Oleh oleh khas Surabaya dan harganya – Ada banyak pilihan oleh-oleh khas Surabaya yang bisa Anda beli saat menyambangi kota terbesar kedua di Indonesia ini. Semua oleh-oleh yang dijual biasanya dibanderol dengan harga yang ‘ramah di kantong’.


Apa saja oleh-oleh khas Surabaya yang terkenal dan harganya murah? Berikut kami berikan daftarnya kepada Anda!

1. Suoklat

Suoklat merupakan nama produk yang sebenarnya adalah singkatan dari ‘Suroboyo Cokelat’. Produk satu ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Surabaya yang menarik untuk dicoba dan dibawa pulang untuk kerabat di rumah.

Suoklat terdiri dari banyak pilihan rasa, mulai dari kurma mete, premium cokelat, cokelat kopi, cokelat jahe, dark chocolate crispy, milk chocolate crispy, white chocolate crispy, hingga dark chocolate mete.

Harga Suoklat per toples dengan isi 375 gram dibanderol sekitar Rp 70 ribu. Bagi Anda yang tertarik mencoba dan membawanya pulang untuk keluarga di rumah langsung saja datang ke lokasi tokonya yang terletak di Jalan Gubeng Kertajaya VIIC, kota Surabaya.

2. Almond Crispy Cheese

Oleh-oleh khas Surabaya berikutnya adalah Almond Crispy Cheese. Bahan utama makanan yang renyah ini terbuat dari kacang almond dan keju. Camilan lezat dengan berbagai pilihan rasa, mulai dari rasa original, cokelat, strawberry, green tea, durian, dan rasa blueberry.

Almond crispy cheese menjadi camilan yang pas untuk dinikmati saat santai bersama keluarga. Berbentuk tipis, bulat, dan renyah tapi lembut di mulut, Anda pasti akan ketagihan saat mencobanya, lagi, dan lagi.

Harga oleh-oleh khas Surabaya ini dibanderol mulai dari Rp 45.000 per kotaknya. Camilan khas Surabaya ini bisa dengan mudah Anda temukan di banyak tempat di kota Surabaya.

3. Keripik Buah Kane-kane

Keripik Buah Kane-kane menjadi camilan yang unik karena terbuat dari aneka buah-buahan sebagai bahan utamanya. Tak hanya bahan pembuatnya saja yang unik, proses penggorengannya juga unik, yaitu menggunakan Vaccum Frying atau penggorengan vakum dengan suhu kecil.

Untuk rasa jangan ditanya, karena kualitas rasa dari camilan ini sudah terkenal di seluruh kota Surabaya. Selain enak dan renyah, keripik ini juga tahan lama, sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk kerabat di rumah.

Sekarang ini Keripik Buah Kane-kane sudah tersedia dengan beragam varian rasa, seperti apel, nanas, pepaya, nangka, mangga, hingga penggabungan dari beberapa rasa buah.

Soal harga, Keripik Buah Kane-kane juga dibanderol dengan harga yang terjangkau serta dengan beberapa pilihan ukuran. Mulai dari ukuran 80 gram dibanderol dengan harga Rp 17 ribu, sedangkan ukuran yang paling besar yaitu 300 gram dibanderol dengan harga Rp 70 ribu.

4. Kue Lapis Surabaya

Camilan berikutnya tentu sudah banyak yang tahu. Kue Lapis Surabaya memang cukup terkenal hingga ke berbagai daerah di tanah air. Kue lapis Surabaya sangat lezat, empuk, dan lembut di mulut, cocok untuk dinikmati di kala santai bersama keluarga.

Kualitas rasa dari Kue Lapis Surabaya memang sebanding dengan harganya, untuk satu kotak kue lapis biasanya dijual seharga Rp 55 ribu, bahkan ada juga yang hingga ratusan ribu. Anda dapat menemukan penjual Kue Lapis Surabaya di banyak tempat di sudut kota Surabaya.

5. Kue Mente Surabaya

Masih seputar camilan lezat yang menjadi oleh-oleh khas Surabaya. Daftar berikutnya adalah Kue Mente, kue yang memiliki bentuk bulat, agak pipih dengna rasanya enak dan lembut di mulut ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

‘Wisata Rasa’ merupakan salah satu toko yang menyediakan Kue Mente berkualitas terbaik. Harga per toples dari kue ini biasanya dibanderol sekitar Rp 30 ribu sampai Rp 60 ribu.

