10 Makanan Khas Minangkabau Yang Begitu Lezat – Berbicara mengenai keindahan pulau sumatera tidak bisa terlepas dari Minangkabau, bagi sebagian orang mungkin belum mengetahui apa itu minangkabau dan juga wilayahnya. Minangkabau sebenarnya biasa disebut dengan minang yang juga biasanya banyak orang merujuk kepada orang kota Padang Sumatera Barat.

Minangkabau sendiri lebih merujuk kepada budaya atau etnis dari rumpun melayu dengan adat dan sistem kekeluargaan juga buadaya yang diwarnai dengan ajaran Islam. Membahas lengkap mengenai sejarah dan pengertiannya memang butuh artikel tersendiri, oleh karena itu artikel ini tidak bisa membahas secara lengkap namun kami hanya memberikan gambaran umum saja bagi yang belum mengetahuinya. Artikel ini akan lebh membahas mengenai makanan atau kuliner khas Minangkabau yang lezat.

Kuliner di pulau sumatera memang sangatlah kaya akan rempah sehingga cita rasanya khas dan lezat, salah satu makanan khas Sumatera Barat yang juga mendunia karena kelezatannya adalah daging rendang, yang menjadi makanan terlezat di dunia menurut survey yang pernah dilakukan beberapa tahun yang lalu.

Selain rendang, ada beberapa makanan lainnya yang tidak kalah enak dan wajib Anda santap saat berada di wilayah Minangkabau, berikut akan kami bahas 10 makanan khas minangkabau yang begitu lezat.

1. Nasi Kapau

Nasi Kapau Image by oknusantara.com

Sekilas kuliner ini terlihat seperti nasi padang atau nasi rendang khas Padang, namun hasi Kapau berbeda dengan nasi padang. Walaupun tidak seterkenal nasi rendang, nasi kapau merupakan kuliner khas Minangkabau yang tidak kalah lezat, makanan yang satu ini bisa Anda jumpai di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Nasi Kapau adalah nasi, sambal dan beberapa jenis lauk pauk khas Kapau, beberapa lauk yang biasanya disajikan dengan nasi kapau adalah gulai tunjang atau urat kaki sapi atau kaki kerbau, gulai tulang daging sapi atau daging kerbau dan juga gulai bebek. Selain lauk juga biasanya disajikan dengan sayur nangka. Membuat kuliner yang satu ini juga harus menggunakan beras pilihan, biasanya beras dengan kualitas terbaik yang bisa didapatkan di Bukittinggi atau Agam.

2. Kalio Baluik

Kalio Baluik Image by Ditanya.com

Kuliner yang satu ini sekilas mirip sekali dengan rendang, tapi kuliner satu ini berbeda dengan rendang karena dimasak setengah jadi sehingga warnanya lebih seperti cokelat muda tidak seperti rendang yang dimasak lama sehingga berwarna coklat gelap.

Kuliner yang satu ini juga memiliki tekstur yang lengket dan basah dan beraroma seperti karamel, sementara rendang cenderung lebih kering dengan tekstur yang kasar dan aroma rempah yang khas. Biasanya kuliner ini bisa Anda dapatkan di beberapa rumah makan padang di luar Sumater Barat karena proses memasaknya lebih singkat dibandingkan dengan rendang, menyebabkan kuliner yang satu ini lebih praktis dan juga lebih ekonomis untuk disajikan di rumah makan.

Kuliner yang satu ini tidak hanya berbahan dasar daging sapi namun bisa juga menggunakan daging ayam, hati sapi atau bahkan jengkol.

3. Lamang Tapai

Lamang Tapai Image by Kopisenja.com

Makanan khas minangkabau yang lezat berikutnya adalah jajanan ini, Lamang Tapai adalah jenis jajanan yang legit berasal dari Sumatera Barat dengan berbahan dasar ketan. Beras ketan yang dimasak dengan santan kelapa dam bambu mudah yang kemudian dibakar di atas bara api, membuat ciri khas rasanya sangat unik dan enak, jajanan yang satu ini biasanya disajikan dengan tape ketan hitam.

Lamang tapai sangat mudah ditemukan saat masuk bulan Ramadhan dan menjadi salah satu menu berbuka puasa. Rasanya manis dan sedikit asam aroma tape yang khas menggugah selera untuk menyantap jajanan ini.

4. Lompong Sagu

Lempong Sagu Image by coockpad.com

Selama ini mungkin olahan sagu sangat mudah kita nikmati di wilayah indonesia timur, namun di wilayah Indonesia barat juga kita bisa menyantap olahan sagu yang lezat ini. Lempon sagu adalah kue yang lezat berbahan dasar sagu, dengan campurang pisang gepok, gula merah dan kelapa parut.

Semua adonan dibungkus daun pisang dan dipanggang sampai matang, lempong sagu biasanya disantap dengan parutan kelapa, tekstur yang lembut dan kenyal ini sangat lezat disantap saat masih hangat.

