10 Makanan Khas Jepang Yang Lezat dan Menggoda – Apa yang terbesit dibenak kita saat mendengar negara jepang? Biasanya teknologi dan kecanggihan yang ada disana, industri dan juga perkembangan ilmu pengetahuan, selain itu bagi pecinta anime menjadi wajib untuk juga mempelajari jepang jika memang benar-benar pecinta serial anime.

Tidak hanya itu, sejarah jepang yang juga banyak bisa kita ambil sebagai pelajaran penting merupakan salah satu daya tarik negara sakura itu. Selain itu juga Jepang memang memiliki keindahan alam dan juga perkotaan yang sangat menawan, salah satunya adalah pesona bunga khas Sakura yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat jepang maupun juga wisatawan asing.

Banyak hal yang bisa kita bahas dari negara Jepang, selain dari budaya, keindahan alam, perkembangan ilmu pengtahuan dan industri, juga yang tidak kalah penting dan menarik adalah kelezatan kuliner Jepang. Terbukti restoran-restoran jepang yang tersebar di berbagai negara selalu menjadi populer dan sangat ramai pengunjung, itu merupakan salah satu bukti bahwa kuliner negara sakura memang lezat dan sangat menarik untuk dicari tahu.

Baik itu makanan tradisional maupun makanan modern dan juga makanan khas, bagi Anda yang belum mengetahui apa saja makanan khas jepang yang lezat, berikut akan kami bahas beberapa makanan khas lebih tepatnya 10 makanan khas jepang yang lezat.

1. Sushi

Sushi Image by groupon.com

Makanan ini merupakan salah satu masakan khas jepang yang hampir dikenali diseluruh dunia. Makanan ini di buat dari  nasi yang  di campur dengan berbagai macam lauk dan sayur mentah namun penyajiannya dalam bentuk roll. Sushi sudah mulai terkenal di asia tenggara pada abad ke- 8. Pada awalnya sushi adalah salah satu cara yang di lakukan oleh masyarakat jepang untuk mengawetkan ikan. Isi perut ikan di balut dengan beras yang sudah terfermentasi, sehingga ikan bisa awet lebih lama. namun pada saat itu beras yang sudah di gunakan untuk mengawetkan ikan tidak di konsumsi lagi.

Seiring perkembangan waktu beras yang digunakan untuk fermentasi ikan, di konsumsi bersama dengan ikan tersebut dan kemudian menjadi makanan pokok masyarakat jepang. Untuk menikmati sushi biasanya di konsumsi dengan wasabi, saus shoyu dan daikon. Ada beberapa jenis sushi campuran lauk yang digunakan, sperti nigiri sushi (sushi yang dicampur ikan),kani sushi (sushi yang dicampur daging kepiting) serta sushi dengan isian udang.

2. Ramen

Ramen Image by Delicious.com.au

Olahan mie khas jepang  ini juga sudah terkenal diseluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Pada awalya, ramen adalah masakan mie kuah asal cina, namun menjadi hidangan yang sangat popular di jepang. Berbeda dengan olahan mie lainnya, yaitu mempunyai ciri khas berupa mie yang tipis berwarna kuning disajikan dengan kuah atau kaldu  kental dan telur rebus ditambah dengan daging sapi atau ayam. Adapun pilihan kaldunya antara lain shoyu atau kecap , shio atau garam, miso atau pasta kacang fermentasi  dan tonkotsu atau olahan daging babi khas jepang.

3. Dorayaki

Dorayaki Image by hubjapan.io

Kue tradisional jepang ini terkenal sejak dipopulerkan oleh komikus jepang lewat salah satu kartun ciptaannya yang terkenal yaitu doraemon. Dorayaki berbentuk seperti pancake terbuat dari beberapa bahan khas jepang seperti mirin atau arak beras manis serta  sdikit kecap , untuk pemanis biasa menggunakan madu atau gula. Untuk isian dorayaki berupa kacang merah atau aneka rasa seperti krim coklat, krim ubi jalar dan  krim kacang.

4. Takoyaki

Takoyaki Image by asianinspirations.com.au

Takoyaki merupakan salah satu cemilan atau makanan ringan yang berasal dari salah satu daerah di jepang yaitu kansai. Takoyaki berbentuk bulat dengan diameter 3-5 cm atau kurang lebih seperti bola ping pong, dibuat dari adonan tepung terigu yang di campur dengan berbagai macam bumbu dengan tambahan isian potongan gurita didalamnya. Lalu dimasak mengguunakan wajan dengan bulatan-bulatan yang berbentuk cekung  atau di Jepang disebut takoyaki-ki.

Pada awalnya takoyaki disajikan menggunakan tusukan bambu dengan isi tiga buah per tusuk, namun sekarang Takoyaki biasa disajikan dalam bentuk set, satu set berisi 5 – 10 buah takoyaki. Biasa di makan dengan menggunakan saus  (permukaan takoyaki diolesi mayones, aonori, dan katsuoboshi), atau dengan kecap asin.