6. Pohong Tata Surabaya

Camilan berikutnya tergolong makanan tradisional yang biasa disebut dengan Pohong Tata. Singkong bakar yang dilapisi keju memiliki rasa yang lezat dan gurih, Anda pasti ketagihan saat mencobanya.

Sekarang ini banyak toko makanan di Surabaya yang menjual Pohong Tata dengan kualitas rasa yang berkelas. Harganya relatif terjangkau, sekitar Rp 20 ribu per kotak. Anda bisa menemukan banyak penjual Pohong Tata di sekitar daerah Mulyorejo, Surabaya.

7. Siropen Telasih Khas Surabaya

Beralih ke minuman, oleh-oleh khas Surabaya berikutnya merupakan sirup segar yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Sekarang ini telah tersedia banyak varian rasa dari Sirup Siropen Telasih, antara lain Mawar, Frambosen, Cocopandan, Jeruk Keprok, Vanili, dan banyak lagi.

Siropen Selasih tidak hanya dijual di toko-toko makanan saja, tapi juga telah banyak tersedia di hotel dan resto bintang lima di Surabaya. Harganya juga relatif terjangkau, biasanya sekitar Rp 40 ribu per botolnya.

8. Belinjo Udang Surabaya

Belinjo atau melinjo adalah jenis tanaman yang buahnya sering dimanfaatkan untuk pembuatan emping dan pelengkap sayur asem. Nah, Belinjo Udang merupakan oleh-oleh khas Surabaya yang terbuat dari melinjo yang dicampur dengan udang dan rempah-rempah.

Rasanya gurih dan nikmat, cocok dijadikan sebagai camilan maupun lauk makan. Anda bisa menemukan banyak toko makanan yang menjual Belinjo Udang di Surabaya.

Camilan dengan citarasa yang nikmat dan unik ini bisa Anda beli dengan harga sekitar Rp 20 ribu sampai Rp 50 ribu per kemasannya.

9. Bandeng Asap Surabaya

Ada banyak jenis makanan yang terbuat dari olahan ikan bandeng, seperti bandeng presto, sate bandeng dan lain-lain. Nah, kalau di Surabaya ada makanan khas yang terbuat dari bandeng, biasa disebut dengan Bandeng Asap.

Harga Bandeng Asap ini cukup bervariasi, tergantung toko dan juga ukuran bandeng tersebut. Bandeng Asap Surabaya biasanya dijual seharga Rp 35 ribu per potongnya. Anda dapat menemukan banyak penjual Bandeng Asap di setiap sudut kota Surabaya.

10. Oseng Tuna Asap Surabaya

Oseng Tuna Asap Surabaya menjadi oleh-oleh khas Surabaya berikutnya yang siap dibawa pulang untuk keluarga di rumah. Sesuai namanya, bahan utama pembuatnya adalah ikan tuna segar yang diasapi, kemudian dibuang durinya, serta dikemas dan siap untuk dikonsumsi.

Biasanya ada dua varian rasa Oseng Tuna Asap yang menjadi favorit wisatawan, yaitu rasa pedas, dan rasa original. Harganya relatif terjangkau kok, sekitar Rp 55 ribu untuk 1 buah Oseng Tuna Asap dengan berat 500 gram.

Itulah informasi 10 oleh-oleh khas Surabaya dan harganya yang bisa menjadi rujukan Anda saat menyambangi kota Surabaya. Selain oleh-oleh makanan, di Surabaya juga ada oleh-oleh busana yang cukup terkenal, namanya Kaos Cakcuk.

Kaos unik bertuliskan kalimat-kalimat lucu dan menarik khas Surabaya ini biasanya dijual seharga Rp 44 ribu per buah untuk ukuran anak-anak dan Rp 64 ribu untuk dewasa, cukup terjangkau bukan?

Bagi Anda yang tertarik untuk membelinya, langsung saja menyambangi outlet resminya yang tersebar di beberapa tempat di Surabaya, antara lain di Jl Mayjen Sungkono, Jl Kedungcowek, Jl Ahmad Yani, dan di depan Gate 4 Bandara Juanda.

Selamat berwisata belanja!