5. Gulai Itiak

Gulai itiak image by masakankhas.com

Jika selama ini Anda sering mengkonsumsi gulai dalam bentuk ayam, atau sapi di minangkabau Anda bisa menyantap gulai dari olahan bebek, gulai bebek ini menggunakan bebek yang usianya sekitar 6 bulan sehingga teksturnya sangat empuk dan lembut sangat nikmat untuk dikonsumsi. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kuliner bebek sering kali tidak diminati karena disajikan bebek yang tua sehingga rasa daging yang keras membuat selera makan berkurang, namun tidak untuk kuliner Gulai Itiak yang menggunakan bebek yang masih muda sehingga dagingnya pun masih sangat empuk.

Bebek yang sudah dibersihkan kemudian dipotong ukuran yang sesuai selera dan diolah dengan dengan rempah-rempah pilihan seperti lengkuas, kunyit, bawang putih, cabai hijau dan bawang merah, bumbu dibiarkan semalam sehingga meresap sampai kedalam daging yang akan membuat rasa dari makanan ini sangat lezat.

6. Bubur Kampiun

Bubur Kampiun Image by food.detik.com

Bagi Anda pecinta kuliner bubur, bubur yang satu ini akan menjadi pilihan tepat. Bubur kampiun adalah makanan khas Bukittinggi yang terbuat dari campuran ketan putih dan bubut sumsum, bubur ketan hitam, bubur kacang hijau, bubur candil dan kolak pisang atau juga ubi, semua bahan di kukus dan disajikan menjadi satu, bisa dibayangkan kenikmatannya.

Sensasi merasakan 6 jenis bubur dicampur dan disantap bersama, menciptakan rasa yang unik karena beberapa jenis bubur menjadi satu jenis makanan, rasa gurih, manis menjadi rasa dominan dari bubur Kampiun ini. Karena bubur ini gabungan dari beberapa bubur yang enak, bubur ini terbilang rumit untuk dibuat, karena harus menyiapkan beberapa jenis bubur sekaligus, sehingga bubur ini biasanya menjadi salah satu menu makanan yang sangat mudah ditemukan saat bulan Ramadhan.

7. Sala Lauak

Sala Lauak Image by cookpad.com

Makanan khas minangkabau berikutnya yang enak adalah Sala Lauak kuliner ini berbahan dasar bakso, bakso yang biasanya disajikan dengan cara dikukus atau direbus, kali ini bakso disajikan dengan cara digoreng. Berbahan daging ikanyang dihaluskan yang kemudian dicampur dengan adonan tepung yang kemudian di goreng kering.

Rasanya renyah khas dari kuliner yang digoreng tetapi lembut didalam karena berbahan dasar daging ikan segar, rasa khas rempah juga sangat terasa saat menggigit makanan satu ini khususnya rasa rempang kunyit yang terasa menambah kenikmatan kuliner khas Minangkabau yang satu ini. Kuliner ini bisa dimakan saat santai dengan tambahan sambal. Bentuknya sangat menarik berbentuk bola dengan warna keemasan, makanan ini juga sering dijadikan cemilan lezat

8. Palai Rinuak

Palai Rinuak Image by travel.detik.com

Kuliner pepes ikan ini tidak bisa ditolah kelezatannya, bagi Anda yang sedang berada di daerah minangkabau, jangan sampai melewati kuliner lezat yang satu ini. Kuleriner ini berbahan dasar ikan riunak yang bentuknya seperti ikan teri dan memang banyak didapatkan di Danau Maninjau.

Kuliner ini dibuat dengan cara ikan rinuak dicampur dengan rempah-rempah pilihan dan juga parutan kelapa lalu kemudian dibungkus dengan daun pisang. Setelah itu bungkusan daun pisang tadi di kukus hingga matang, dikarenakan bahan dasar ikan yang mirip dengan ikan tering, seringkali pembuat kuliner ini mengganti ikan rinuak dengan ikan teri.

9. Dendeng Balado

Dendeng Balado Image by selerasa.com

Siapa yang tidak tergoda dengan kelezatan dendeng, dan siapa juga yang tidak mengenal kelezatan bumbu balado? Lalu bagaimana jika daging dendeng diolah dengan bumbu balado. Inilah salah satu makanan khas di Minangkabau yang enak, dendeng balado ini diolah dengan berbagai bumbu dan rempah pilhan seperti bawang merah, cabai merah, dan lainnya.

Bumbu cabai dan bawang merah ditumis harum dan di berikan garam secukupnya kemudian disiram di daging dendeng yaitu daging sapi yang di iris tipis lebar dan kering yang sudah dijemur. Kuliner yang satu ini memang menjadi salah satu kuliner yang lezat dan sayang untuk dilewati.

10. Sate Padang

Sate Padang Image by rumahmesin.com

Bagi Anda pecinta kuliner sate, sate padang adalah salah satu kuliner sate yang wajib Anda santap saat berada di sumatera barat, sate padang memang berbeda dari segi bumbunya karena jika biasanya sate menggunakan bumbu kacang dan kecap, sate padang menggunakan bumbu kuah kaldu dengan berbagai macam rempah sehingga menjadikan tekstur bumbu yang kental dan berwarna coklat cerah, dengan berbagai rempah yang digunakan membuat rasa bumbu sate ini sangat berbeda dan menjadi khas sate padang.

Demikian 10 makanan khas minangkabau yang begitu lezat semoga bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yangs sedang atau akan mengunjungi Minangkabau.