Salah satu kota yang terkenal dengan garis katulistiwanya adalah kota Pontianak kalimantan barat, kota yang satu ini memang tepat di lewati jalur katulistiwa tidak heran jika beberapa orang menyebutnya dengan kota katulistiwa, di kota Pontianak juga Anda bisa menjumpai tugu katulistiwa yaitu posisi tepat dimana garis katulistiwa membentang di kota ini. Selain keunikan tersebut kota pontianak juga di lalui oleh sungai besar seperti kapuas dan sungai landak, sehingga menjadi lambang kota pontianak.

Konon nama pontianak berasal dari bahasa Melayu yang erat kaitannya dengan pendiri kota ini yaitu Syarif Abdururahman yang saat itu diganggu hantu kuntilanak saat akan menyusuri sungai kapuas, untuk melawan dan mengusir kuntilanakn Syarif Abdurrahman melepaskan tembakan meriam dan sekaligus lokasi jatuhnya peluru tersebut menjadi lokasi pembangunan kesultanan, yang kemudian peluru tersebut ternyata jatuh di dekat sungai kapuas tepatnya di persimpangan sungai kapuas dan sungai landak, yang kini dikenl dengan nama kampun beting.

Sangat menarik kisah dan sejarah dari pendirian kota ini, namun kita tidak akan membahas lebih jauh lagi mengenai sejarahnya, karena dalam artikel ini kita akan membahas mengenai kuliner di kota Pontianak yang lezat dan wajib di coba. Bagi Anda yang sedang atau ingin mengunjungi kota ini memang sangat disayangkan jika tidak sekaligus mencicipi kuliner khas kota katulistiwa ini.

Kami akan bahas makanan-makanan lezat yang di rekomendasikan untuk di nikmati, khususnya bagi Anda yang seorang muslim dan mencari makanan lezat dan halal di Pontianak, berikut kami bahas 10 makanan khas pontianak halal dan enak yang wajib di santap saat berada di kota pontianak.

1. Lek Tau Suan

Let Tau San Image by Resep-masakanharian.blogspot.com

Dari namanya mungkin Anda bisa menebak nama makanan ini berasal dari bahasa tionghoa yang berarti butiran mutiara kacang hijau, dan dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahan dasar pembuatan kuliner yang satu ini. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar kacang hijau yang sudah dikupas terlebih dahulu kulitnya, dimasak dengan kuah bening yang kental terbuat dari tepung tapioka, daun pandan dan tamabahn gula pasir untuk pemanis alami Biasanya makanan khas yang satu ini disantap dengan Ca kwee goreng menambah tekstur lembut, manis dan lezat yang berpadu dalam satu hidangan makanan. Dengan bahan kacang hijau tentu kuliner yang satu ini memang sangat baik untuk kebutuhan gizi kita, sehingga bukan hanya makan-makan saja saat berada di kota Pontianak namun asupan gizi dari makanan ini bisa menambah kebutuhan gizi tubuh kita.

2. Es Lidah Buaya

Es lidah buaya image by borneochannel.com

Bagi Anda yang sedang berwisata siang hari di kota pontianak dan ingin menyantap hidangan yang segar dan penghilang dahaga, es lidah buaya adalah jawabannya. Es lidah buaya memang dipercaya dapat memberikan kesegaran dan juga bisa mengobati panas dalam. Kandungan enzim, vitamin, mineral dan beberapa kandungan lainnya membuat Es Lidah buaya sangat cocok untuk menjadi obat alami panas dalam dan memberikan kesegaran pada tenggorokan.

3. Kue Bingke

Kue Bingke Image by bingkealhisyam.wordpress.com

Kue yang satu ini adalah salah satu makanan khas atau kue khas kota Pontianak, rasanya yang manis dengan tekstur yang lembut membuat kue ini menjadi sangat populer dan digemari semua kalangan di kota Pontianak, baik wisatawan maupun penduduk asli. Kue ini lebih mudah lagi ditemui saat waktu masuk bulan Ramadhan, karena menjadi salah satu menu favorit untuk berbuka puasa. Saat ini Anda juga bisa merasakan kue bingke dengan beberapa varian rasa, yaitu rasa ubi rambat, keju susu, rasa susu, rasa kacang ijo, rasa labu, rasa durian, rasa coklat, dan masih banyak lagi tentu saja juga rasa original. Biasanya kue ini terbagi dua bagian yaitu bingke biasa dan bingke berendam bedanya hanya pada kering atau basahnya, jika bingke berendam teksturnya sedikit lembek dan basah, sedangkan bingke biasa teksturnya kering tapi tetap lembut. Jangan khawatir soal harga, karena kue khas kota pontianak ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu dengan kisaran harga mulai dar Rp.25.000

4. Lempok Durian

Lempok Durian Image by Durianpontianak.com

Bagi Anda pecinta buah berduri ini di kota Pontianak Anda bisa puas makan kuliner yang berbahan durian ini, Lempok durian adalah kuliner khas Pontianak yang diolah sedemiian rupa sehingga berbentuk seperti dodol di beberapa daerah di Indonesa. Proses pembuatannya tergolong hampir sama dengan pembuatan dodol, namun lempok durian tidak dicampur dengan  beras ketan sehingga dari rasa dan tekstur akan berbeda. Sebagai pengawet kuliner yang satu ini tidak menggunakan pengawet buatan, hanya menggunakan gula pasir sebagai pengawet alaminya. Rasanya yang manis dan masih sangat terasa rasa duriannya membuat makanan khas ini sangat digemari dan menjadi salah satu oleh-oleh khas di Pontianak. Anda bisa mendapatkan makanan khas ini di toko oleh-oleh khas pontianak dengan harga Rp.150.000 per kilo gram.

