bagi Anda yang juga ingin membawa oleh-oleh khas kota tempat tujuan wisata Anda sangat penting untuk mencari rekomendasi tempat belanja oleh-oleh khas lengkap dengan harganya. Mencari informasi oleh-oleh khas lengkap dengan harga adalah hal yang terbaik yang dilakukan agar bisa mempersiapkan budget sebelum berpergian berburu oleh-oleh khas.

Salah satu kota yang sangat terkenal dan merupakan kota terbesar ke dua di Indonesia yaitu surabaya merupakan salah satu kota tujuan wisata yang paling sering orang kunjungi, selain itu kota dengan ribuan kesan perjuangan kemerdekaan Indonesia ini memang memiliki pesona tersendiri, sehingga tidak mengherankan jika kota Surabaya di juluki kota pahlawan.

Selain keindahan kota dan juga secara kota yang menganggumkan, Surabaya juga memiliki tujuan wisata kuliner yang sangat sayang untuk dilewatkan, khsusunya juga bagi Anda yang sedang berburu oleh-oleh khas lengkap dengan harganya, untuk itu dalam artikel ini kami akan membahas lengkap apa saja oleh-oleh khas Surabaya yang wajib Anda bawa pulang yang kami sertakan dengan kisaran harga sehingga Anda bisa mempertimbangkan dengan tepat oleh-oleh apa yang cocok untuk dibawa pulang, berkut 10 oleh-oleh khas surabaya dan harganya lengkap

1. Sambal Bu Rudy

Sambal Bu Rudy Image by rejekinomplok.net

Membeli oleh-oleh sangat erat hubungannya dan menjadi pertimbangan akan oleh-oleh yang terkenal dan legendari di kota tersebut sehingga akan memberikan kesan yang sangat menyenangkan saat diberikan pada orang yang kita cintai. Bagi Anda yang sedang berburu oleh-oleh khas surabaya yang melegenda, Sambal Bu Rudy adalah salah satu pilihan tepat. Sambal asli ini memang sangat terknal di Surabaya, rasa khas udang yang sangat kuat memberikan rasa lezat yang wajib Anda coba. Tidak hanya itu sambal bu Rudy memang sangat terkenal akan pedasnya, untuk itu bagi Anda yang tidak begitu berselera dengan makanan pedas, sambal bu Rudy bukan menjadi pilihan terbaik sebagai oleh-oleh yang harus dibawa pulang.

Namun bagi Anda yang ingin memberikan oleh-oleh ini pada keluarga atau sahabat yang memang menyukai rasa pedas, sambal Bu Rudy ini menjadi pilihan terbaik. Olahan cabai asli ini biasanya terbayang dengan harga yang mahal, mengingat harga cabai asli Indonesia seringkali melambung tinggi, namun Anda bisa mendapatkan sambal ini hanya dengan kisaran harga Rp.65.000 saja. Anda juga akan mendapatkan kemasan sambal yang cantik sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh baik itu diberikan untuk sahabat, keluarga atau mungkin orang yang lebih senior atau atasan.

2. Alomnd Chrispy

Alomnd Chrispy Image by bukalapak.com

Oleh-oleh yang satu ini bisa dibilang oleh-oleh yang kekinian di Kota surabaya, rasanya yang krispi, renyah dan enak ini menjadi salah satu oleh-oleh favorit di Surabaya terutama bagi kaum wanita yang sedang berkunjung ke Surabaya. Oleh-oleh yang satu ini dibuat dari bahan adonan kue yang ditaburi dengan keju dan yang pasti juga kacang almond, diproeses dengan di panggang membuat cemilan yang satu ini sangat renyah.

Dari tampilan dan rasanya kebanyakan orang akan mengira harganya akan sangat mahal, namun oleh-oleh khas yang satu ini masih terjangkau harganya, yaitu hanya Rp.50.000 saja untuk 1 box. Oleh-oleh yang satu ini sangat cocok untuk disantap saat santai dan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas buat teman, keluarga atau siapapun.

3. Abon Padmosusastro

Abon Sapi Image by rewinnita.com

Bagi Anda pecinta abon, abon yang satu ini sangat sayang untuk dilewatkan karena memang abon padmosusastro sudah terkenal sejak lama. Terletak dijalan Padmosusastro banyak home industri di sekitar jalan ini yang memproduksi oleh-oleh abon sapi.

Rasanya yang lezat dan gurih ini memang menjadi favorit bagi siapa saja yang menyukai olahan abon, Anda juga bisa memilih abon pedas atau manis tinggal disesuaikan saja dengan selera Anda, atau selera orang yang akan diberikan oleh-oleh ini. Jangan khawatir soal harga, Anda bisa mendapatkan abon sapi spesial ini hanya dengan harga yang murah yaitu mulai dari kisaran Rp.25.000 per bungkusnya.