5. Onigiri

Onigiri Image by foodnetwork.com

Onigiri atau pada jaman dahulu disebut omusubi merupakan olahan nasi yang disajikan dengan cara dipadatkan. Cara membuatnya yaitu dengan cara dikepalkan menggunakan tangan pada saat nasi masih dalam keadaan hangat sehingga tidak lengket pada saat di bentuk. Adapun bentuknya bisa berupa segitiga, bulat atau macam-macam kreasi lainnya kemudian dibungkus dengan nori (rumput laut kering)

Isian onigiri bias sesuai selera yang membuat seperti suiran daging ayam, telur ikan. Onigiri paling sederhana biasa menggunakan umebosi yaitu daging ikan salmon panggang . untuk memperkaya rasa dari onigiri ini, masyarakat jepang biasa mengkonsumsi onigiri dengan tambahan kecap asin atau miso.

6. Tempura

Tempura Image by justonecookbook.com

Tempura juga merupakan salah satu makanan ringan khas jepang yang terbuat dari seafood, makanan yang satu ini bisa dibilang sangat mudah ditemukan di Indonesia bahkan lebih mudah dari beberapa makanan jepang sebelumnya. Tempura memang tidak banyak yang mengetahui bahwa makanan yang satu ini adalah makanan khas Jepang, meskipun tempura yang dijual di Indonesia memang berbeda dengan tempura asli yang dijual dijepang, tapi nama tempura bukan lagi nama makanan yang asing bagi sebagian masyarakat Indonesia khususnya masyarakat perkotaan. Tempura di Jepang dimasak dengan sangat teliti dan dengan teknik potong tertentu dan juga di goreng dengan suhu yang panas dan dingin secara bergantian, makanan ini merupakan salah satu makanan khas jepang sekaligus makanan tradisional di Jepang.

7. Yakitori

Yakitori Image by filantropikum.com

Sekilas saat kita melihat makanan ini kita akan teringat pada makanan khas Indonesia, yaitu sate. Ya memang ini adalah sate versi negara sakura, Yakitori memang kurang lebih sate jika di Indonesia. Jika di Indonesia sudah banyak tidak ada larangan mengkonsumsi sate berbeda di Jepang mengkonsumsi sate konon baru dibolehkan pada abad pertengahan abad 17an, yang sebelumnya mengkonsumsi makanan ini di anggab tabu bagi sebagian warga Jepang.

8. Miso

Miso Image by japanesefoodreport.com

Miso adalah makanan khas jepang berikutnya yang sangat lezat dan menggugah selera, jika di Indonesia kita sering mengenal makanan sop, baik itu sop ayam, sop ikan, sop kaki kambing dan lainnya di Jepang juga terdapat kuliner ini, Miso adalah salah satu kuliner yang sangat mirip dengan sop di Indonesia, selayaknya sop di Indonesia pembuatannya juga terbilang cukup sederhana karena hanya membutuhkan bahan-bahan sederhana seperti sayur, daging, dan juga rempah-rempah untuk kuahnya. Miso biasanya juga disajikan dengan makanan khas jepang lainnya.

9. Tsukemono Pickles

Tsukemono Image by kyo-syoku.net

Namanya mungkin jarang kita dengar, atau mungkin masih jarang kita temukan di restoran-restoran di jepang, namun makanan lezat ini sudah sangat lama dan menjadi makanan khas dan juga makanan tradisional di Jepang. Sekilas makanan ini terlihat seperti makanan modern, karena dibuat dari sayuran segar dengan potongan kecil meskipun bentuknya seperti makanan modern namun makanan ini merupakan makanan tradisional dengan rasa yang lezat.

10. Udon

Udon Image by blueapron.com

Makanan yang satu ini terlihat seperti ramen yang lebih mudah kita dapatkan di Indonesia, bahkan tidak hanya di restoran, di Indonesia sendiri khususnya di kota-kota besar bisa dengan mudah kita dapatkan warung makan yang menjual makanan khas ini. Layaknya ramen , mie udon juga dibuat dari tepung terigu pilihan mie jepang yang satu ini juga salah satu mie yang populer di jepang, dan juga sudah bisa kita nikmati di Indonesia khususnya di restoran-restoran jepang yang ada di Indonesia, jangan khawatir soal harganya, karena mie udon bisa kita dapatkan dengan harga yang masih terjangkau.

Demikian 10 makanan khas jepang yang lezat, sebenarnya masih banyak lagi masakan khas jepang yang menggoda selera, namun akan sangat panjang artikel ini untuk dibahas, beberapa diatas adalah yang biasanya sangat mudah kita dapatkan di Indonesia khususnya di restoran khusus makanan jepang yang saat ini sudah banyak tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Semoga beberapa makanan khas di atas menjadi penambah wawsasan kita tentang makanan khas jepang dan juga bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang sedang atau akan berkunjung ke negara Jepang.