5. Chai Kue

Chai Kue Image by foodrooter.blogspot.com

Masih dengan kue khas kota Pontianak, Chai kule adalah salah satu kue khas pontianak yang sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Pontianak. Kue yang enak ini juga berkhasiat menyehatkan badan, karena berbahan sayuran dan dikukus. Kulitnya terbuat dari tepung beras yang dicampurkan dengan tepung tapioka. Bagi Anda yang menyukai sayuran dengan rasa kue yang khas, Anda bisa membeli kue ini sebagai oleh-oleh khas kota pontianak. Selain dikukus terkadang kue ini juga diolah dengan cara digoreng, pilihan digoreng bisa sangat cocok bagi Anda yang ingin membawa kue ini sebagai oleh-leh khas dengan perjalanan 1-2 hari, karena makanan yang digoreng cenderung lebih bertahan lama jika dibandingan dikukus saja.

6. Pengkang

Pengkang Image by wisatapontianak.com

Makanan khas pontianak berikutnya adalah Pengkang, makanan satu ini kemungkinan besar tidak bisa Anda temukan kesamaannya di daerah lain di Indonesia, makanan khas pontianak ini terbuat dari beras ketan yang didalamnya diisi ebi dan dibungkus dengan daun pisang. Kuliner yang satu ini dimasak dengan cara dibakar, sehingga aromanya terasa dan aroma khas daun pisang juga bisa Anda rasakan di kulliner ini. Pengkang biasanya disantap dengan lauk kerang pedas yang dapat menambah selera makan Anda.

7. Sotong Pangkong

Sotong Pangkong Image by Kulinerkalimantan.wordpress.com

Dari namanya pasti Anda sudah bisa menebak bahan utama dari pembuatan makanan khas ini, ya benar, bahan utama yang digunakan adalah sotong atau dibeberapa daerah di Indonesia dikenal dengan nama cumi. Meski berbeda dengan menu sotong lainnya, sotong pangkong diolah dengan cara dikeringkan terlebih dahulu, sebelum disajikan daging sotong biasanya dipukul-pukull terlebih dahulu sehingga teksturnya lebih empuk saat disajikan. Makanan khas ini disajikan dengan kuah sambal kacang dengan rasa asam pedas manis yang menambah kelezatan makanan khas pontianak ini. Kuliner yang satu ini sangat mudah ditemukan saat bulan Ramadhan, namun tidak menutup kemungkinan juga Anda bisa menemukan makanan khas Pontianak ini dibulan-bulan lainnya selain bulan ramadhan.

8. Burung Punai

Burung Punai Image by Hello-PET.com

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan olahan ayam atau ikan, di kota Pontianak Anda bisa menyantap makanan khas dengan berbahan dasar burung, kuliner ini berbahan dasar burung sejenis merpati atau orang biasanya kenal dengan burung dara, burung ini memang sangat banyak ditemukan di daerah Pontinak dan Mempawah. Hidangan ini disajikan dengan cara digoreng ataupu dibakar, teksturnya sangat gurih dengan daging yang sangat lembut membuat kuliner yang satu ini menjadi populer di kota Pontianak.

9. Bubur Pedas

Bubur Pedas Pontianak Image by Travelingyuk.com

Makanan Khas pontianak berikutnya adalah bubur pedas, makanan ini biasanya sangat cocok disantap saat pagi atau dijadikan menu sarapan. Terbuat dari bahan-bahan spesial seperti lengkuas, pucuk daun pakis dan rempah spesial lainnya dari Pontianak. Bubur yang satu ini terkenal dengan rempahnya yang sangat khas, juga terdapat campuran kangkung, kacang goreng dan ikan teri sebagai pelengkap kelezatan bubur khas ini.

10. Mie Tiaw

Mie Tiaw Image by pontianakpost.co.id

Bagi Anda penggemar kuliner mie, di Pontianak ada kuliner mie yang wajib Anda coba yaitu Mie Tiaw. Kuliner yang satu ini terkenal sejak lama dan tersedia dibeberapa tempat, Anda bisa menyantap mie goreng atau mie kuah yang dilengkapi lauk daging sapi, jeroan dan juga sayuran pelengkap seperti sawi dan toge, tidak lupa juga tambahan telur sebagai penambah gizi dan juga kelengkapan dari dari Mie yang lezat ini. Demikian 10 makanan khas kota pontianak yang halal dan enak juga wajib Anda coba saat berada di kota Pontianak, semoga bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang sedang atau ingin mengunjungi kota Pontianak.