Dikemas secara rapi dan diolah secara higienis membuat abon sapi ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas surabaya.

4. Siropen

Siropen Telasih Image by oleholehdarisurabaya.com

Siapa yang tidak mengenal Siropen, sirup premium asli surabaya ini memang sudah melegenda dan terkenal sejak lama bahkan sejak zaman penjajahan. Banyak informasi yang menyatakan bahwa sirup yang satu ini hanya di konsumsi oleh kalangan tertentu di zaman itu, seperti kalangan bangsawan saja. Tidak heran jika setiap orang yang sedang berwisata di Surabaya selalu ingin membeli sirup ini, baik untuk di konsumsi sendiri maupun dijadikan oleh-oleh khas.

Meskipun rasanya yang premium Sirup yang satu ini masih bisa didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp.35.000 saja perbotolnya. Botol dengan kualitas yang bagus sehingga sangat berkesan saat dijadikan oleh-oleh khas.

5. Sirup Mangrove

Jenang Mangrove Image by ibuarisusanti.wordpress.com

Siapa sangka pohon yang selama ini kita kenal sebagai penahan gelombang pasang dilautan memiliki bunga yang jika diolah dengan baik akan menghasilkan produk sirupyang lezat. Salah satu oleh-oleh khas surabaya yang wajib dibawa pulang adalah sirup mangrove ini. Selain dari bahannya yang tidak biasa juga bisa jadi tidak tersedia dibanyak daerah di Indonesia, sehingga sangat sayang untuk dilewatkan.

Rasanya yang manis dan segar membuat sirup ini banyak disukai banyak orang, Anda juga tidak perlu khawatir dengan harga dari sirup mangrove ini karena Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang murah mulai dari Rp.35.000 saja perbotolnya.

6. Kerupuk Kenjeran

Kerupuk Ikan Image by anekatempatwisata.com

Kerupuk yang satu ini memang menjadi ciri khas dan oleh-oleh khas kota surabaya, kerupuk yang berbahan dasar ikan payus ini memang memiliki rasa yang enak, ikan payus ya bukan ikan paus. Ikan payus adalah salah satu nama ikan laut di Indonesia yang sering dijadikan olahan bahan kerupuk salah satunya kerupuk Kenjeran Surabaya.

7. Spikoe

Spikoe Image by Agenkuliner.com

Oleh-oleh khas surabaya yang satu ini masih tersa rempah khas jajanan masa lalu, karena memang oleh-oleh yang satu ini menggunakan rempah-rempah pilihan dan masih mempertahankan rasa zaman dulu. Anda bisa mendapatan oleh-oleh khas ini hanya dengan kisaran harga Rp.80.000 per kemasan.

8. Lapis Kukus Surabaya

Lapis Surabaya Image by ncc-indonesia.com

Lapis kukus surabaya memang salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang terkenal, berbeda dengan kue lapis lainnya yang ada di beberapa daerah di Indonesia. Kue lapis kukus Surabaya menggunakan bahan singkong yang menjadikan rasa kue lapis memiliki rasa yang khas. Dengan toping coklat dan diolah dengan cara dikukus membuat lapis kukus ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas. Kisaran harga untuk oleh-oleh ini mulai dari Rp.26.000 per kotak.

9. Bunarendang

Bunarendang Image by pergikuliner.com

Salah satu inovasi olahan nasi yang bisa Anda dapatkan dan dijadikan oleh-oleh adalah Bunarendang, kuliner ini adaah singkatan dari Burger Nasi Rendang. Dengan kreasi yang sangat istimewa Anda bisa menjadikan nasi rendang bentuk burger ini sebagai oleh-oleh, karena Anda juga bisa memasaknya dengan menggunakan microwave. Untuk harga, oleh-oleh ini dibilang cukup terjangkau yaitu dari mulai kisaran Rp.10.000 rupiah saja Anda sudah bisa membawa pulang oleh-oleh khas Surabaya ini.

10. Kue Bikang Peneleh

Bikang Peneleh Image by Kreasimom.blogspot.com

Kue yang satu ini adalah kue khas surabaya yang cita rasanya gurih dan manis kue ini memiliki tampilan yang unik dan cantik, kue berbahan dasar tepung beras, gula, dan santan ini juga memiliki tekstur yang legit dan bagian atas yang empuk dan lembut.

Kue ini bisa Anda jadikan oleh-oleh khas surabaya hanya dengan mengeluarkan uang yang tidak banyak, hanya kisara Rp.7.000 saja untuk satu potong kue bikang, sangat terjangkau kan.

 

Demikian 10 oleh oleh khas surabaya dan harganya lengkap semoga bisa menjadi rekomendasi dan juga sebagai pertimbangan yang tepat bagi Anda yang sedang berburu oleh-oleh khas Surabaya.