10 Oleh-Oleh Khas Lombok Timur Yang Wajib di Bawa Pulang – Wisata di kota lombok memang salah satu tujuan wisata yang paling diincar oleh wisatawan pada saat ini, pesona Nusa Tenggara Barat memang seakan tidak ada habisnya untuk dinikmati, baik itu wisata laut, pulau maupun pegunungan. Tidak hanya itu wisata kuliner juga sangat terkenal kelezatannya bukan hanya di lombok saja bahkan sampai ke seluru Indonesia salah satunya adalah kuliner ayam taliwang.

Khususnya untuk oleh-oleh khas yang seperti menjadi salah satu hal yang wajib saat berwisata disuatu tempat, oleh-oleh khas Lombok juga menjadi wajib saat Anda mengunjungi kota lombok. Bagi Anda yang belum mengetahui oleh-oleh khas lombok khususnya lombok timur, berikut kami rangkum oleh-oleh khas lombok dalam 10 oleh-oleh khas lombok timur.

1. Serabi Santan

Serabi Image by raun2nomaden.wordpress.com

Serabi memang salah satu makanan yang sudah populer kelezatannya, bagi Anda yang pecinta kue serabi Anda bisa menyantap kue serabi santan di lombok timur yang rasanya enak ini. Santan yang digunakan membuat kue serabi terasa gurih sehingga tanpa campuran bahan lainnya serabi ini sudah gurih dan lezat. Bagi Anda yang suka dengan serabi manis, Anda juga bisa memesan serabi manis karena tidak hanya serabi gurih saja yang tersedia di tempat ini.

Kue serabi ini sangat juicy bagian atas dimasak tidak begitu matang sehingga santan pada bagian atas terasa masih segar. Bagi Anda yang sedang berada di kota Selong Anda bisa menemukan kue serabi di barat atau selatan lapangan nasional Selong, atau Anda juga bisa mencarinya di pasar-pasar tradisional yang biasanya mulai berjualan dari pagi.

Kue serabi ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh, namun jangan lupa untuk memperhatikan waktu tahan makanan ini, karena kue ini adalah kue basah pasti tidak akan bertahan lama seperti kue-kue kering.

2. Sate Bulayak

Sate Bulayak Image by oleholehkhaslombok.net

Bagi Anda yang penggemar kuliner sate, sate yang satu ini bisa dibilang wajib Anda bawa pulang atau santap saat berada di lombok, sate ini berbeda dengan sate lainnya di Indonesia, sate ini biasanya di santap dengan lontong yang bentuknya memangjang dan dibungkus dengan cara memutar sehingga cara untuk membuka lontong ini juga harus dengan memutar.

Untuk satenya sendiri terbuat dari daging sapi pilihan yang sudah dilemuri bumbu khas Sasak. Cara santapnya adalah dengan cara mencocol bulayak ke bumbu sate, Anda bisa menemukan kuliner enak ini di beberapa objek wisata dikota lombok.

Bagi Anda yang ingin menjadikan sate ini sebagai oleh-oleh pastikan Anda tidak sedang atau akan melalui perjalanan yang jauh, mengingat kuliner ini memang tidak tahan lama.

3. Sate Rembiga

Sate Rembiga Image by travel.detik.com

Selain sate bulayak ada lagi kuliner lainnya dari lombok yang khas dan wajib untuk Anda santap atau untuk dijadikan oleh-oleh khas. Sate Rembiga adalah jenis sate dari bahan daging sapi dengan rasa bumbu gurih manis, dan pedas. Sate dengan nama Rembiga ini memang awal mulanya berasal dari desa Rembiga yang berada tidak jauh dari bandara Selaparang. Anda juga bisa menemukan sate Rembiga ini di Jalan Dakota Warung Rembiga yang kabarnya warung ini sudah berdiri sejak lebih dari 25 tahun yang lalu.

Lokasi kuliner ini sangat ramai, bahkan kabarnya bahwa rumah makan ini biasanya menghabiskan hingga 70 kilo gram daging sapi setiap harinya. Bagi Anda yang sedang berada di pulau lombok Anda juga bisa menemukan menu kuliner ini di tempat-tempat wisata di lombok. Anda juga bisa menjadikan sate ini sebagai oleh-oleh khas lombok.

4. Sate Tanjung

Sate Tanjung Image by travel.detik.com

Ada lagi menu dan makanan khas lombok timur yang bisa santap dan dijadikan oleh-oleh khas. Sate Tanjung, sate dengan campuran rempah-rempah pilihan yang kemudian dibakar ini memberikan sensasi badan hangat saat sudah menyantap kuliner yang satu ini. Sate tanjung bisa Anda temukan disekitar pasar tanjung atau terminal tanjung. Sate ini biasanya disantap dengan lontong dan selagi panas.

Sate yang satu ini juga bukan berbahan dasar daging sapi, melainkan berasal dari daging ikan cakalang atau biasanya juga digunakan ikan lainnya. Bagi Anda yang sudah bosan dengan kuliner sate sapi atau sate kambing, sate yang satu ini bisa menjadi solusi terbaik.

5. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang Image by halallifestyle.id

Seperti yang sudah kami sampaikan diawal bahwa makanan yang satu ini memang sudah sangat terkenal bahkan sudah banyak restoran-restoran di Indonesia menjual kuliner yang satu ini, bagi Anda yang sedang berada di lombok sangat disayangkan jika belum menyantap kuliner yang satu ini. Ayam taliwang adalah kuliner yang berbahan dasar ayam yang dipanggang dan dibumbui dengan rempah pilihan khas lombok. Ayam yang digunakan juga ayam kampung yang masih muda, sehingga tekstur daging yang empuk dan juga rasa ayam kampung yang lezat.

Ayam taliwang juga dikenal dengan bumbunya yang pedas, makanan yang satu ini memag sangat cocok untuk orang yang berselera makanan pedas. Bagi Anda yang ingin menjadikan makanan ini menjadi oleh-oleh khas jangan lupa memperhatikan ketahanan kuliner satu ini, pastikan Anda tida sedang dalam melakukan perjalanan yang butuh waktu beberapa hari, karena bisa jadi ayam taliwang yang Anda pesan tidak lagi dapat dikonsumsi.

6. Kain Songket

Kain Songket Lombok Image by gpswisataindonesia.info

Berbicara mengenai oleh-oleh khas lombok timur tidak hanya berupa makanan atau kuliner saja, cendera mata yang sangat berkesan bisa Anda dapatkan disini, salah satunya adalah kain songket, kain khas lombok ini memiliki ciri khas berwarna hitam dengan motif yang cantik dan tersedia dalam beberapa motif. Hasil dari kain songket Sasak biasanya berupa produk selendag dan ikat pinggang juga aksesoris lainnya.

Kain songket ini bisa Anda berikan pada orang yang spesial, seperti orang tua, istri atau suami, atau atasan. Selain karena bentuknya yang indah, harga kain songket ini juga bisa dibilang tidak murah, kain songket dengan kualitas baik bisa Anda dapatkan dengan kisaran harga mulai dari Rp.200.000 hingga Rp. 2juta rupiah.

7. Kain Tenun Sasak

Kain Tenun Sasak Image by travel.detik.com

Selain kain songket, Anda juga bisa menambah koleksi oleh-oleh Anda dengan membeli kain tenun khas lombok, kain tenun ini sangat indah bentuknya dan juga diproses dengan sangat teliti sehingga hasil dari kain tenun ini berkualitas tinggi. Corak dan warnanya sangat terasa khasnya lombok, sehingga akan sangat berkesan saat Anda menjadikan kain tenun Sasak ini sebagai oleh-oleh khas lombok.

Seperti kain songket harga dari kain tenun Sasak ini juga bisa dibilang bukan harga yang murah, karena Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp.200.000 hingga Rp.2 juta, namun akan sesuai dengan harga yang Anda keluarkan jika Anda merasakan kualitas dari kain ini.

8. Mutiara Lombok

Mutiara Lombok Image by diva-mutiaralombok.com

Bagi Anda yang sedang mencari oleh-oleh yang sangat berkesan, mutiara adalah salah satu oleh-oleh khas lombok yang akan sangat berkesan ketika diberikan pada seseorang. Mutara lombok sudah terkenal dengan kualitasnnya, terlihat sangat menawan dan juga berkelas karena diolah secara teliti oleh tangan-tangan pengrajin mutiara asli Lombok.

Karena bentuk dan warnanya yang sangat menawan, mutiara lombok sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas lombok dan diberikan untuk orang yang spesial, seperti istri atau suami, orang tua ataupun atasan.

Mutiara Lombok sendiri terdapat 2 jenis yaitu mutiara laut dan juga mutiara air tawar, hagra yang mahal adalah mutiara laut karena memang proses pembuatannya juga sangat butuh kesabaran sehingga harganya lebih mahal dibandingkan mutiara air tawar. Bentuk mutiara laut sedikit lebih oval dengan warna putih, emas, hitam atau perak. Harga pergram dari mutiara ini bisa mencapai 500 ribu rupiah dan yang paling murah adalah 100 ribu.

9. Terasi Lombok

Terasi Lombok Image by oleholehlombok.wordpress.com

Bagi Anda pecinta kuliner pedas, rasanya kurang lengkap jika belum menyantap terasi khas lombok. Terasi ini memang menjadi salah satu oleh-oleh khas lombok yang populer. Terasi ini adalah salah satu dari bumbu khas ayam taliwang yang saat tidak menggunakan terasi ini resep ayam taliwang akan berbeda dengan rasa aslinya.

10. Madu Lombok

Madu Lombok Image by holidayislombok.com

Madu menjadi salah satu minuman yang berkhasiat bagi tubuh manusia, bagi Anda yang ingin memberikan oleh-oleh khas lombok Anda bisa mencari dan membelikan Madu Lombok sebaga oleh-oleh khas yang berkesan sekaligus yang memberikan manfaat bagi kesehatan penerima oleh-oleh.

Demikian 10 oleh oleh khas lombok timur yang bisa menjadi rekomendasi saat Anda sedang berwisata di lombok.